Social Bar

Popunder

Monday, February 24, 2025

Kendaraan Kerajaan Pembesar Majapahit

 Kendaraan Kerajaan Pembesar Majapahit




Gunakan Kereta Kencana Berhias Emas, Kereta kencana yang ditarik hewan memiliki peran penting dalam menunjang mobilitas pejabat Kerajaan Majapahit. Dengan ’’kendaraan dinas’’ yang diberi hiasan sedemikian rupa itulah, raja dan para pembesar melawat ke daerah kekuasaan.


Eksistensi sarana transportasi darat era Majapahit terdokumentasi dalam banyak catatan sejarah. Seperti perjalanan rombongan Raja Hayam Wuruk yang menaiki pedati dari ibu kota di Trowulan, Mojokerto, ke Lumajang pada 1359. 

Perjalanan ini didokumentasikan Mpu Prapanca dalam Kitab Negarakertagama. ’’Hayam Wuruk dan para menteri menaiki kereta yang mempunyai lambang berbeda-beda,’’ tutur Pamong Budaya Pertama Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jatim Tommy Raditya Dahana.


Perjalanan darat itu melibatkan iring-iringan ratusan pedati bertenaga gajah, kuda, dan sapi. Perjalanan itu berlangsung selama 10 minggu atau 2,5 bulan dan melewati 210 desa dengan luas cakupan wilayah mencapai 15 ribu mil persegi.


 Tommy menjelaskan, kereta yang ditarik hewan perkasa itu dirakit dengan kokoh. Hal ini untuk menyesuaikan fungsinya dalam menopang beban berat hingga ratusan kilogram serta perjalanan jauh selama berbulan-bulan. Bagian yang tak kalah penting dari pedati pejabat kerajaan adalah rangkanya. Tulang kereta terbuat dari kayu dengan penguat logam. ’’Material besi ini juga terdapat pada roda kayu terpasang di kedua sisi,’’ tuturnya.


Layaknya plat nomor kendaraan di era sekarang, pedati masing-masing pejabat juga dibedakan.Tommy mengungkap, kereta raja biasanya hanya ditarik dengan gajah atau kuda. Kendaraan milik Raja Hayam Wuruk yang jumlahnya tak terhitung memiliki tanda buah maja di kedua sisinya. ’’Lambang ini menjadi pembeda kereta raja dengan para bawahannya,’’ tandasnya.


Sebagaimana gambaran dalam Negarakertagama, kereta kencana yang dinaiki raja berbentuk tandu lebar yang lapang. Kendaraan mewah ini dihiasi nuansa keemasan lengkap dengan permata mutu manikan. Sedang tudung kajangnya diberi tirai tenun gringsing yang berperada emas.


Ciri-ciri ini setidaknya berbeda dengan pedati milik para pejabat tinggi. Misalnya, kereta pasukan Majapatih Gajah Mada yang memiliki lambang tumbuhan pulutan serta kereta milik Ratu Pajang Bergambar matahari yang bergemerlapan. Sementara itu, simbol lain didapati pada kereta Ratu Lasem yang berlukiskan banteng putih. Adapun Ratu Daha memiliki kereta bertanda bunga daha dengan latar keemasan,sedang kereta rombongan Ratu Kahuripan dihiasi taburan bulatan bercorak merah dan putih.




Sunday, February 23, 2025

Megawati Coba Barter Perkara Hasto dengan Ikut Retret, Absurd ! Oleh : Andre Vincent Wenas

 Megawati Coba Barter Perkara Hasto dengan Ikut Retret, Absurd !

Oleh : Andre Vincent Wenas

Ditulis ulang oleh POINT CENTER 


Foto: Andre Vincent Wenas, MM,MBA., Pemerhati Ekonomi dan Politik, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF (LKSP), Jakarta.


Tiba-tiba muncul berita bertajuk, “Muncul Isu Penangguhan Penahanan Hasto Ditukar Retret, Pengacara: Bukan Bahasan Kami” (DetikNews, Minggu, 23 Feb 2025 pukul 21:39 WIB). Fenomena ini membuktikan satu hal penting, bahwa PDIP-lah yang selama ini melakukan politisasi hukum. 


Memang beredar isu penangguhan (penundaan) keikutsertaan retret kepala daerah kader PDIP itu mau ditukar dengan persetujuan penangguhan penahanan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. 


Kalau benar, permintaan atau persyaratan pihak PDIP ini sangatlah absurd. 


Menurut pengertiannya kata absurd itu adalah suatu kata sifat yang berarti tidak masuk akal, mustahil, konyol, atau menggelikan. Absurd berasal dari kata Latin absurdus yang artinya "di luar batas" atau "tidak masuk akal". 


Kasus Hasto yang ditahan KPK adalah sesuai aturan untuk diproses lebih lanjut. Tim hukum PDIP sudah dipersilahkan untuk mengajukan keberatan atau tindakan lain sepanjang berada dalam koridor aturan yang berlaku. 


Tapi rupanya teguran Gus Dur dulu terhadap Megawati masih berlaku sampai sekarang, “…kepemimpinan Megawati tidak menghargai kedaulatan hukum melainkan penyelesaian politik.” 


Menurut uraian DetikNews, isu mengenai pertukaran retret kepala daerah kader PDIP dengan penangguhan penahanan Hasto itu beredar di sosial media. Dalam kabar beredar itu, disebutkan kepala daerah akan diijinkan bergabung ke retret pada Senin, 24 Februari 2025 setelah penahanan Hasto ditangguhkan. 


Kalau benar demikian ini merupakan skandal yang amat sangat memalukan dan amat melecehkan supremasi hukum. Terminologi yang sering diucapkan oleh Hasto sendiri, yaitu politisasi hukum. 


Walau pun secara formal saat dikonfirmasi terpisah, kuasa hukum Hasto, Maqdir Ismail mengaku tidak tahu menahu mengenai kabar tersebut. Katanya tim hukum Hasto tidak ikut-ikutan saat membicarakan soal retret kepala daerah di Magelang. 


Entah ke arah mana permintaan penangguhan penahanan Hasto ini ditujukan. Apakah minta Presiden Prabowo agar cawe-cawe soal penahanan Hasto ini, atau ke KPK? Atau ke Jokowi? Tidak jelas, karena memang semakin ngawur. 


Yang jelas Megawati memang ngamuk dan ngambek, sampai akhirnya mengeluarkan surat nomor 7294/IN/DPP/II/2025 perihal Instruksi Harian Ketua Umum. Surat instruksi yang terbit usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. 


Di surat itu Megawati meminta kepala daerah yang telah berangkat menuju retreat untuk berhenti hingga adanya perintah selanjutnya. Surat tertanggal 20 Februari 2025 tersebut langsung ditandatangani oleh Megawati sendiri. 


Aneh juga, biasanya Hasto atau Megawati yang selalu berseru-seru mengenai pelanggaran menyangkut politisasi hukum, sekarang malah mereka sendiri yang memolitisasi perkara hukum. 


Kasihan sebetulnya para kepala daerah dari PDIP yang masih terombang-ambing di sekitaran Akademi Militer Magelang. Ibaratnya sudah sangat dekat lokasi tapi tidak bisa masuk ke lokasi. 


Mereka keleleran di warung kopi (café) sekitaran situ. Akhirnya diakomodasi di kantor DPD PDIP Yogyakarta. Mereka seperti anak-anak SD yang dihukum kepala sekolah tidak boleh masuk kelas. Lalu nongkrong di sekitaran pagar sekolah. 


Kader-kader PDIP yang ada di dalam dan sudah ikut retret sejak awal maupun mereka yang masih disetrap di luar komplek Akmil Magelang sama-sama seperti orang linglung ketika ditanya wartawan. 


Ada yang masih mau menjawab walau jawabannya sumir, ada yang malah tidak mau menjawab sama sekali. Bungkam, silence is golden pikirnya. 


Menurut Wamendagri Bima Arya, mereka yang ikut retret full sejak awal bakal dapat sertifikat kelulusan. Sedangkan yang absen dan baru ikut nanti hanya dapat sertifikat tanda kepesertaan. 


Begitulah drama absurd penundaan keikutsertaan retret dengan drama penangguhan panahanan Hasto. Apakah sudah jelas keterkaitannya kedua kasus itu? Tentu tidak. 


Namanya juga absurd, alias tidak masuk akal, mustahil, konyol dan  menggelikan. Silahkan bingung. 


Jakarta, Senin 24 Februari 2025

Andre Vincent Wenas, MM,MBA., Pemerhati Ekonomi dan Politik, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF (LKSP), Jakarta.








In 2015, a routine construction project in Borujerd, Iran, led to the unexpected discovery of an ancient aqueduct system hidden beneath the remnants of a historic castle. This sophisticated network of clay pipes and pottery vessels showcased a remarkably advanced understanding of water management. The system is believed to date back to the Sassanian period (224-651 AD), though some experts suggest it could be even older. The materials and techniques used in the aqueduct indicate a high level of engineering skill, challenging our perceptions of ancient technology.

 In 2015, a routine construction project in Borujerd, Iran, led to the unexpected discovery of an ancient aqueduct system hidden beneath the remnants of a historic castle.

This sophisticated network of clay pipes and pottery vessels showcased a remarkably advanced understanding of water management.

