Social Bar

Popunder

Thursday, March 6, 2025

𝙋𝙤𝙧𝙩𝙧𝙚𝙩 𝙫𝙖𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙖𝙖𝙣𝙯𝙞𝙚𝙣𝙡𝙞𝙟𝙠𝙚 𝙢𝙖𝙣 𝙩𝙚 𝙥𝙖𝙖𝙧𝙙 𝙢𝙚𝙩 𝙜𝙚𝙫𝙤𝙡𝙜, 𝙬𝙖𝙖𝙧𝙫𝙖𝙣 éé𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙨𝙞𝙧𝙞𝙝𝙩𝙖𝙨 𝙙𝙧𝙖𝙖𝙜𝙩, 𝙞𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙙𝙤𝙧𝙥 𝙤𝙥 𝘽𝙖𝙡𝙞

𝙋𝙤𝙧𝙩𝙧𝙚𝙩 𝙫𝙖𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙖𝙖𝙣𝙯𝙞𝙚𝙣𝙡𝙞𝙟𝙠𝙚 𝙢𝙖𝙣 𝙩𝙚 𝙥𝙖𝙖𝙧𝙙 𝙢𝙚𝙩 𝙜𝙚𝙫𝙤𝙡𝙜, 𝙬𝙖𝙖𝙧𝙫𝙖𝙣 éé𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙨𝙞𝙧𝙞𝙝𝙩𝙖𝙨 𝙙𝙧𝙖𝙖𝙜𝙩, 𝙞𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙙𝙤𝙧𝙥 𝙤𝙥 𝘽𝙖𝙡𝙞






Foto ini berjudul 𝙋𝙤𝙧𝙩𝙧𝙚𝙩 𝙫𝙖𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙖𝙖𝙣𝙯𝙞𝙚𝙣𝙡𝙞𝙟𝙠𝙚 𝙢𝙖𝙣 𝙩𝙚 𝙥𝙖𝙖𝙧𝙙 𝙢𝙚𝙩 𝙜𝙚𝙫𝙤𝙡𝙜, 𝙬𝙖𝙖𝙧𝙫𝙖𝙣 éé𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙨𝙞𝙧𝙞𝙝𝙩𝙖𝙨 𝙙𝙧𝙖𝙖𝙜𝙩, 𝙞𝙣 𝙚𝙚𝙣 𝙙𝙤𝙧𝙥 𝙤𝙥 𝘽𝙖𝙡𝙞, menampilkan seorang pria terpandang di Bali yang menunggang kuda, didampingi oleh beberapa pengikutnya, salah satunya membawa sirihtas, tas khas untuk menyimpan sirih atau barang keperluan lainnya. Pria tersebut mengenakan pakaian adat dengan hiasan kepala dan memegang tedung (payung tradisional Bali), yang sering menjadi simbol status sosial atau kebangsawanan. Latar belakang foto menunjukkan lingkungan desa dengan rumah beratap alang-alang, mencerminkan suasana pedesaan Bali pada awal abad ke-20. Sumber: Collectie Tropenmuseum, TMnr 60048983, dengan periode pengambilan gambar antara tahun 1910 dan 1920.



SILSILAH KETURUNAN SUNAN KALIJAGA (R. SAID LOKOJOYO)

SILSILAH KETURUNAN SUNAN KALIJAGA (R. SAID LOKOJOYO)




Sunan Kalijaga adalah salah satu dari Wali Songo. Beliau adalah salah satu leluhur trah Kraton Mataram Islam.

Disebutkan didalam serat yang tertulis dalam Babad dijelaskan bahwa silsilah Sunan Kalijaga sbb: 


Arya Teja I , Adipati Tuban menurunkan Arya Teja Laku menjadi punggawa di Kraton Majapahit. Arya Teja Laku (Arya Teja II ) menurunkan:

1. Arya Lembu Sura, Bupati Surabaya

2. Dewi Umuni, menikah dengan Prabhu Brawijaya II bergelar Dewi Panurun


Arya Lembu Sura bupati ing Surabaya, menurunkan putra 6: 

1. Arya Nembé punggawa ing Majapahit, 

2. Arya Lembu Sana bupati ing Surabaya, 

3. Arya Kendhi Wiring punggawa  Majapahit, 

4. Retna Panjawi menikah dengan Prabu Brawijaya III, 

5. Arya Sendhi punggawa ing Majapahit, 

6. Dèwi Surati menikah dengan Panji Suralaya.


Arya Nembé punggawa di Kraton Majapahit, menurunkan putra 2: 

1. Arya Tèja III Adipati di Tuban, 

2. Arya Danu punggawa ing Majapahit.


Arya Tèja III Adipati ing Tuban, puputra 6: 

1. Pangèran Ibrahim ing Garesik, 

2. Rara Johar menikah dengan Sunan Majagung , 

3. Rara Manik menikah dengan Syech Maulana Malik Maghribi menurunkan Raden Kidang Tilangkas atau Ki Ageng Tarub II, Ki Ageng Tarub II menurunkan Dewi Nawangsih

4. Rara Nila kasebut nama Nyai Ageng Manila menikah dengan Sunan Ngampèl Denta menurunkan Ratu Panggung ( Permaisuri Raden Patah, Raja Demak Bintoro )

5. Rara Pakaja menikah dengan Raja Pandhita Ngali Murtala ing Garesik, 

6. Tumenggung Wilwatikta ing Jepara, 


Tumenggung Wilwatikta menurunkan putra 3: 1. Perempuan menikah dengan Arya Timus, bupati Jepara, 