The system is believed to date back to the Sassanian period (224-651 AD), though some experts suggest it could be even older.

The materials and techniques used in the aqueduct indicate a high level of engineering skill, challenging our perceptions of ancient technology.





Terjemahannya dalam bahasa Indonesia :

Pada tahun 2015, sebuah proyek konstruksi rutin di Borujerd, Iran, menghasilkan penemuan tak terduga berupa sistem saluran air kuno yang tersembunyi di bawah sisa-sisa kastil bersejarah. Jaringan pipa tanah liat dan bejana tembikar yang canggih ini menunjukkan pemahaman yang sangat maju tentang pengelolaan air. Sistem ini diyakini berasal dari periode Sassania (224-651 M), meskipun beberapa ahli berpendapat bahwa sistem ini mungkin lebih tua lagi. Bahan dan teknik yang digunakan dalam saluran air menunjukkan keterampilan teknik tingkat tinggi, yang menantang persepsi kita tentang teknologi kuno.




Albert Einstein's life advice in a letter to his son, Eduard : “Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.”

 Albert Einstein's life advice in a letter to his son, Eduard : “Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.”





Albert Einstein's life advice in a letter to his son, Eduard : “Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.”

Saturday, February 22, 2025

Pernikahan bung Tomo dengan sulistina di kediaman mempelai wanita Lowokwaru Malang, 19 Juni 1947

 Pernikahan bung Tomo dengan sulistina di kediaman mempelai wanita Lowokwaru Malang, 19 Juni 1947




Pernikahan bung Tomo dengan sulistina di kediaman mempelai wanita Lowokwaru Malang, 19 Juni 1947.

Friday, February 21, 2025

Legalitas Pemerintah

 Legalitas Pemerintah




Legalitas pemerintah adalah asas yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Asas legalitas merupakan asas pokok dalam negara hukum. 


Tujuan asas legalitas Melindungi hak asasi manusia, Menegakkan keadilan, Memberikan kepastian hukum, Membatasi kekuasaan pemerintah, Membangun kepercayaan masyarakat. 


Asas legalitas dalam berbagai bidang hukum :

- Dalam hukum tata negara, asas legalitas berarti penyelenggaraan negara dan pemerintahan berdasarkan konstitusi. 

- Dalam hukum administrasi negara, asas legalitas berarti pejabat menjalankan pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

- Dalam hukum pidana, asas legalitas berarti tidak ada perbuatan yang dapat dihukum kecuali berdasarkan ketentuan pidana dalam undang-undang. 


Dasar asas legalitas di Indonesia

Di Indonesia, asas legalitas bersandar pada Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan : Negara Indonesia adalah negara hukum. 


Penjelasan :

Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menjelaskan bahwa :

- Indonesia adalah negara hukum. Artinya, segala aspek kehidupan di Indonesia, termasuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, harus didasarkan pada hukum yang berlaku. 

- Konsekuensi negara Indonesia sebagai negara hukum

- Setiap warga negara Indonesia terikat dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

- Pemerintah harus menghormati hak-hak individu. 


Pemerintah harus melaksanakan tugas kenegaraan sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku. 

Barangsiapa melanggar norma hukum, maka dapat dijatuhi sanksi atau dituntut oleh pihak yang berwenang. 


Ciri-ciri negara hukum di Indonesia :

- Memiliki sistem ketatanegaraan yang sistematis.

- Sumber hukum di Indonesia adalah Pancasila.

- Seluruh aspek kehidupan dalam kemasyarakatan, kenegaraan, dan pemerintahan harus senantiasa berdasarkan atas hukum.


UUD 1945 sebagai konstitusi negara :

UUD 1945 merupakan hukum dasar tertinggi yang memuat segala hal mengenai penyelenggaraan negara. 



Artikel : POINT Center


Thursday, February 20, 2025

Universitas Brawijaya (UB) Melakukan Kerja Sama Dengan Berbagai Pihak Bidang Budaya

 Universitas Brawijaya (UB) Melakukan Kerja Sama Dengan Berbagai Pihak Bidang Budaya


https://pointcenter9.blogspot.com/2025/02/universitas-brawijaya-ub-melakukan.html


Universitas Brawijaya (UB) telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam bidang budaya, seperti dengan Bank Jawa Barat (BJB), Tianjin Foreign Studies University (TFSU), dan National University of Singapore (NUS). 

Kerja sama dengan Bank Jawa Barat (BJB) 

FIB UB dan BJB menjajaki kerja sama strategis untuk mengembangkan Rumah Budaya Indonesia (RBI).

RBI diharapkan menjadi pusat riset budaya dan bahasa yang mendukung berbagai inisiatif akademik dan ekonomi kreatif di Malang Raya.

Kerja sama dengan Tianjin Foreign Studies University (TFSU) 

UB dan TFSU bekerja sama mendirikan RBI di Tianjin, Tiongkok.

RBI di Tianjin diharapkan memperkaya dan meningkatkan pemahaman budaya antara Indonesia dan Tiongkok.

UB dan TFSU juga berencana mengembangkan program pembelajaran bahasa dan pusat tes Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

Kerja sama dengan National University of Singapore (NUS) 

FIB UB dan NUS bekerja sama dalam digitalisasi warisan kebudayaan Kota Malang.

FIB UB menjadikan digital humanities sebagai center of excellence.

Kerja sama ini diharapkan dapat mempererat hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok, serta memperkaya dan meningkatkan pemahaman budaya antara kedua negara. 


KLIK DISINI  :
https://www.tempo.co/internasional/universitas-brawijaya-akan-buka-rumah-budaya-indonesia-di-tianjin-cina-60588



Tanya jawab mencari kebenaran (infomasi valid) :

[19/2, 08.24] R. Tri Priyo Nugroho: Assalamualaikum warahmatullahi
Selamat pagi
Salam sejahtera selalu
[19/2, 08.24] R. Tri Priyo Nugroho: Derek perso
Tentang Lembaga kemasyarakatan Universitas yg berkerja sama dengan masyarakat.
Infonya universitas Brawijaya Malang kerja sama dengan organisasi dunia, seperti Unisco mengajak masyarakat menggali budaya & peradaban Nusantara.
Kemarin ada wartawan senior (67th), mengajak sy untuk membuat artikel sesuai reportase di lapangan.

Mohon sharing tentang hal itu ?
Suwun
[19/2, 08.25] R. Tri Priyo Nugroho: Adakah info program mengaten  ?
🙏🙏🙏
[19/2, 08.26] R. Tri Priyo Nugroho: Menawi leres wonten dalem tertarik dari penulisannya
[19/2, 08.32] Indarwanto Sadi Kusnomo Phd Malang (Hikmatologi): Wa'alaikumussalam ww
Mohon maaf saya sudah purna tugas dari UB sejak akhir 2023.

Monggo di googling di laman Fakultas Ilmu Budaya atau Wakil Rektor UV Bidang Kerjasama tks🙏🙏🙏
[19/2, 09.00] R. Tri Priyo Nugroho: Nggih matur nuwun
Informasinipun
🙏🙏🙏


[19/2, 06.35] R. Tri Priyo Nugroho: Assalamualaikum warahmatullahi
Selamat pagi
Salam sejahtera selalu
[19/2, 06.36] R. Tri Priyo Nugroho: Derek perso
Tentang Lembaga kemasyarakatan Universitas yg berkerja sama dengan masyarakat.
Infonya universitas Brawijaya Malang kerja sama dengan organisasi dunia, seperti Unisco mengajak masyarakat menggali budaya & peradaban Nusantara.
Kemarin ada wartawan senior (67th), mengajak sy untuk membuat artikel sesuai reportase di lapangan.

Mohon sharing tentang hal itu ?
Suwun
[19/2, 06.36] R. Tri Priyo Nugroho: 👍🙏🤝
[19/2, 08.29] Sapta: Wa'alaikumsalam.
Barangkali Mas Try bisa coba akses melalui web nya UB dulu, biar jelas.
Ngapunten, maturnuwun 🙏
[19/2, 08.29] R. Tri Priyo Nugroho: Siap

Cerita Panji (Kisah yang menyebar dari Jawa Timur hingga Thailand)

 Cerita Panji (Kisah yang menyebar dari Jawa Timur hingga Thailand)





Tarian panji yang disuguhkan Sanggar Asmoro Bangun Kedungmonggo dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu membuat ratusan hadirin di Kota Tua Jakarta, terpaku.

Meski tak semua paham dengan bahasa Jawa, gerakan lincah para penari yang diiringi gamelan membuat para penonton betah menyaksikan. Tarian tersebut merupakan bagian dari Festival Sastra ASEAN, ALF 2017, yang di dalamnya menampilkan Festival Budaya Panji. Menurut Tri Handoro, pemimpin Sanggar Tari Asmoro Bangun, kepada BBC Indonesia, tokoh utamanya adalah Raden Inu Kertapati dari Kerajaan Jenggala dan Dewi Sekartaji alias Dewi Galuh Candra Kirana dari Kerajaan Kediri.

“Kisah-kisah Panji itu umumnya menceritakan pengembaraan Panji menemukan Dewi Sekartaji. Namun, dalam pengembaraan itu berkembang setidaknya 15 cerita. Intinya adalah roman, kisah percintaan.