2. Raden Sahid bergelar Sunan Kalijaga, 

3. Radèn Wijil.


Sunan Kalijaga memiliki tiga orang istri, yakni Dewi Sarah, Siti Zaenab ( Putri Sunan Gunung Jati ), dan Siti Hafsah ( Putri Sunan Ampel Denta )


Sunan Kalijaga peputra 8: 

Dari Siti Zaenab :

1. Ratu Pembayun, menikah dengan  Sultan Trenggana, Raja Demak Bintoro 

2. Raden Ayu  Panengah menikah dengan Ki Ageng Ngerang III

3. Susuhunan Adi ing Kalijaga, 

4. Pangèran Samudra 

5. Raden Abdurrahman ( naik haji )


Dari Dewi Sarah :

1. Raden Umar Said (Sunan Muria), 

2. Dewi Rukayah, 

3. Dewi Sofiah.


I. Kanjeng Ratu Pembayun menikah dengan Sultan Trenggana menurunkan : 

1. Ratu Mas Cempaka , menjadi Permaisuri Sultan Hadiwijaya Pajang bergelar Ratu Mas Pajang menurunkan Pangeran Benawa. Pangeran Benawa menurunkan Ratu Mas Hadi. Ratu Mas Hadi menikah dengan Panembahan Hadi Hanyokrowati menurunkan Sultan Agung.


2. Pangeran Timur , Panembahan Madiun ,  Bupati I Kadipaten Madiun menurunkan Retno Dumilah. Retno Dumilah menikah dengan Panembahan Senopati menurunkan Panembahan Juminah. Panembahan Juminah menikah dengan Ratu Mas Hadi ( janda Panembahan Hadi Hanyokrowati menurunkan Pangeran Balitar. Pangeran Balitar menurunkan Kanjeng Ratu Mas Balitar. Kanjeng Ratu Mas Balitar menikah dengan Sunan Pakubuwana I menurunkan Sunan Amangkurat IV.

Sunan Amangkurat IV menurunkan :

1. Pangeran Mangkunagara menurunkan KGPAA Mangkunagara I menjadi Pendiri Puro Mangkunagaran.

2. Pangeran Probosuyoso kelak menjadi Raja Kraton Mataram selanjutnya bergelar Susuhunan Pakubuwana II

3. Pangeran Mangkubumi kelak menjadi pendiri Kraton Yogyakarta dengan gelar Sultan Hamengkubuwono I.


II. Raden Ayu Panengah menikah dengan 

Ki Ageng Ngerang III menurunkan :

1. Ki Pendjawi atau Ki Ageng Pati

2. Nyai Ageng Kemiri ing Pati


Ki Ageng Pati atau Ki Pendjawi menikah dengan putri Nyai Ageng Kemiri ing Pati menurunkan:

1. Kangjeng Ratu Waskita Jawi 

2. Adipati Pragola Pati I


Kangjeng Ratu Waskita Jawi menikah dan menjadi Permaisuri Panembahan Senopati, Raja Mataram I. Berputra Panembahan Hadi   Hanyokrowati ( Raja Mataram II )


Adipati Pragola Pati menurunkan :

1. Adipati Pragola Pati II

2. Raden Londoh ( Pangeran Ronggopati )


III. Susuhunan Adi ing Kalijaga peputra 2: 

1. Ratu Mas  Kadilangu, 

2. Sunan Adi Kadilangu, 


Sunan Adi Kadilangu menurunkan Sunan Kadilangu sèda ing Kanitèn, beliau menurunkan :

Panembahan Kadilangu sèda Kepuh, beliau menurunkan :

Panembahan Natapraja ing Kadilangu, beliau menurunkan putra 2: 

1. Perempuan menikah dengan Panembahan Wijil Kadilangu, 

2. Pangèran Natapraja ing Kadilangu.


Putri perempuan yang menikah dengan Panembahan Wijil ing Kadilangu, puputra 2: 

1. Pangèran Wijil sèda ing Kartasura, 

2. Radèn Ayu Danupaya.


Pangèran Wijil sèda ing Kartasura menurunkan putra bernama Pangèran Wijil Inthik-Inthik,

Pangeran Wijil Inthik Inthik menurunkan putra 2: 

1. Pangèran Wijil kaping IV, 

2. Radèn Kusuma.


Pangèran Wijil kaping IV puputra 5: 

1. Pangèran Wijil kaping V, 

2. Tumenggung Mangkupraja ing Demak, 

3. Radèn Ayu Kaji Sumenep, 

4. Radèn Ayu Kertadipa, 

5. Radèn Wirakusuma.


Pangèran Wijil V menurunkan Pangèran Wijil VI,beliau menurunkan putra Pangèran Wijil VII


Sumber data :

1. Diambil dari Petikan Serat Soejarah karya Pujangga Harttati th 1935.

2. Silsilah Sunan Kalijaga yang ditulis oleh KRMAA Sosronagoro Patih Kraton Surakarta yang tertulis dalam naskah yang tersimpan di Perpustakaan Negeri Berlin, Jerman dengan kode Ms. Or. Fol. 3163

3. Lukisan Sunan Kalijaga yang tertempel di Pendopo Astana Kadilangu.


Al Fatihah

Wednesday, March 5, 2025

SABDA PALON KALEYAN SYEKH SUBAKIR. Prithilan Siji (Miturut Caritå Kitab Musarar)

 SABDA PALON KALEYAN SYEKH SUBAKIR.

Prithilan Siji (Miturut Caritå Kitab Musarar) 





Bilung : "Sadurungé agåmå Islam têkå, pulo Jåwå kuwi tansah obah moyag-mayig lan dadi papan panggonané lêlêmbut, dhêmit, jim, sétan, pêriprayangan ..." 