Sejak era Majapahit

Kumpulan cerita Panji sejatinya dituturkan sejak jaman Kerajaan Majapahit. Seiring berjayanya kerajaan itu, cerita Panji pun menyebar ke berbagai daerah.

Cerita Panji populer sejak abad ke-13 kemudian menyebar ikut dengan Majapahit ke Bali, Lombok, dan Sulawesi Selatan. Cerita itu lalu menyeberang ke Malaysia. Di sana namanya hikayat. Kemudian cerita itu sampai ke Thailand, namanya Inao.

Penyebaran kisah panji ke mancanegara sejak berabad lalu diamini Nooriah binti Mohamed, peneliti budaya Jawa dari Universitas kebangsaan Malaysia.

Menurutnya, berdasarkan teks sejarah Melayu atau the Malay Annals, penyebaran kisah Panji ke Tanah Melayu dimungkinkan berkat perkawinan Raja Malaka, Sultan Mansyur Syah, dengan putri raja dari Majapahit.

Sekarang ini masih ada keturunan Jawa di Malaysia. Mereka meneruskan budaya dan bahasa dari leluhurnya. Dalam hal ini, cerita Panji menjadi tradisi verbal yang diteruskan dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi.

Jejak cerita Panji di sejumlah daerah dapat ditelusuri melalui naskah-naskah kuno. Peneliti naskah-naskah ini adalah Roger Tol dari Universitas Leiden, Belanda.

Dia mengatakan terdapat lima manuskrip cerita Panji di Perpustakaan Negara, Malaysia; satu naskah di Perpustakaan Kamboja; 76 naskah di Perpustakaan Nasional, Indonesia; dan 250 naskah di Perpustakaan Leiden, Belanda.

Naskah-naskah ini ditulis dalam bahasa setempat. Di Indonesia, misalnya, ada dalam bahasa Bugis, Jawa Kuno, Aceh. Kemudian bahasa Khmer di Kamboja dan bahasa Melayu di Malaysia. Yang tertua kami temukan itu dari tahun 1725, bahannya daun lontar.



Ingatan kolektif dunia

Festival Panji ini digagas Kementerian pendidikan dan Kebudayaan untuk mempopulerkan kumpulan cerita Panji yang mengisahkan percintaan dan peperangan pada era Kerajaan Kediri di Jawa Timur. Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia dan negara-negara lain untuk mengajukan naskah Panji ke lembaga UNESCO untuk dijadikan ingatan kolektif dunia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wardiman Djojonegoro, adalah salah seorang yang ditunjuk Kemendikbud untuk mengegolkan upaya tersebut. Dia mengatakan upaya itu turut disokong pemerintah Malaysia, pemerintah Kamboja, Universitas Leiden, dan Perpustakaan Nasional Inggris atau British Library.

Kami berharap naskah Panji dijadikan Ingatan Kolektif Dunia. Keputusannya Oktober mendatang. Di sini tidak ada negara yang mengklaim Panji itu miliknya.


Saat Indonesia dan sejumlah negara hendak menjadikan Cerita Panji sebagai Ingatan kolektif dunia, nyatanya khalayak tak banyak mengetahui kisah tersebut. Ini mendorong seorang pria bernama Dwi Cahyono membangun Museum Panji di Kabupaten Malang, Jawa Timur, selama tiga tahun terakhir.

Dia mengaku telah menghabiskan Rp30 miliar untuk mewujudkan impiannya.

Selain museum, saya ingin nanti ada tempat pertunjukan tari dan topeng Panji. Saya juga berencana membuat desa yang menggambarkan kehidupan Majapahit, lengkap dengan rumah-rumah serta aktor yang berbusana era Majapahit.



Tuesday, February 18, 2025

LOUE DJING TIE (Chino Meindring) Master Pendekar Kungfu Tanah Jawa Tempo Doeloe

 LOUE DJING TIE (Chino Meindring)

Master Pendekar Kungfu Tanah Jawa Tempo Doeloe 





Mindring yaitu jasa pembiayaan berupa jual beli secara kredit atau cicilan yang dapat diangsur sesuai kesepakatan kedua belah pihak biasanya dapat dibayarkan harian, mingguan dan bulanan. Praktik mindring memiliki 2 jenis objek transaksi yang ditawarkan yakni barang dan uang.


Kisah Pengembaraan Louw Djing Tie, Sang Pendekar Kungfu Tanah Jawa

Pada abad ke-19, pernah hidup seorang pendekar kungfu yang disegani di Pulau Jawa bernama Louw Djing Tie. Dia menguasai ilmu kungfu langsung dari para pendekar shaolin negeri Tiongkok. Walaupun ilmunya tinggi, dia dikenal rendah hati sehingga disegani baik kawan maupun lawan.


Di pusat Kota Parakan, sebuah kota kecil di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terdapat sebuah rumah tua yang besar. Di halaman rumah itu, tergantung sebuah sansak yang terlihat “memar” di banyak bagiannya.


Memasuki ke bagian dalam, terdapat berbagai macam senjata seperti toya, golok, tombak, dan trisula. Tak jauh dari dinding tempat senjata-senjata itu dipajang, terpampang foto seorang laki-laki tua dengan baju dan topi baret tua yang tak lain adalah pemilik senjata itu. Dia adalah Louw Djing Tie, seorang pendekar kungfu asal negeri Tiongkok yang mengembara ke Tanah Jawa pada abad ke-19.


Di Tanah Jawa, dia menjadi pendekar yang cukup disegani dan mendirikan sebuah perguruan kungfu. Lantas bagaimana sepak terjang Louw Djing Tie sebagai pendekar kungfu Tanah Jawa?


Louw Djing Tie lahir di Kota Haiting, Provinsi Hokkian, Tiongkok pada tahun 1855. Sejak kecil, Djing Tie sudah dikenal sebagai anak yang keras dan pemberani. Hampir tiap hari dia terlibat perkelahian dengan anak-anak sebayanya.


Beranjak dewasa, ia mulai berlatih kungfu pada salah satu perguruan di desanya. Setelah kedua orang tuanya meninggal, ia dikirim ke Biara Shaolin di Songshan. Di perguruan inilah, kemampuan kungfu Djing Tie menjadi luar biasa. Bahkan ia sanggup mengalahkan dan membunuh seekor macan.


Merasa masih kurang ilmunya, ia kemudian berguru pada Biauw Tjin, seorang bhikku yang tinggal di Bukit Kouwshan. Dari sang guru, ia diajari cara menggunakan tenaga dalam dan tenaga luar. Ia juga belajar cara menggunakan benda-benda di sekitar menjadi senjata rahasia yang mematikan seperti melempar uang dan jangka, meniup jarum dan kacang hijau hingga menancap di sasaran, hingga tipu muslihat menggunakan selendang.


Karena suatu perbuatan hukum, Djing Tie melarikan diri dari Tiongkok ke Singapura. Di sana ia tinggal di sebuah toko dan mengajari kungfu para pegawai toko. Hanya beberapa bulan tinggal di Singapura, ia memutuskan untuk pergi ke Jawa. Di pulau Jawa ia menyambung hidup dengan cara berdagang mulai dari Batavia, Semarang, hingga pindah ke Kendal, dan akhirnya ke Ambarawa.


Di Ambarawa, Djing Tie mendirikan perguruan kungfu secara diam-diam. Saat itu, pemerintah kolonial melarang adanya perguruan bela diri. Di Ambarawa, dia sempat terlibat pertarungan dengan belasan serdadu yang berhasil ia kalahkan dengan tangan kosong.


Dari Ambarawa, ia pindah ke Wonosobo, lalu pindah ke Parakan. Selama masa-masa itu, ia sering kali terlibat pertarungan dengan para jagoan bela diri asal Tionghoa lainnya. Di Parakan misalnya, ia ditantang seorang guru kungfu yang disegani, The Soei, yang dikenal sangat kuat, memiliki tubuh tinggi besar, dan tenaga dalam yang hebat.


Djing Tie menerima tantangan The Soei. Dalam pertarungan itu, mereka sepakat tidak menggunakan senjata tajam untuk menghindari diri dari cedera. Mereka pun menggunakan kuas yang ujungnya diberi tinta untuk menandakan bagian tubuh mana saja yang berhasil diserang.


Kedua jagoan kungfu ini saling menyerang dengan sangat cepat. Beberapa kali ujung kuas Djing Tie berhasil mengenai daerah berbahaya di tubuh The Soei. Namun demi menjaga harga diri The Soei, Djing Tie sengaja tidak membuat tanda tinta di tubuh musuhnya. Justru ia membiarkan The Soei membuat tanda tinta di tubuhnya.


Soei yang merasakan sendiri keahlian kungfu Djing Tie kagum terhadap kerendahan hatinya. Pertandingan dinyatakan imbang. Namun The Soei menjadi sangat hormat pada kehebatan Louw Djing Tie.


Di Kota Parakan, Djing Tie membuka sebuah perguruan kungfu bernama Garuda Mas. Banyak orang yang berbondong-bondong tertarik menjadi muridnya. Namun sepeninggal Djing Tie, perguruan itu bubar.


Louw Djing Tie meninggal pada tahun 1921 di usianya yang ke-66 tahun. Meskipun perguruannya yang di Parakan bubar, namun murid-murid Djing Tie tersebar di seluruh Jawa dan mendirikan perguruan kungfu-nya sendiri-sendiri, salah satunya Perguruan Kungfu Garuda Emas Semarang yang ketuanya masih keturunan Louw Djing Tie.


Sumber referensi : 

- sahabatsilat.com

- Hiomerah.com

- Wikipedia.org

- Merdeka.com

PRO & KONTRA MAKAM SYEKH BENTONG (NDORO PAYUNG) DI GRESIK

 PRO & KONTRA MAKAM SYEKH BENTONG (NDORO PAYUNG) DI GRESIK




Di Gresik ada makam yang masih dalam perbincangan. Makam tersebut terkenal dengan nama Makam Ndoro Payung yang lebih diartikan dulunya itu adalah makam seorang Bangsawan yg selalu di payungi/dihormati ketika  berjalan. Kalo kita melihat nisannya cukup besar yg terbuat dari batu andesit. Jenis nisan tersebut biasanya utk menandai kalangan bangsawan atau bahkan keturunan raja.


Konon makam Ndoro Payung adalah maka  Syekh Bentong atau Syekh Bantiong (Kiyai Bah Tong alias Tan Go Wat) adalah seorang saudagar muslim sekaligus seorang ulama, Syekh Bentong putra Syekh Quro, putra Syekh Yusuf Siddik yang masih putra Syekh Jamaluddin Akbar al-Husain, datang dari Tiongkok bersama armada angkatan laut Kekaisaran Tiongkok dalam misi persahabatan. 


Dan sebelahnya adalah makam istrinya yaitu Siu Te Yo, ia mempunyai seorang puteri diberi nama Siu Ban Ci. puteri inilah yang diperistri oleh Prabu Brawijaya V Kertabumi Raja Majapahit. Dari perkawinannya dengan Siu Ban Ci, memperoleh putera yang diberi nama Jin Bun oleh Kakeknya. Jin Bun alias Praba alias Raden Hasan alias Raden Fatah.

Walahu'alam bishawab..





KONTROVESI MAKAM SYEKH BENTONG (NDORO PAYUNG) DI GRESIK

Di Gresik ada makam yang masih dalam perbincangan. Makam tersebut terkenal dengan nama Makam Ndoro Payung yang lebih diartikan dulunya itu adalah makam seorang Bangsawan yg selalu di payungi/dihormati ketika  berjalan.


Tetapi konon makam Ndoro Payung adalah maka  Syekh Bentong atau Syekh Bantiong (Kiyai Bah Tong alias Tan Go Wat) adalah seorang saudagar muslim sekaligus seorang ulama, Syekh Bentong putra Syekh Quro, putra Syekh Yusuf Siddik yang masih putra SyekhJamaluddin Akbar al-Husain, datang dari Tiongkok bersama armada angkatan laut Kekaisaran Tiongkok dalam misi persahabatan.


Pada tahun 1416 M, armada angkatan laut Tiongkok mengadakan pelayaran keliling, atas perintah Kaisar Cheng-Hu atau Kaisar Yunglo, Kaisar Dinasti Ming yang ketiga. Armada angkatan laut tersebut dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho alias Sam Po Tay Kam seorang muslim. Dalam rombongan armadanya, terdapat seorang Ulama Islam bernama Syekh Hasanudin berasal dari Campa, bermaksud berdakwah di Jawa. Dalam pelayaran menuju Majapahit, armada Cheng Ho singgah di Pura, Karawang. Ketika armada Cheng Ho singgah di Pura Karawang, Syekh Hasanudin atau Syekh Quro dan pengiringnya turun, di antara pengiringnya adalah putranya yang bernama Syekh Bentong alias Kiyai Bah Tong alias Tan Go Wat.


Syekh Bentong selanjutnya tinggal di Gresik menjadi Saudagar dan da’i sampai meninggal. Dari istrinya Siu Te Yo, ia mempunyai seorang puteri diberi nama Siu Ban Ci, puteri ini yang diperistri oleh Prabu Brawijaya V Kertabumi Raja Majapahit. Dari perkawinannya dengan Siu Ban Ci, memperoleh putera yang diberi nama Jin Bun oleh Kakeknya. Jin Bun alias Praba alias Raden Hasan alias Raden Fatah selanjutnya menjadi Senapati Jin Bun Ngabdur Rahman Panembahan Palembang Sajidin Panatagama menjadi Sultan Demak pertama.


Penemuan makam Ndoro Payung atau diduga makam Syekh Bentong memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut agar bisa terkuak kebenarannya.


Walahu'alam bishawab..








Sunday, February 16, 2025

Petirtaan Sumberbeji Ngoro Jombang kolam pemandian keluarga raja sejak era Mpu Sindok hingga Kadiri & Majapahit.

 Petirtaan Sumberbeji Ngoro Jombang kolam pemandian keluarga raja sejak era Mpu Sindok hingga Kadiri & Majapahit.









Mpu Sindok adalah keturunan Maharaja Sanjaya pendiri Medang/Mataram di Jawa Tengah dan merupakan buyut dari Maharaja Airlangga pendiri Panjalu/Kadiri.


Pu Sindok atau Maharaja Isyana memindahkan Ibu Kota Kerajaannya dari bhumi Mataram (sekitar Prambanan Yogyakarta) ke Jawa bagian Timur di Tamwlang/Tambelang Jombang berlanjut ke Watugaluh/Megaluh Jombang (Prasasti Turyyan 929 Masehi & Prasasti Nganjuk Ladang 937 Masehi).




Prasasti Turyyan berada di Dukuh Watugodeg, Kelurahan Tanggung, Kecamatan Turen Kabupaten Malang Jawa Timur. Prasasti ini berukuran tinggi 130 cm, lebar 118 cm, dan tebal 21 cm. Prasasti ini berisi bahwa pada bulan Śrawana tanggal 15 Śuklapaksa tahun 851 Śaka (24 Juli 929 Masehi), Dang Atu pu Sahitya, seorang dari Desa Kulawara, telah memohon kepada Sri Maharaja Rake Hino dyah Sindok Sri Isanawikramadharmatunggadewa (Mpu Sindok), agar diberi hadiah tanah untuk mendirikan suatu bangunan suci. Permohonan itu dikabulkan raja, dan diambilkan sebidang sawah di Desa Turyyan yang menghasilkan pajak sebesar 3 suwarna emas.


Pajak yang dihasilkan Desa Turyyan setahun adalah 1 kati dan 3 suwarna emas; yang 3 suwarna itulah yang dianugerahkan kepada Dang Atu. Ditambah lagi dengan sebidang tanah tegalan di sebelah barat sungai dan tanah di sebelah utara pasar Desa Turyyan.


Tanah yang di sebelah barat sungai itu untuk tempat mendirikan bangunan suci, dan penduduknya hendaknya bekerja bakti membuat bendungan terusannya sungai tadi, mulai dari Air Luah; sedangkan tanah di sebelah utara pasar itu untuk kamulan dan pajak yang 3 suwarna emas itu, sebagai sumber biaya pemeliharaan bangunan suci. Selebihnya dijadikan sawah untuk tambahan sawah sima bagi bangunan suci itu.


Tanah pemberian ini sekarang menjadi wilayah di sebelah barat sungai dan di sebelah utara Pasar Turen. Di dalam prasasti ini juga disebutkan tentang pengaturan pajak dan perintah kerja bakti untuk membuat bendungan. Sisa pembangunan bendungan masih dapat ditemukan di Sungai Jaruman yang terletak di sebelah barat pasar Turen sekarang.


Dari bendungan ini dibuatkan saluran menuju ke tegalan di sebelah barat sungai. Saluran ini oleh masyarakat setempat disebut sebagai Kali Mati. Sedangkan nama desa (wanua) Gurung-gurung, sekarang menjadi Dusun Urung-urung yang terletak di Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.


Sejarah Kota Solo, Mengapa Kota Surakarta Disebut juga Kota Solo.

 Sejarah Kota Solo, Mengapa Kota Surakarta Disebut juga Kota Solo.




Kota Surakarta, yang juga dikenal dengan nama Solo, memiliki sejarah panjang yang menarik mengenai asal-usul kedua nama tersebut. Nama "Surakarta" secara resmi digunakan ketika Paku Buwono II mendirikan Keraton Surakarta Hadiningrat pada tahun 1745 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang hancur akibat pemberontakan. Nama ini diambil dari kata "Sura" yang berarti berani dan "Karta" yang berarti makmur, mencerminkan harapan agar kerajaan ini menjadi pusat kekuasaan yang berani dan makmur.


Namun, seiring berjalannya waktu, kota ini lebih dikenal dengan sebutan "Solo." Asal usul nama Solo konon berasal dari nama sebuah desa kecil bernama "Sala" yang terletak di tepi Sungai Bengawan Solo, lokasi di mana keraton baru dibangun. Nama desa Sala ini kemudian berkembang menjadi "Solo" dan menjadi sebutan populer di kalangan masyarakat lokal. Selain itu, nama Solo lebih mudah diucapkan dan terdengar akrab di telinga rakyat dibandingkan dengan Surakarta yang terkesan lebih formal dan aristokratis.


Penggunaan dua nama ini terus berlangsung hingga sekarang. Secara administratif dan dalam dokumen resmi, kota ini tetap disebut Surakarta. Namun dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam budaya populer dan pariwisata, nama Solo lebih sering digunakan. Inilah yang membuat Surakarta unik sebagai kota dengan dua nama yang memiliki makna sejarah dan budaya yang mendalam.