Gareng : "Mêngko dhisik, Lung .. Yèn awakmu muni kåyå ngono sèkêt warså kapungkur, bokmênåwå akèh kang pådhå prêcåyå. Sênajan yêktiné sapèrangan wong Jåwå yå wis wêruh lamun kanyatané ora kåyå mangkånå, nanging nêmbé saiki kawiyak byak kasêbar byar, amêrgå kamajoné tèknologi intêrnèt." 


Petruk : "Mulå tå, mulå ... dadi wong Jåwå åjå lali jawané, åjå nilar kabudayané, åjå nglirwå sujarahé malah nggatèkné sujarah sêgårå wêdi!" 


Bagong : "Kono gèk nggêlarå klåså, cawisnå kopi irêng, pacitan, lan ududé, .. bèn diwêjang rajang nganti wijang, .. karo kang Gareng." 


Bilung : "Dakkirå kowé sing arêp mêdhar, Gooong." 


Bagong : "Aku bagèyan ngrahabi karo ngêgongi waé ..." 


________________________________


Saturut caritå kang kamot ing "Kitab Musarar", Sultan Al Ghabah utåwå Sultan Muhammad I, maréntah ing warså 1413 – 1421 M, minångkå panguwåså nagari Ngêrum, sêbutan kanggo Turki Utsmani, pikantuk pawartå såkå grami (pedagang) Gujarat (India) lamun ing nuså Jåwå ijih arang-arang dipanggoni manungså lan durung ånå kang ngrasuk agåmå Islam. Dicaritakaké lamun nalikå sêmånå nuså Jåwå kuwi papan panggonan kang wingit lan dadi padunungané pårå dhêmit, jim, sétan, pêriprayangan, lan bangsané lêlêmbut liyané. 


Sultan Ngêrum banjur ngutus uwong såkå Arab, Persia, lan Yaman, (malah ånå sing nyêbut ugå såkå Cina) cacahé 4.000 mênyang tanah Jåwå, kajåbå kanggo ngisèni nuså Jåwå ugå nyêbaraké agåmå Islam. Nalikå Sultan Ngêrum pikantuk pawartå lamun 4.000 wong sing dikirim mau pådhå tumpês tapis sirnå musnå dipangan dhêmit, banjur ngutus manèh cacah 2.000 wong. Nanging nalikå wis têkan ing nuså Jåwå sawêtårå wêktu mung kari 200 wong amargå pådhå mati kênå lêlarå, pagêblug, ugå dipangan dhêmit. 


Ing warså 1404 M utåwå 808 H, Sang Sultan banjur andhawuhi sångå ulåmå pinilih amrih têdhak mênyang nuså Jåwå, saprêlu nyirnakaké pårå dhêdhêmit lan nggiyaraké agåmå Islam. Sangang ulåmå kuwi banjur kawêntar sinêbut Wali Sangha utåwå Wali Sångå, amargå lamun ånå kang sèdå utåwå lèngsèr bakal digênti karo ulåmå liyané, satêmah gunggungé têtêp sangang uwong. Sangang ulåmå kawitan kuwi yå iku : 


1. Maulana Malik Ibrahim, såkå Turki ahli tåtå nêgårå, katêlah Sunan Grêsik, sèdå ing warså 1419 M. 


2. Maulana Ishaq, såkå Samarkan (cêdhak Bukhoro, Rusia Selatan), ahli pangusadan. 


3. Maulana Ahmad Jamadil Kubro, såkå Mesir. Sèdå ing warså 1465 M, makamé ånå ing Troloyo, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.


4. Maulana Muhammad Al-Maghrobi, såkå Maghrib Maroko. Makamé ing Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.


5. Maulana Malik Isro’il, såkå Turki, ahli tåtå negara. Sèdå ing warså 1435 M. Makamé ing Gunung Santri, Cilegon, Jawa Barat.


6. Maulana Muhammad Ali Akbar, såkå Persia. Ahli pangusadan, sèdå ing warså 1435 M. Makamé ing Gunung Santri, Cilegon.


7. Maulana Hasanuddin, såkå Palestina. Sèdå ing warså 1462 M. Makamé ing sisihé masjid Banten Lawas.


8. Maulana Aliyudin, såkå Palestina. 


9. Syekh Tambuh Aly bin Syekh Baqir, utåwå Syekh Muhammad Al Baqir, ing tanah Jåwå kasêbut Syekh Subakir, wong Persia såkå propinsi Lorestan. Persia saiki katêlah Iran. 


Syekh Subakir kacaritaké ahli numbali lêmah sangar ugå nduwèni kaluwihan babagan usådå, olah tani, ngupakårå råjåkåyå, rukyah. Sawisé rampung pakaryané ing tanah Jåwå banjur bali mênyang Persia. 

.


Sawisé têkan ing nuså Jåwå pårå ulåmå Wali Sangha kuwi banjur andum gawéyan. Maulana Malik Isro’il, Maulana Muhammad Ali Akbar, Maulana Hasanuddin dan Maulana Aliyuddin, ngayahi jêjibahan ing tlatah Jawa Barat. Wondéné Maulana Malik Ibrahim, Maulana Ishaq, Maulana Ahmad Jamadil Kubro dan Maulana Muhammad Al-Maghrobi ing tlatah Jawa Timur. Samantårå Syekh Subakir nglanglang nuså Jåwå nêdyå numbali papan wingit, ngrukyah alas angkêr. 


Lumakuné Syekh Subakir têkan alas singup gung liwang-liwung ing gunung Tidar kang kawêntar papan gawat kaliwat-liwat, wingit kêpati-pati saantéroné nuså Jåwå, minångkå karatoné pårå dhêdhêmit. 