Saturday, February 15, 2025

Ilmu Sejati

 Ilmu Sejati


https://pointcenter9.blogspot.com/2025/02/ilmu-sejati.html



Ahli ilmu yang sejati tidak hanya menyampaikan Al-Haq semau hati, akan tetapi ia juga mempertimbangkan apakah Al-Haq yang ia sampaikan sekarang dapat berdampak baik ?

Kita mungkin sering kali menjumpai orang-orang yang merasa telah berilmu sampai-sampai merasa apa yang ia sampaikan adalah yang paling haq (paling benar) karena yang ia sampaikan bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Namun janganlah terlalu gegabah menyampaikan sesuatu meskipun yang ia sampaikan berupa dalil Al-Qur’an dan hadis sahih. 

Bukan di situ letak permasalahannya, akan tetapi letak permasalahannya adalah sudah tepatkah apa yang ia sampaikan ? 

Apakah sesuai sasaran ?


Pertanyaan tadi setidaknya bisa menjadi hal yang perlu dipikirkan ulang apabila hendak menyampaikan suatu yang dianggap haq.

Coba kita telaah ulang, bagaimana teladan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam menyampaikan yang haq dari lisannya. Karena Rasulullah adalah seorang ahli ilmu sejati.

Rasulullah ketika menyampaikan segala sesuatu atau menjawab pertanyaan yang sedang dibingungkan oleh para sahabat, maka Rasulullah menjawab dengan tepat dan sesuai sasaran.

Ahli ilmu yang sejati itu tidak hanya menyampaikan haq semau hati, akan tetapi ia juga mempertimbangkan apakah Al-Haq yang ia sampaikan sekarang dapat berdampak baik atau buruk bagi yang mendengar.


Mari kita lihat contoh teladan Rasulullah dalam hadis berikut ini:


عَنْ قَتَادَةَ قَالَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمُعاذٌ رَدِيفُهُ عَلَى الرَّحْلِ قَالَ يَا مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ قَالَ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَسَعْدَيْكَ قَالَ يَا مُعَاذُ قَالَ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَسَعْدَيْكَ ثَلَاثًا قَالَ مَا مِنْ أَحَدٍ يَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ صِدْقًا مِنْ قَلْبِهِ إِلَّا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا أُخْبِرُ بِهِ النَّاسَ فَيَسْتَبْشِرُوا قَالَ إِذًا يَتَّكِلُوا وَأَخْبَرَ بِهَا مُعَاذٌ عِنْدَ مَوْتِهِ تَأَثُّمًا

Dari Qatadah berkata, telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menunggang kendaraan sementara Mu’adz membonceng di belakangnya. Beliau lalu bersabda: “Wahai Mu’adz bin Jabal!” Mu’adz menjawab, “Wahai Rasulullah, aku penuhi panggilanmu.” Beliau memanggil kembali: “Wahai Mu’adz!” Mu’adz menjawab, “Wahai Rasulullah, aku penuhi panggilanmu.” Hal itu hingga terulang tiga kali, beliau lantas bersabda: “Tidaklah seseorang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, tulus dari dalam hatinya, kecuali Allah akan mengharamkan baginya neraka.” Mu’adz lalu bertanya, “Apakah boleh aku memberitahukan hal itu kepada orang, sehingga mereka bergembira dengannya?” Beliau menjawab: “Nanti mereka jadi malas (untuk beramal).” Mu’adz lalu menyampaikan hadits itu ketika dirinya akan meninggal karena takut dari dosa.” (HR. al-Bukhari)

Lihat dialog Nabi dengan Muadz. Nabi memberitahukan kepada Muadz bahwa barangsiapa mengucapkan kalimat syahadat, maka Allah akan mengharamkan neraka baginya (masuk surga). Mendengar itu lalu Muadz meminta izin untuk menyampaikan kebenaran tersebut dan sekaligus ingin menyampaikan kabar gembira tersebut kepada para sahabat.  Lalu lihat jawaban mengejutkan Nabi, Nabi menjawab “Jangan! Nanti mereka malas dalam beramal”.

Terlihat bahwa seorang ahli ilmu sejati tidak serta merta menyampaikan kebenaran dengan semau hati. Akan tetapi ia mengukur terlebih dahulu, apa dampak dari hal yang ia sampaikan. Hadis di atas menjadi contoh bahwa kebenaran harus disampaikan dengan melihat situasi dan kondisi yang tepat, meskipun yang ia sampaikan berupa kebenaran dan bahkan kabar gembira sekalipun.


Itu sebagai contoh pertama. Mari kita lihat lagi kasus lain dalam hadis berikut :


حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ سَلَمَةَ مِنْ آلِ ابْنِ الْأَزْرَقِ أَنَّ الْمُغِيرَةَ بْنَ أَبِي بُرْدَةَ وَهُوَ مِنْ بَنِي عَبْدِ الدَّارِ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ سَأَلَ رَجُلٌ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نَرْكَبُ الْبَحْرَ وَنَحْمِلُ مَعَنَا الْقَلِيلَ مِنْ الْمَاءِ فَإِنْ تَوَضَّأْنَا بِهِ عَطِشْنَا أَفَنَتَوَضَّأُ بِمَاءِ الْبَحْرِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Shafwan bin Sulaim dari Sa’id bin Salamah dari keluarga Ibnu Al Azraq bahwa Al Mughirah bin Abi Burdah dan ia dari Bani Abd Ad Dar, mengabarkan kepadanya bahwa dia telah mendengar Abu Hurairah berkata; Ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, seraya berkata; “Wahai Rasulullah, kami naik kapal dan hanya membawa sedikit air, jika kami berwudhu dengannya maka kami akan kehausan, apakah boleh kami berwudhu dengan air laut?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Ia (laut) adalah suci airnya dan halal bangkainya.” (HR. Abu Dawud)

Mari kita ulang lagi cerita dalam hadis di atas, bahwa ada salah seorang sahabat yang merupakan seorang pelaut bertanya kepada Nabi untuk mencari tahu solusi fikih. Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, kami ini kalau berlayar di laut hanya bisa membawa air yang layak untuk diminum itu sedikit, kalau kami gunakan air minum tersebut untuk berwudhu maka kami akan kehausan (tidak bisa minum), kira-kira apa solusinya untuk kami wahai Rasulullah? Kemudian Nabi menjawab, “Air laut itu suci dan halal bangkainya.”

Coba kita analisis kalimat dari jawaban Nabi “Air laut itu suci dan halal bangkainya”, mengapa Nabi menjawab sampai menyebutkan kesucian air laut serta status bangkai? Padahal sahabat tidak menanyakan hukum kesucian air laut, dan sama sekali tidak menanyakan masalah bangkai.

Ternyata dari situ Nabi telah memahami kondisi sang penanya tadi bahwa kebutuhan si penanya (si pelaut) itu tidak hanya pada air wudhu atau air minum saja, akan tetapi ia juga membutuhkan makanan. Maka apabila si penanya suatu waktu mengalami kondisi kehabisan makanan, maka bangkai di laut itu dapat menjadi solusi jika tidak menjumpai satu makanan pun.

Dari situ juga terlihat sosok ahli ilmu yang sejati, yakni Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Apabila seseorang bertanya kepada Nabi, maka Nabi akan mengukur orang tersebut agar apa yang ia sampaikan memang bisa memberikan dampak positif kepada sasaran.

Mirisnya, sering kali kita menjumpai orang-orang di zaman sekarang yang merasa berilmu sangat menggebu-gebu dalam menyampaikan Al-Haq yang ia yakini. Tidak bisa mengukur dan menimbang secara jernih al-haq yang ia sampaikan. Bukannya mendapatkan hasil yang positif, justru sebaliknya malah dampak negatif yang dihasilkan. Maka dari itu, bijaksanalah dalam menyampaikan segala sesuatu.



Jalan Penuntut Ilmu Sejati

“Ada yang sedang seperti menyendiri tapi nyatanya dia tidak sendiri, dia sedang asyik bercengkrama dengan semesta yang membuatnya menjadi tiada, duduknya menghamba, duduk dalam danau air mata …”.

Penggalan lirik lagu salah seorang penyair dengan nuansa filosofis satu ini cukup mewakili kisah seorang hamba yang sedang menunggu kekasih hatinya. Dalam kesendiriannya kala itu, yang umumnya orang menyebut sebagai kegiatan kontemplasi, ia bak menunggu pesan cinta dari sang Kekasih.

Sejujurnya ia sendiri pun sebenarnya tidak tau pasti pesan seperti apa yang akan diterima dalam uzlahnya kali itu. Kesabarannya mulai terobati sesaat setalah kekasihnya mengirim utusannya untuk menyampaikan pesan cinta.

Pesan cinta yang membuat satu dunia menjadi indah, cerah, terang benderang seperti sapuan cahaya matahari pagi yang lembut lagi menenangkan. Pesan romantis yang telah membuat sekujur tubuhnya menggigil itu adalah iqra’ . pesan itu telah sampai kepada sosok laki-laki terbaik yang pernah hidup di atas bumi ini, ia adalah Abdullah.