Mulå katêlah gunung "Tidar" amargå kadadèyan såkå têmbung "mati" lan "modar", minangkå pratandhå jålmå kang mårå bakal pralåyå, sato kang mlêbu bakal layu, pêksi kang mibêr ngungkuli pêsthi ngêmasi. Ing saênggon-ênggon ånå swårå datanpå rupå, ånå wujud cat katon cat musnå, pating cêkikik gumuyuné bocah, lirih ngrêngik sabawané wanitå, lamun adoh kapyarså sorå, cinakêti ilang sanalikå. 


Nuså Jåwå kang nalikå sêmånå tansah obah moyag-mayig mangiwå manêngên banjur dipêndhêmi watu mawi "Rajah Kålåcakrå" ing pucaké rêdi Tidar kang sanalikå agawé horêg prakêmpå nanging lon-lonan nuså Jåwå antêng mênêng ing papané. Rajah Kålåcåkrå andayani håwå panas mbrangas tumrapé pårå lêlêmbut kang manggon ing gunung Tidar, sanalikå mubal sumêbar dhêmit, jim, sétan, pêriprayangan, ilu-ilu, banaspati, jrangkong, pocong, jrambangan, wéwébang, wéwé putih, gêndruwo, mêmêdhi, samyå mlayu nggêndring sipat kuping ngungsi mênyang gunung Mêrapi, gunung Srandil, Alas Roban, ugå Sêgårå Kidul. 


Håwå bêntèré gårå-gårå agawé pangarså bangsané lêlêmbut jumêdhul mawujud satatané manungså, yå iku kang sinêbut Eyang Ismaya Jati, Sabda Palon, Semar Badranaya, Bathårå Ismaya, Jurudyah Punta Prasanta, ugå Dang Hyang Pamomong Tanah Jåwå. 


Sawisé têpang-tinêpangan lan Syekh Subakir ngaturaké åpå kang dadi sêdyané, Sabda Palon nulak kanthi sêngol. Sulayané rêmbug banjur dadi prang tandhing adu ilmu abên kasêktèn sasuwéné patang puluh dinå patang puluh wêngi. Amargå ngrumangsani yèn satimbang ora kadênangan såpå kang luwih unggul, banjur Sabda Palon nari rêrêmbugan lan sanalikå ditåmpå kanthi gambirå dèning Syekh Subakir. 


Pêpunthoné Sabdå Palon nyarujuki sêdyané Syekh Subakir lan nggawé panêtêpan : 

- Ngidini pårå ulåmå dakwah nggiyaraké agåmå Islam ing nuså Jåwå. 

- Kawulå nuså Jåwå ugå dililani ngrasuk agåmå Islam nanging sarånå sukå-lilå ora amargå dipêkså. 

- Pårå Ratu ing nuså Jåwå diastå dèning kang ngrasuk agåmå Islam. 

- Kawulå nuså Jåwå têtêp nguri-uri adat padatan tilarané pårå lêluhur kang salaras karo ajaran Islam. 

- Lamun ånå pambudidåyå mêkså kawulå nuså Jåwå amrih ngrasuk agåmå Islam utåwå tumindak pårå pangarså Islam kang nalisir såkå prajanjèn, limang-atus warså manèh Sabda Palon bakal mangèjawantah mundhut tanah Jåwå sartå ambalékaké kawulå nuså Jåwå marang "Ajaran Budhi". 


Syekh Subakir nyarujuki panêtêpané Sabda Palon, lan banjur mêndhêm tumbaké aran "Kyai Sepanjang" kang dadi sanjåtå prang tandhing lumawan Sabda Palon minångkå sarånå ngrukyah nuså Jåwå. Tumbak kuwi dawané pitung mètèr, têmbung 'pitu' atêgês "pitulungan" minångkå pratandhå pitulungan såkå Syekh Subakir marang nuså Jåwå. 


Sinigêg kang cinaritå, gêntyå ngrajang wijang kanang suråså. 


Cathêtan. 

Wosing sêratan kacariyosakên dèning Råmå Dwijå nalikå sêmantên kaimbuhan pêthilan saking sêratan lan pidiyo ing ratmåyå. 

.. 


Rahayu sagung dumadi. 


Saking upload Facebook : Yoga Hart, Surabaya, Juli 2024. 

https://www.facebook.com/groups/177472633491/permalink/10162994368473492/


Kerajaan Sriwijaya Diserang Kerajaan Cola Dari India Selatan (abad 11 M)

Kerajaan Sriwijaya Diserang Kerajaan Cola Dari India Selatan (abad 11 M)




Memasuki pertengahan abad ke 11 M, Sriwijaya diserang oleh Kerajaan Cola dari India Selatan, sehingga sriwijaya kalah dan rajanya ditangkap.


Kerajaan sriwijaya yang telah dijajah oleh cola, lalu situasi dan kondisi tersebut dimanfaatkan oleh suatu kelompok permukiman melayu untuk bangkit.


Kemungkinan, suatu kelompok permukiman Melayu ini adalah sisa-sisa pelarian dari Kerajaan Melayu yang telah dikalahkan oleh Sriwijaya pada zaman dahulu.


Hingga akhirnya pada abad ke 11 Chanpi (atau Jambi) bangkit kembali dari penjajahan Sriwijaya, sehingga Chanpi dapat dikuasai oleh Melayu.


Selanjutnya pengiriman utusan dari Jambi ke China terjadi pada tahun 1079 M, 1082 M, 1084 M, 1090 M, dan 1094 M.


Pengiriman tersebut bermaksud untuk mendapatkan pengakuan dari China atas kekuasan Kerajaan Melayu kembali.