Kekasih Allah yang berhasil menjadi pelita bagi seluruh alam. Pesan “iqra’ ” atau “bacalah” dari Allah kepada Abdullah, Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjadi peta kehidupan bagi umat manusia menuju sebuah tujuan abadi yang menentramkan, yaitu jalan menuntut ilmu pengetahuan.

Jalan yang sering kali sepi namun akan mengantarkan pada tempat ternyaman. Sebab jalan ilmu akan mengantarkan pada jalan iman, dan jalan iman akan membawa pada jalan amal. Di penghujung jalan amal itu manusia akan diizinkan mencicipi nikmat tera’ala, nikmat perjumpaan dengan Sang Khaliq dan memandang-Nya.[1]


 

Jalan Yang Diberkahi

Keutamaan belajar diamini segenap umat manusia terutama bagi umat muslim.


اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَامًا، وَلَكِنْ وَرَّثُوْا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

“Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.”[2]

Akan tetapi dalam perjalannya manusia kerap kali tergelincir atau tersandung batu-batu kekhilafan. Rintangan yang umumya dihadapi seseorang dalam proses belajar adalah kesalahan dalam menentukan tujuan.

Niat yang harusnya diperuntukkan bagi Allah semata sering kali justru bertujuan pada hal kecil yaitu perihal duniawi yang fana dan sementara. Misalnya ada segolongan orang yang terjebak dalam kepentingan hawa nafsunya, yaitu menuntut ilmu untuk menumpuk harta kekayaan, berbangga diri dengan pangkat atau jabatan duniawi semata.[3]

Ini adalah keselahan mendasar dan paling berbahaya bagi penuntut ilmu. Ia melupakan bahwa  dalam proses menuntut ilmu hanya ada dzat esa yang patut dijadikan tujuan, yaitu Allah swt. Ialah sumber dari ilmu pengetahuan dan yang harusnya menjadi tujuan setiap penuntut ilmu sejati.

Sebab tujuan menuntut ilmu itu adalah untuk semakin menanamkan cinta pada Allah dalam hati, mengokohkan akidah dalam jiwa, dan mengakarkan tauhid pada Allah swt, Tuhan yang dari-Nya kita berasal serta kepada-Nya kita kembali.


 ….  اِنَّمَا يَخْشَى اللّٰهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمٰۤؤُا

“Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama…” (QS. Al-Fatir: 28)



Kemurnian Hati

Pondasi utama dalam setiap amal adalah niat yang murni dan Ikhlas lillahi ta’ala. Niatlah yang akan membedakan nilai sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan sebatas untuk mendapatkan tujuan-tujuan keduniawian hanya akan memberikan hasil yang bertahan sampai di dunia saja.

Sementara pekerjaan yang dilakukan sebagai bentuk ibadah mentaati Allah maka balasannya akan Allah berikan dalam bentuk kebaikan dunia dan akhirat.[4] Oleh karena niat letaknya di dalam hati dan tidak ada sesuatu yang perubahannya lebih cepat dari berbolak-baliknya hati, maka seorang penuntut ilmu sejati hendaknya selalu menjaga keikhlasan niatnya semata-mata karena Allah saja dan tidak mendua hati pada tujuan semu dan fana.


 

Mendekati-Nya

Hendaknya penunut ilmu memiliki sifat bertakwa kepada Allah. Sebab ketakwaan seorang hamba adalah jalan utama mencapai pemahaman. Seperti yang difirmankan Allah di dalam al-qur’an surah al-Baqarah ayat 282:


وَاتَّقُوا اللّٰهَۗ وَيُعَلِّمُكُمُ اللّٰهُۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ 

(Bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu).

Takwa menurut Yusuf al-Qardawi adalah menjalani apa yang telah diisyaratkan Allah swt serta menjauhi segala apa yang dilarang-Nya dan Allah memerintahkan orang muslim untuk bertakwa sebelum perintah lainnya.[5]

Penuntut ilmu sejati yang cerdas memahami bahwa ilmu itu sumbernya dari Sang ‘Alim Yang amat mencintai hamba-Nya yang bertakwa, berharap hanya pada-Nya. Patut disayangkan saat seorang penuntut ilmu sibuk kesana kemari mempelajari ilmu namun di saat yang sama Ia melupakan Sang Pemilik Ilmu itu sendiri.


 

Tenang Tanpa Masalah 

Dalam beramal shalih seorang muslim hendaknya bersungguh-sungguh mengerjakannya, begitu pun penuntut ilmu sejati hendaknya mengerahkan segenap kesungguhannya dalam proses belajar yang dijalani.

Akan tetapi kesungguhannya itu tidak lantas menjadi dalih menuding Allah agar mendapatkan hasil sesuai ekspekstasinya. Tugas penuntut ilmu sejati hanya sebatas berikhtiar dengan maksimal adapun hasilnya merupakan hak pemilik ilmu untuk memberikan seberapa banyak yang dikehendakinya.

Menjadi barang pasti bahwa Allah tidak sedikitpun mendzalimi hamba-Nya yang berjuang di jalan-Nya. Dia juga yang benar-benar memahami kapasitas kebutuhan seorang hamba yang sesuai maslahat hidupnya dan orang sekitarnya, maka tenangkan hati dengan meyakini bahwa Allah Yang Maha Mengetahui hidup seorang hamba pemahaman-Nya jauh melebihi pemahaman hamba itu terhadap dirnya sendiri.



Syukur Untuk Lebih

Penuntut ilmu sejati tidak boleh menjauhkan diri dari rasa Syukur kepada Allah. Sebab dimampukan Allah untuk bisa merasakan proses belajar saja itu sudah merupakan nikmat tak terhingga.

Bayangkan betapa Allah telah memberi keistimewaan luar biasa bagi penuntut ilmu degan dijadikannya seluruh alam mendoakan seseorang yang belajar. Sesungguhnya rasa syukur mampu menjadikan yang sedikit terasa banyak dan yang sederhana terasa Istimewa.

Bersyukur tidak mendatangkan apa-apa kecuali tambahan nikmat dari Allah swt seperti yang telah dijanjikan-Nya di dalam Al-qur’an, yaitu bagi mereka yang bersyukur akan Allah tambahkan nikmat-nikmat lainnya.



Penutup

Seseorang yang memutuskan meniti jalan ilmu hendaknya memulai perjalanan mulia itu dengan meluruskan niat dalam hati untuk membuat Allah Ridha. Sadar akan tujuan menuntut ilmu untuk mendekatkan diri pada Allah swt adalah benteng yang akan menyelamatkan dari tujuan-tujuan duniawi semata.

Sebagai hamba yang telah mempelajari dan mendapatkan ilmu memiliki tanggung jawab untuk mengamalkan dan mengajarakannya. Ilmu yang didapatkannya adalah pemberian dari Allah dan hendaknya dikembalikan ke jalan Allah dengan cara mengamalkan dan mengajarkan supaya lebih banyak orang yang merasakan manfaat dari ilmu tersebut.

Ilmu yang didakwahkan itu akhirnya akan mengantarkan orang-orang yang mempelajarinya kepada sumber ilmu yang satu yaitu Allah. Dengan begitu gema tauhid semakin kuat suaranya ke berbagai lini kehidupan. Wallahu a’alam bi ash-shawwab.


 



Sumber Referensi :

[1] Syed Muhmmad Naquib Al-Attas, Ma’na Kebahagiaan dan Pengamalannya dalam Islam

[2] (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

[3] Imam Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah, (Darul Minhaj, 2004), h. 64

[4] Hadits ‘Arbain Nawawi, diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim

[5] Yusuf al-Qardawi, Bagaimana Berinteraksi dengan al-Qur’an, terj. Karthur Suhardi, (Jakarta: Pustaka al-Kautsar:2003), h.16-19



POINT CENTER 

Friday, June 24, 2022

KONSULTAN

KONSULTAN




Konsultan merupakan profesi yang berkecimpung dalam bidang tertentu untuk memberikan solusi atau masukan kepada klien. Dalam berkomunikasi dengan klien, seorang konsultan perlu memberikan solusi dan menghindari bahasa yang menambah beban klien. 

Konsultan memiliki peran penting dalam menjaga hubungan baik dengan klien. Menjaga hubungan saling percaya satu sama lain merupakan faktor utama dalam menjalani profesi ini sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar. 

Menurut judul Perdagangan Nasional oleh Wahab (2020: 84), konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat asli dalam bidang keahliannya, misalnya hukum, lingkungan, akuntansi, dan lain-lain. 

Menurut buku 50 Bisnis Jasa Menguntungkan oleh Zulbiadi Latief (2010: 7), konsultan adalah profesi yang menawarkan layanan berupa pertimbangan, nasihat, penjelasan, ataupun keterangan bagi kliennya. 

Selain memberi nasihat atau pertimbangan, seorang konsultan juga menawarkan dan menjual produk fisik yang relevan dengan jasa konsultasinya. 

Konsultan perlu terus mengikuti perkembangan informasi agar selalu memiliki pengetahuan dan keterampilan baru di bidangnya. Konsultan juga perlu belajar secara mandiri dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. 

Ragam profesi konsultan cukup banyak, di antaranya adalah konsultan pajak, konsultan bisnis, konsultan psikologi, konsultan keuangan, dan konsultan hukum. 

 

KONSULTAN PAJAK

Konsultan pajak adalah suatu profesi yang khusus menangani perpajakan, baik pajak perusahaan maupun institusi. Seorang konsultan pajak harus mengetahui aturan perpajakan yang berlaku di perusahaan dan negara tempat perusahaan itu berdiri. 

Selain itu, ada peran konsultan pajak beserta tugas lainnya yang harus dilakukan. 

Adapun beberapa tugas konsultan pajak antara lain sebagai berikut :

1. Membantu membuat Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Pertambahan Nilai (SPT PPN) dan laporan PPh Bulanan, beserta SPT Tahunan untuk Perusahaan dan Orang Pribadi.

2. Membantu klien menyelesaikan sengketa pajak.

3. Membantu klien dalam restitusi pajak (pengembalian kelebihan pembayaran pajak). 

4. Membantu klien membuat perencanaan pajak yang dapat mengoptimalkan keuntungan klien.

5. Membantu klien dalam pengenaan pajak yang benar atas transaksi dengan vendor tertentu.

6. Membantu klien saat klien mendapatkan surat permintaan penjelasan, pemeriksaan pajak, sidang keberatan, sidang banding, Peninjauan Kembali.

7. Secara umum, konsultan pajak gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi konsultan pajak berkisar antara Rp4 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung dari jenjang karier dan perusahaan. 

Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi untuk menjadi konsultan pajak. 

Adapun syarat menjadi konsultan pajak adalah sebagai berikut :

1. Warga Negara Indonesia

2. Bertempat tinggal di Indonesia

3. Tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada pemerintah/negara dan atau Badan Usaha Milik Negara/Daerah

4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang

5. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

6. Menjadi anggota pada satu Asosiasi Konsultan Pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak

7. Memiliki Sertifikat Konsultan Pajak

Di Indonesia, Ditjen Pajak memiliki situs web dan aplikasi Sistem Informasi Konsultan Pajak (SIKoP) yang memuat daftar resmi konsultan pajak terdaftar. Jadi, jika ingin menggunakan jasa konsultan pajak untuk pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan, pastikan konsultan pajak tersebut sudah terdaftar di SIKoP. 


KONSULTAN BISNIS 

Konsultan bisnis adalah suatu profesi yang menuntut seseorang memiliki keahlian dalam bidang ekonomi dan bisnis. Seorang konsultan bisnis harus bisa melakukan observasi mendalam pada sebuah bisnis untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam strategi dan solusi untuk menyelesaikannya. 

Selain melakukan observasi.


PERAN DAN TUGAS KONSULTAN BISNIS 

1. Membantu menyelesaikan masalah klien dan terlibat dalam perencanaan dan implementasi bisnis.

2. Melakukan evaluasi bisnis klien secara menyeluruh, baik dalam bentuk kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki bisnis klien.

3. Membantu proses identifikasi dan pengembangan strategi produk atau merek suatu bisnis. 

4. Membantu perencanaan bisnis strategis terhadap tujuan bisnis, baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

5. Membantu mengembangkan keterampilan dan memberikan edukasi serta pemahaman untuk pemilik bisnis. 

6. Membantu proses rekrutmen dan pelatihan para pekerja di tempat bisnis milik klien.

7. Secara umum, bisnis konsultan gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi konsultan bisnis berkisar antara Rp4,5 juta hingga Rp14 juta per bulan, tergantung dari jenjang karier dan perusahaan. Salah satu konsultan bisnis yang sukses adalah Ali Brown. 

Bagi pemilik bisnis yang ingin menggunakan jasa konsultan bisnis untuk membantu menjalankan atau merancang strategi masa depan bisnis, ada beberapa konsultan bisnis terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan. 

Berikut rinciannya :

1. Boston Consulting Group (BCG)

Boston Consulting Group atau BCG adalah sebuah perusahaan konsultan manajemen asal Amerika yang sudah terkenal secara global. BCG sebagai perusahaan konsultan profesional memiliki kantor di 40 negara, salah satunya di Indonesia.

BCG diketahui menjadi salah satu dari tiga perusahaan konsultan dengan pendapatan terbesar di dunia.

2. Egon Zehnder 

Egon Zehnder adalah perusahaan konsultasi terkemuka di dunia dengan lebih dari 60 kantor tersebar di 41 negara, salah satunya di Indonesia. 

Klien Egon Zehnder umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan besar, badan pemerintahan, hingga berbagai organisasi pendidikan dan budaya.

3. PricewaterhouseCoopers (PWC)

PricewaterhouseCoopers atau PwC adalah perusahaan jasa profesional multinasional yang beroperasi di lebih dari 157 negara, salah satunya Indonesia.

PwC memberikan jasa konsultasi di sejumlah bidang, seperti konsultasi strategi, konsultasi manajemen, penjaminan, pemberian saran dan nasihat pajak, nasihat keuangan, aktuaria, hingga hukum. 

4. McKinsey & Company

McKinsey & Company adalah perusahaan konsultasi manajemen global asal Amerika dengan lebih dari 100 kantor tersebar di lebih dari 50 negara. 

McKinsey & Company menyediakan jasa konsultasi mengenai manajemen strategis ke perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya, serta konsultasi dalam pengembangan rencana untuk merestrukturisasi tenaga penjualan dan menciptakan strategi bisnis.


KONSULTAN PSIKOLOG

Konsultan psikolog adalah suatu profesi yang bekerja dengan melakukan pembicaraan-pembicaraan dengan teknik konseling yang sifatnya privat dengan klien. 

Seorang konsultan psikolog atau konsultan psikologi dituntut untuk mampu menyelami segala permasalahan psikis klien. Selain itu, konsultan psikologi harus mampu menerima semua orang tanpa terkecuali. 

Biasanya, seorang konsultan psikologi berada di bawah naungan lembaga konsultan psikologi. Konsultan psikologi yang melakukan praktik harus merupakan lulusan ilmu psikologi dan para konselor profesional di bidangnya.


FINANSIAL KONSULTAN 

Dikutip dari Cari Duit untuk Freelance oleh Rahmansyah Dermawan dan Desi Saraswati (2009: 76), konsultan keuangan adalah suatu profesi yang berperan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan keuangan perusahaan, institusi, hingga masalah keuangan keluarga. 

Seorang konsultan keuangan dituntut untuk dapat menganalisis masalah keuangan perusahaan dengan cepat dan mencari solusi tepat terhadap permasalahan keuangan perusahaan. 

Selain itu, ada beberapa peran dan tugas konsultan keuangan lainnya, antara lain : 

1. Menganalisis kesehatan keuangan perusahaan atau institusi, mulai dari sumber dana, pemakai dana, tujuan dana digunakan, hingga bentuk nyata dari pengguna dana. 

2. Menganalisis permasalahan yang berhubungan dengan pajak, modal, cash flow, utang-piutang, profit, hingga urusan gaji dan kesejahteraan karyawan secara ekonomi. 

3. Membantu klien mengatur dan mengelola keuangan jangka panjang.

4. Membantu klien menemukan solusi yang tepat secara finansial terhadap masalah keuangan yang dihadapi klien.

5. Secara umum, gaji konsultan keuangan atau penghasilan yang didapatkan dari seorang konsultan keuangan berkisar antara Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung dari tingkat pekerjaan dan perusahaan. 


KONSULTAN HUKUM 

Konsultan hukum adalah suatu profesi yang bertindak memberikan nasihat dan pendapat hukum terhadap suatu tindakan atau perbuatan hukum yang akan dan yang telah dilakukan oleh kliennya.

Ada beberapa peran dan tugas konsultan hukum dalam menjalankan praktik profesinya, antara lain :

1. Melakukan pemeriksaan dan penelitian dari segi hukum atas fakta yang ada terhadap aktivitas perusahaan klien. 

2. Memberikan pendapat, nasihat, dan konsultasi hukum kepada perusahaan klien terhadap perkara yang dihadapi.

3. Membuat atau memberikan saran terhadap kontrak-kontrak bisnis perusahaan klien.

4. Mendampingi perusahaan dalam pertemuan (mediasi) atau negosiasi terkait dalam rangka kerja sama maupun penyelesaian perselisihan yang dihadapi klien. 

5. Membantu perusahaan klien membuat dokumen yang diperlukan sehubungan dengan perkara yang dihadapi klien.

Secara umum, gaji konsultan hukum berkisar antara Rp10 juta hingga lebih dari Rp200 juta per bulan, tergantung dari tingkat pekerjaan dan perusahaan. 

Adapun syarat menjadi konsultan hukum umumnya tidak terlalu spesifik. Selama memiliki gelar sarjana hukum dan pengalaman atas bidang hukum tertentu, semua orang bisa menjadi konsultan hukum.


COACTHING, CONSULTING DAN MENTORING

Banyak orang yang masih jumbuh memilah antara coaching, consulting, dan mentoring. Kebingungan ini pun akhirnya membuat mereka tak tahu mana yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian mereka.

Coaching dapat membantu seorang karyawan menjadi seorang pemimpin hebat, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mendapatkan keterampilan dan wawasan baru seputar dunia kerja. Coaching juga berfungsi menjadi sarana pendampingan untuk mencapai target, serta membantu karyawan mengatasi masalah-masalah perilaku yang mereka hadapi.