Sampai akhirnya pada tahun 1156 - 1178 M pengakuan dari china muncul.


Keterangan di atas mungkin dapat dikaitkan dengan Gong Perunggu, yaitu artefak yang ditemukan di Candi Muaro Jambi, lebih tepatnya di Candi Kembarbatu.


Temuan tersebut memiliki Prasasti yang ditulis dengan Bahasa dan Aksara China, dengan angka tahun 1231 Masehi.


Merupakan pengakuan kedaulatan Jambi dari pejabat tinggi di China pada masa Dinasti Sung.


Selain itu, di kawasan Candi Muaro Jambi dan DAS Batanghari juga banyak ditemukan keramik - keramik dari masa Dinasti Sung.


Menurut J.G. de Casparis, Sriwijaya dengan Melayu merupakan dua nama kerajaan yang berbeda.


Sebelum Kerajaan Melayu merdeka dari Kerajaan Sriwijaya, sebenarnya eksistensi Kerajaan Melayu ini sudah terjadi sebelum tahun 680 M, sementara eksistensi Kerajaan Sriwijaya ini baru dimulai sesudah (atau setelah) tahun 680 M sampai pertengahan atau akhir abad ke 11 M.


Dapat disimpulkan :


Setelah Sriwijaya telah dikalahkan oleh Cola, lalu Melayu dapat bangkit kembali dan berkuasa dari abad ke 11 M sampai sekitar tahun 1400 M.


Catatan :


Pada tahun 672 Masehi, I-tsing seorang pendeta china melakukan perjalanan dari China ke India.


Ketika dalam perjalanan, I-tsing bersinggah di Sriwijaya selama enam bulan.


Kemudian ia berlayar menuju Melayu (Mo-lo-you) dan tinggal di sana.


Setelah 2 bulan di Melayu, ia melanjutkan perjalanannya ke India.


Pada tahun 685 dalam perjalanan I-tsing untuk pulang kembali dari India ke China, ia kembali berkunjung ke Melayu yang ternyata saat itu Melayu telah menjadi bagian Sriwijaya.


Keterangan dari i-tsing di atas dapat disimpulkan bahwa sekitar 685 Sriwijaya telah menakhlukkan Melayu.


Sejak saat itu dalam waktu yang lama berita China tidak lagi menyebutkan nama Melayu.


Kemudian menurut  N.J. Krom, Prasasti Karang Brahi tahun 686 Masehi, menjadi indikasi atas penakhlukkan Melayu oleh Sriwijaya (Krom, 1931: 117).


Penakhlukkan yang dimaksud menghasilkan hubungan antara atasan (sriwijaya) terhadap bawahan (melayu) yang melayu memberikan upeti kepada sriwijaya sesuai dengan kebutuhan sriwijaya yang memerlukan pendapatan dari pajak dan upeti (Uka Tj. Sasmita, 1992 : 315).



Kisah Minuman Keras Jenever dari Belanda

Kisah Minuman Keras Jenever dari Belanda 




Jenever, genever, atau disebut juga dengan gin, adalah minuman keras beraroma juniper, pohon yang tumbuh subur di Belanda. Sepanjang sejarahnya, Belanda telah berhasil memopulerkannya di hampir seluruh wilayah jajahannya. Awalnya, minuman beralkohol Belanda diproduksi dengan cara menyuling anggur malt (moutwijn dalam bahasa Belanda) hingga kadar volume alkoholnya mencapai 50 persen. Namun, rasanya dianggap tidak enak karena kurangnya teknik penyulingan. Maka, rempah ditambahkan untuk menutupi rasanya. Rempah itu adalah juniper yang dikenal memiliki khasiat sebagai obat. Atas alasan itulah "jenever" menjadi tengara namanya.


"Minuman beralkohol jenever yang terkenal memiliki sejarah panjang yang juga erat kaitannya dengan masa lalu kolonial Belanda," tulis dewan redaksi Historiek dalam artikel De rol van drank in de Nederlandse koloniale geschiedenis, terbitan 7 November 2024.


Jenever yang pernah dipandang sebagai simbol keahlian dan kekhasan Belanda itu menjadi produk ekspor bernilai, memainkan peran penting dalam aktivitas Belanda di luar negeri. Ketika Belanda memperluas pengaruhnya, gin sering kali mengikuti sampai ke Hindia. Dalam kurun sejarah, menunjukkan bagaimana jenever digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan budak, bagaimana jenever memasok tentara kolonial dan bagaimana minuman menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Hindia.


Bahkan, adagium dari redaksi Historiek paling ekstrem menyebut: "perdagangan gin sejatinya mengungkap 'hubungan antara industri alkohol dan penindasan kolonial'."


Schiedam yang merupakan sebuah kota di Belanda, menjadi pusat penting produksi jenever pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas. Minuman ini dibawa oleh para kolonialis ke tanah jajahan mereka, paling banyak tersebar di Hindia Belanda dan Suriname. Ketika gin sampai ke Hindia, ia dicampur dengan kina yang merupakan komoditas rempah terbesar sejak era VOC. Hingga abad kedua puluh, "gin merupakan satu-satunya pengobatan yang efektif untuk malaria, dilarutkan dan diminum dalam air tonik," tulis Lisa Lim.


Lisa Lim menulisnya kepada South China Morning Post dalam artikelnya bertajuk The story of gin, from its Dutch roots via London Gin to the gin and tonic, invented in British India to mask the bitter taste of anti-malaria medicine, terbitan 13 Juni 2023. Dampaknya pun menjamur hingga ke berbagai lapisan dan kalangan, tak terkecuali para perwira militer. Lisa meneruskan bahwa untuk menutupi rasa pahit gin, perwira militer pada abad ke-19 akan menambahkan air, gula, jeruk nipis, dan gin.