Consulting memberikan jasa keahlian untuk membantu perusahaan memecahkan masalah atau mencapai target tertentu. Biasanya ada orang yang ahli di bidangnya yang dipanggil untuk memberikan solusi atau pendapat professional atau hal teknis. Sangat berbeda dengan coaching di mana solusi diharapkan muncul dari karyawan sendiri, dengan bantuan seorang coach.


MENTORING

Kegiatan ini lebih merujuk pada proses di mana seseorang mengambil pelajaran, pengetahuan, atau pengalaman dari kolega yang biasanya lebih tua, lebih senior, lebih bijak, dan tentunya lebih berpengalaman. Tujuannya agar karyawan dapat membuka pintu bagi peluang-peluang yang lebih baik untuk karirnya.


COACHING 

Coaching pada dasarnya bisa dilakukan siapa saja dalam perusahaan selama memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Biasanya diambil dari karyawan di jajaran manajer karena dianggap punya kemampuan di atas rata-rata dan wawasan lebih, sehingga mereka mampu mencapai posisi yang saat itu. Jadi dalam coaching, expert-nya adalah eksekutif perusahaan.

Kapan karyawan atau perusahaan membutuhkan coaching? Ada sejumlah kondisi yang memungkinkan perusahaan melakukan coaching untuk para karyawannya.

1. Kinerja karyawan menurun, misalnya sering melakukan kesalahan, bekerja tidak berdasarkan skala prioritas, tidak mampu mencapai target, dan sebagainya.

2. Ada karyawan pindah atau dipromosikan dan terjadi penempatan orang baru di posisi yang ditinggalkan. Coaching perlu dilakukan agar orang baru memahami tugas-tugas dan tanggung jawab yang akan diembannya.

3. Menggali dan mengembangkan potensi karyawan agar masa depan mereka menjadi lebih baik.

4. Anak buah memerlukan bantuan teknis. Setiap kali perusahaan menggunakan teknologi baru, coachingsebaiknya dilakukan agar karyawan menguasainya demi meningkatkan kinerja.

5. Ada tugas atau proyek penting di luar kebiasaan. Coaching penting untuk memastikan setiap anggota tim mampu mengerjakan tugas dan proyek selesai tepat waktu dengan hasil memuaskan.


CONSULTING 

Dalam consulting, expert-nya adalah konsultan yang disewa jasanya untuk mendampingi perusahaan. Konsultan ini memiliki pengetahuan mumpuni dalam bidang atau topik yang spesifik, misalnya teknologi informasi, keuangan,manajemen, dan sebagainya. Dia akan memberikan pendapatnya tentang apa yang harus perusahaan lakukan dengan situasi yang mereka alami. Dalam mengerjakan tugasnya, konsultan kadang-kadang ikut bekerja bersama tim internal perusahaan untuk memetakan masalah dan menemukan solusinya.


FUNGSI JASA KONSULTAN

1. Perusahaan perlu pandangan orang luar. Ketika hendak mengambil keputusan penting, kadang-kadang perusahaan butuh pendapat konsultan. Perusahaan biasanya sudah memiliki perspektif sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapi, namun membutuhkan pendapat eksternal sebelum mengambil keputusan. Seringkali hanya untuk memastikan kalau langkah yang akan mereka ambil sudah benar. Mengapa? Karena konsultan dianggap sebagai orang yang sudah sering bekerja dengan berbagai perusahaan berbeda. Konsultan bisa jadi pernah menjumpai masalah yang sama ketika bekerja dengan perusahaan lain. Dengan pengalaman seperti ini, konsultan dapat memberikan gagasan baru dan inovatif yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya oleh perusahaan.

2. Perusahaan perlu tenaga ekstra. Kadang-kadang perusahaan punya proyek penting, tapi tidak memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan fokus pada permasalahan di proyek. Namun mempekerjakan karyawan baru untuk proyek yang hanya sesekali dalam kurun waktu tertentu dapat memberatkan anggaran perusahaan. Dalam kasus seperti ini, konsultan pada dasarnya akan berfungsi sebagai karyawan sementara yang sangat terampil.

3. Perusahaan perlu keahlian khusus. Dengan menyewa jasa perusahaan konsultansi, perusahaan mendapatkan akses ke keahlian khusus, sekelompok profesional yang memiliki keterampilan dan sangat terspesialisasi, yang mungkin tidak tersedia di perusahaan itu sendiri. Biaya sewanya bisa jadi mahal, namun perusahaan mungkin tidak punya cukup pekerjaan untuk membuat karyawan sibuk sepanjang tahun. Berkat konsultan, perusahaan dapat membawa keterampilan konsultan sesuai permintaan saat mereka membutuhkannya.

4. Perusahaan ingin berada di zona aman. Ingat karakter yang diperankan George Clooney dalam film Up in the Air? Clooney memerankan konsultan yang berkeliling Amerika untuk memutuskan hubungan kerja karyawan dengan perusahaan yang menjadi kliennya. Hal-hal seperti PHK sensitif, sehingga perusahaan perlu mengambil keputusan tanpa belitan emosi. Begitu pula ketika mengerjakan proyek-proyek yang kontroversial, jasa konsultan seringkali diperlukan untuk menghindari tekanan politis, misalnya.


MENTORING 

Mentoring bisa dilakukan atasinistiatif perusahaan, maupun individu (karyawan). Ada manajemen perusahaan yang rutin memasangkan karyawan senior tertentu di perusahaan dengan karyawan yang lebih junior untuk memberikan bimbingan karir. Ada juga karyawan yang dengan kesadaran sendiri meminta ijin dan kesediaan seniornya untuk mengajarkan pengetahuan dan pengalamannya di bidang tertentu.


FUNGSI MENTORING 

1. Mentor yang baik akan membantu karyawan mencapai target yang terukur. Tanpa itu, karyawan akan cenderung stagnan atau bahkan mengalami kemunduran.

2. Mentor yang baik tidak akan membuat karyawan puas dan berpuas diri. Mentor hebat selalu memberikan tantangan bagi karyawan bimbingannya. Ini perlu agar karyawan terus bergerak maju dan mencapai kesuksesan baru.

3. Mentor yang baik akan membagi pengalaman pribadinya yang menginspirasi dan memotivasi karyawan bimbingannya. Karyawan juga dapat menggunakan pengalaman sang mentor agar terhindar dari kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu.

Yang mana yang paling dibutuhkan karyawan? Tentu saja ketiganya diperlukan oleh karyawan, untuk membantu meningkatkan kinerja serta karier mereka. Sebuah perusahaan yang baik tentu akan mengusahakan yang terbaik demi kebaikan seluruh karyawannya.

Tentu saja, yang mana yang harus menjadi prioritas, semuanya tergantung kebutuhan perusahaan. Yang perlu diperhatikan adalah memilih provider coaching, consulting, dan mentoring yang bonafid dan dapat dipercaya.

Salah satu provider coaching, consulting, dan mentoring yang dapat diandalkan oleh perusahaan Anda adalah Presenta Edu. Dengan materi pelatihan yang mudah dipahami dan applicable, karyawan Anda akan mendapatkan ilmu yang diperlukan untuk meningkatkan karier mereka, juga memberikan keuntungan untuk perusahaan.


PERBEDAAN ANTARA COACHING DENGAN CONSULTING DAN MENTORING 

1. Coaching

Seorang Coach adalah fasilitator, bukan guru, coach juga seorang motivator yang mendukung tujuan klien. Seorang coach percaya bahwa solusi ada pada setiap orang, jadi seorang coach tidak akan memberikan solusi tertentu tapi mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali sehingga seseorang (coachee) bisa menemukan sendiri solusinya. Coach menjadi cermin, membantu dan memberi saran kepada klien untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan dan menyelesaikan proyek-proyek

Biasanya coaching berbasis hubungan one-on-one di mana coach membantu karyawan untuk fokus dan mencapai tujuannya lebih cepat dari pada karyawan berusaha sendiri. Coach biasanya membantu karyawan dengan menyediakan tools dan hal-hal yang dapat memotivasi dan membantu pencapaian. Ada beberapa kondisi dimana perusahaan mmebutuhkan sebuah coaching diantaranya apabila kinerja karyawan menurun, ada karyawan baru atau karyawan yang mendapatkan promosi jabatan. Menggali dan mengembangkan potensi karyawan agar masa depan mereka menjadi lebih baik. Ketika perusahaan menggunakan teknologi baru, ada tugas atau projek penting diluar tupoksi, maka coaching penting dilakukan untuk memastikan setiap anggota tim mampu mengerjakan tugas dan proyek selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.

2. Consulting

Dalam konsep Consulting pihak yang memberikan masukan/solusi expert-nya adalah konsultan yang disewa jasanya untuk mendampingi perusahaan. Kehadiran mereka dianggap untuk memecahkan suatu masalah tertentu, dalam waktu singkat atau membantu menyelesaikan masalah dalam jangka waktu yang lebih panjang. Selain berdasarkan fakta yang ditemukan (fact-finding) dan penilaian (assessment); memberikan konsep, solusi dan saran membantu meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan.

3. Mentoring

Metode pengembangan diri dimana seseorang akan mengajarkan berbagai tips trik, pengalaman, metode dan cara-cara sukses sesuai dengan pengalamannya. Seorang Mentor adalah orang yang sukses dibidangnya sehingga akan mentransferkan ilmunya kepada kliennya. Mentoring bisa dilakukan atas inistiatif perusahaan, maupun individu (karyawan).