Menurut Kasijanto Sastrodinomo dalam artikelnya yang diterbitkan Humas Universitas Indonesia pada 18 Maret 2006, menyebut bahwa "konsumsi minuman keras telah meluas di kalangan masyarakat."


Di Batavia, misalnya, pembuatan, penjualan, dan penggunaan minuman jenis itu sudah sampai pada taraf mengkhawatirkan. Kawasan Senen disebut-sebut sebagai tempat jual-beli minuman beralkohol secara ilegal. Kasijanto juga meneruskan, "demikian juga lokalisasi pelacuran (broedplat-sen) tidak salah lagi menjadi ajang hura-hura yang meruapkan bau alkohol." Tidak melulu gin, masyarakat juga mengenal minum keras lokal eperti arak atau ciu.


Dalam beberapa catatan kolonial di kawasan Subang, kesenian tari ronggeng sebagai media hiburan rakyat menjadi semakin kelam ketika mereka mulai mengenal dan mengonsumsi gin yang memabukkan. Alhasil, dilakukan operasi pemberantasan minuman keras yang digelar dalam lima tahun sejak tahun 1920 hingga 1925. Operasi itu melibatkan pamong setempat, seperti lurah, camat, bahkan wedana, dan telik sandi penduduk desa. Para telik sandi dari kalangan masyarakat desa diberi iming-iming hadiah uang apabila berhasil memberikan informasi mengenai keberadaan pembuat arak atau minuman keras lain kepada polisi.


Menariknya, alih-alih pemberantasan minuman keras dilakukan oleh sejumlah pejabat, mulai dari lurah, wedana, hingga residen, para ”oknum” pejabat Belanda malah mendukung bisnis impor brendi dan jenever. Jenever bergentayangan di Hindia, menjadi minuman umum yang dikonsumsi para pejabat hingga militer Belanda. Para budak diperjual-belikan, dan di antaranya ada jenever sebagai alat tukar perbudakan yang berlaku.


Salah satu makanan khas Belanda yang beredar di Hindia adalah hutspot. Makanan ini juga biasa dihidangkan dengan wortel, buncis, kentang dan bawang bombay. Akan lebih nikmat lagi jika dicampur dengan gin. Lisa Kuitert menulis jurnal dalam Routledge Studies in Cultural History bertajuk Gatekeeping the News: Press Reports in the Koloniaal Tijdschrift Concerning the Dutch East Indies yang terbit pada 2024, tentang jenever dari catatan Walbeehm.


Walbeehm, seorang indolog yang menulis historiografinya tentang permasalahan alkohol yang beredar di Hindia Belanda. Menariknya, publikasinya itu diterbitkan menggunakan bahasa Jawa.  Berdasarkan statistik impor mengenai alkohol, dan khususnya jenever, Walbeehm menemukan bahwa semakin banyak alkohol yang dikonsumsi di Hindia Belanda. Ia menyebut bahwa alkohol pada permulaannya tidak pernah cocok dengan kondisi masyarakat Hindia. 


Setidaknya, pelarangan alkohol terhadap penduduk asli seharusnya lebih mudah diterapkan karena alasan penduduknya yang mayoritas beragama Islam, tidak mengonsumsi minuman beralkohol.  Namun, pada kenyataannya, impor jenever dari Belanda tetap tidak terbendung. Terlebih, selain kehadiran orang-orang Eropa di Hindia, banyak juga etnik Tionghoa yang terbiasa mengonsumsi minuman keras. Standar ganda menjadi hal yang pada akhirnya terjadi.


Sampai hari ini, kisah tentang jenever di tanah koloni Belanda tersimpan rapi dalam Museum Jenever Schiedam. Artefak sejarah yang menyiratkan budaya dan industri minuman keras yang lekat dengan maraknya perbudakan.



Percintaan Gelap Residen Belanda dengan Putri Keraton Yogyakarta Bikin Pangeran Diponegoro Marah Besar

 Percintaan Gelap Residen Belanda dengan Putri Keraton Yogyakarta Bikin Pangeran Diponegoro Marah Besar 




Perang Jawa antara Pangeran Diponegoro dengan Belanda berawal dari Keraton Yogyakarta yang kehilangan taringnya. Saat itu memang Residen Belanda baru saja beralih jabatan dari Baron Van Salis ke Antonie Hendrik Smissaert, pada 1823. Residen baru itu disebutkan memiliki gaya hidup mewah dan suka berfoya-foya. Ia lebih sering berada di vilanya di tengah-tengah perkebunannya di Bedoyo daripada di lojinya. Bahkan, Smissaert juga memiliki rasa benci mendalam ke Pangeran Diponegoro, yang tidak diketahui alasannya. Ketiadaan pemimpin di Keraton Yogyakarta memperparah ulah Residen Smissaert.


Ia kerap bertindak sesukanya ke pejabat kesultanan. Mereka tidak lagi menghormati adat istiadat Jawa. Pada rapat-rapat resmi yang diadakan pada Senin dan Rabu, residen selalu duduk di kursi atau mahligai tempat raja duduk, yang disediakan untuk Sultan, yang oleh sementara bangsawan dinilai sebagai pencemaran atas kekuatan gaibnya. Dikutip dari buku "Sejarah Nasional Indonesia IV: Kemunculan Penjajahan di Indonesia" tingkat pejabat Belanda juga diperparah mudahnya memasuki area keraton, termasuk mengadakan hubungan gelap dengan beberapa putri keraton membuat Diponegoro prihatin. 


Selain masalah moral, konflik pribadi antara Diponegoro dengan Smissaert semakin tajam, sesudah terjadi peristiwa saling mempermalukan di depan umum dalam suatu pesta di kediaman residen atau loji. Saat itu, Diponegoro terang-terangan menentang Smissaert. Pada suatu hari Smissaert dan Danurejo memerintahkan memasang anjir atau tiang pancang sebagai tanda akan dibuatnya jalan baru, yang sengaja melintasi tanah milik Diponegoro di Tegalrejo. Diponegoro memerintahkan anak buahnya untuk mencabuti pancang-pancang tersebut.


Bahkan Pangeran Diponegoro langsung mengeluarkan catatan, dan mencatat peristiwa ini berbunyi "sesudah salat asar saya keluar rumah melihat ada gerombolan orang. Saya bertanya kepada seorang pembantu saya Ki Soban namanya. Soban apa yang terjadi kok banyak orang bergerombol? Orang dari luar Gusti utusan Patih akan membuat jalan. Saya panggil pembantu yang lain Mangunharjo. Apa yang terjadi Mangunharjo? Kenapa tidak memberi tahu saya? Cabut semua pancang itu! Residen mendapat laporan bahwa pancang-pancang itu dicabut oleh pengikut Diponegoro.


Lalu, Danurejo memerintahkan untuk memasang kembali pancang-pancang, dengan dikawal oleh pasukan Macanan, pasukan pengawal Kepatihan. Sebaliknya, pengikut Diponegoro membalas mencabuti pancang-pancang yang baru ditanam. Oleh pengikut Diponegoro pancang tersebut diganti dengan tombak - tombak mereka. Insiden pancang ini membuat konflik antara Smissaert - Danurejo, dengan Pangeran Diponegoro kian tinggi hingga melibatkan kekuatan bersenjata.


Seorang mantan Gubernur Bank Sentral China atau Bank of China, Liu Liange dijatuhi hukuman eskekusi mati karena korupsi. Liu terbukti menerima uang suap senilai USD17 juta (Rp269 miliar) dan menyalahgunakan wewenangnya dengan menerbitkan pinjaman ilegal.

Seorang mantan Gubernur Bank Sentral China atau Bank of China, Liu Liange dijatuhi hukuman eskekusi mati karena korupsi. Liu terbukti menerima uang suap senilai USD17 juta (Rp269 miliar) dan menyalahgunakan wewenangnya dengan menerbitkan pinjaman ilegal.




Dalam bunyi putusan pengadilan di Kota Jinan, Provinsi Shandong, China Timur, Liu kehilangan hak politiknya seumur hidup dan semua harta pribadinya disita. Seluruh keuntungan illegalnya harus dikembalikan dan diserahkan ke kas negara.


Liu telah menjabat selama 4 tahun dan sebelum otoritas mengumumkan kasusnya ia mengundurkan diri. Liu mendapat penangguhan hukuman 2 tahun.


Ekeskusi itu akan dilakukan jika Liu melakukan kejahatan kembali atau akan dipenjara seumur hidup. Kantor berita Xinhua menyampaikan bahwa hukuman berat yang menjerat Liu menggambarkan ketatnya otoritas Beijing memberantas korupsi.


Mencermati maraknya 'korupsi' di tanah air, rasa-rasanya Indonesia perlu introspeksi diri. Ada masalah apa sehingga korupsi tak kunjung berakhir. Apakah korupsi merupakan budaya yang susah hilang dan akan diwariskan kepada anak cucu generasi penerus bangsa ini? tentu saja tidak.


Indonesia bisa saja belajar dari negara lain seperti China. Negara ini sangat berani menjerat para koruptor tanpa pandang buluh, suatu kondisi yang berbanding terbalik di Indonesia.


Bagi China korupsi adalah musuh negara yang harus diberantas hingga ke akar-akarnya. Budaya pemberantasn korupsi memang sudah dimulai lama bahkan sebelum merdeka. Setiap rezim pemerintahan selalu memandang korupsi sebagai isu strategis yang harus dijalankan secara sistematis dan total.


Selengkapnya di: CNN Indonesia


#makassarinfoku #sahabatinformasiharianmu



Siapakah ayahandanya B.R.M. Suryo Guritno alias S.I.S.K. Susuhunan Pakubuwono XII ?

Siapakah ayahandanya B.R.M. Suryo Guritno alias S.I.S.K. Susuhunan Pakubuwono XII ?




Berikut keterangannya sebagai berikut :

Beliau adalah Sampeyandalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Susuhunan Pakubuwono XI, putra ke-4 laki2 tertua S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono X.


Ibundanya S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XI bernama Raden Ayu Mandoyoretno, priyantundalem (istri selir) S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono X.

R.Ayu Mandoyoretno adalah putri dari R.M.Panji Sumotaruno.

R.M.P.Sumotaruno adalah putra dari R.M.Hario Sumowinoto.

R.M.H.Sumowinoto adalah putra dari K.G.P.H.Mangkubumi.

K.G.P.H.Mangkubumi adalah putrodalem S.I.S.K. Susuhunan Pakubuwono III.


Dilahirkan pada Senin Kliwon 25 Rabingulakir 1815 Jawa atau 1 Februari 1886 Masehi dgn nama : Gusti Raden Mas Ontoseno.

Diangkat menjadi Pangeran dgn nama : Kangjeng Gusti Pangeran Hario  Hangabehi.

Beliau naik tahta menjadi S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XI pada Rabu Legi 7 Mulud 1878 Jawa atau  26 April 1939 Masehi.

Para penguasa trah Mataram yg hadir di acara tersebut a.l : K.G.P.A.A.Mangkunagoro VII & K.G.P.A.A.Pakualam VIII.

Sedangkan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII berhalangan hadir karena jatuh sakit & wafat pada 24 Oktober 1939.


S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XI memiliki 2 istri :

1.G.K.R.Kencono

2.G.K R.Pakubuwono

Dan 2 selir :

1.R.Ayu Dayaningsih

2.R.Ayu Dayaasmoro


Kisah bermula dari G.K.R.Kencono (blum saya ketahui nama lahirnya) adalah garwo (istri) pertama S.I.S.K.S.Pakubuwono XI yg wafat di usia muda pada 1910 di saat sang suami masih bergelar sebagai K.G.P.H.Hangabehi & meninggalkan 4 anak yg diantaranya adalah yg kelak bergelar sebagai K.G.P.H.Mangkubumi. 

G.K.R.Kencono adalah putri dari Patih Kasunanan : K.R.Adipati Sosrodiningrat IV.

Sepeninggal sang istri pertama tersebut, K.G.P.H Hangabehi sempat menduda selama 10 th. Selang 10 th kemudian, beliau kemudian menikahi K.R.Ayu.Koespariyah, putri dari K.R.M.T.Poespodiningrat & cucu dari Patih K.R.A.Sosrodiningrat IV.


Di saat kenaikan tahta K.G.P.H.Hangabehi menjadi Raja Kerajaan Kasunanan Surakarta pada 26 April 1939, K.R.Ayu Koespariyah sekaligus diangkat menjadi permaisuri & menerima anugerah gelar & nama sebagai : G.K.Ratu Pakubuwono XI alias Ibu Ageng.

Dari pernikahan dgn Ibu Ageng ini, beliau berketurunan 2 orang, yaitu : 

1.K.G.P.H.Purboyo alias B.R.M.Suryo Guritno

2.G.K.R.Kedhaton alias B.R.Ajeng Koes Sapariyam alias Putri Tineke.


S.I S K.Susuhunan Pakubuwono XI memerintah Kerajaan Kasunanan Surakarta dari tahun 1939 hingga 1945. Beliau memerintah pada masa yg sulit, karena bertepatan dgn Perang Dunia II, juga beliau mengalami pergantian pemerintahan penjajahan dari Belanda kepada Jepang pada 1942. Pada masa pendudukan Jepang terjadi inflasi yg mengakibatkan perekonomian Kraton goyah. Jepang juga merampas sebagian besar kekayaan & aset Kraton Surakarta. Kondisi Kraton yg semakin menurun, sangat mempengaruhi pemikiran Susuhunan Pakubuwono XI sebagai penguasa Kasunanan Surakarta waktu itu hingga berakibat memperburuk kondisi Susuhunan Pakubuwono XI yg dampaknya mengakibatkan beliau sakit & wafat pada Sabtu Kliwon 21 Jumadilakir 1876 Jawa atau 1 Juni 1945. 

Pada 2 Juni 1945 jenazah dimakamkan di Astana Girimulyo Pajimatan Imogiri Yogyakarta.


Di saat S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XI wafat pada 1 Juni 1945, tepat di hari kelahiran Pancasila, beliau meninggalkan 2 calon penerus tahta, yaitu : 

1.K.G.P.H.Mangkubumi  

2.K.G.P.H.Purboyo

Keadaan ini kemudian diikuti dg munculnya berbagai perdebatan. Sepuluh hari kemudian, tepatnya pada 11 Juni 1945, diputuskanlah untuk mengangkat K.G.P.H.Purboyo menjadi S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XII. Sebagai alasan pengukuhan tersebut adalah sbb :

1.K.G.P.H.Mangkubumi adalah putra sulung Susuhunan Pakubuwono XI yg lahir dari istri pertama di saat beliau masih bergelar sebagai Pangeran Hangabehi, sedangkan K.G.P.H.Purboyo adalah putra sulung Susuhunan Pakubuwono XI yg lahir dari permaisuri beliau : G.K.Ratu Pakubuwono XI.

2.K.G.P.H.Purboyo adalah gelar untuk seorang calon raja, sedangkan K.G.P.H. Mangkubumi bukan gelar untuk calon raja & pada saat itu tidak ada Pangeran bergelar Mangkubumi yg diangkat menjadi raja.

3.K.G.P.H.Purboyo di saat pemakaman ayahandanya, tidak terlihat hadir. Biasanya Pangeran yg tidak terlihat hadir di acara itu, maka dialah yg "ketiban wahyu keprabon".


Para putra-putridalem Susuhunan Pakubuwono XI :

1. Dari G.K.R. Kencono berputra :

1.1.K.G.P.H.Mangkubumi (B.R.M. Saliman)

1.2 G.K.R.Ayu

1.3 G.K.R.Bendoro

1.4 G.K.R.Condro Kirono


2. Dari G.K.R.Pakubuwono XI berputra :

2.1.B.R.M.Suryo Guritno (S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XII)

2.2.G.K.R.Kedaton (Putri Tineke)


3.Dari priyantundalem (istri selir) R.Ayu Dayaningsih berputra :

3.1.K.G.P.H.Prabuwijoyo (B.R.M.Suryo Lelono)

3.2.K.G.P.H.Hangabehi (B.R.M. Danurwindo)

3.3.G.R.Ayu Kusumo Dartoyo


4.Dari priyantundalem (istri selir) R.Ayu Dayaasmoro berputra :

1.1.G.P.H.Notopuro (B.R.M.Suryo Suksoro)

1.2.G P.H.Bintoro (B.R.M. Suryo Darmojo )


Sedangkan S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XII ketika menjalankan pemerintahan sering didampingi oleh Ibu Ageng dikarenakan usianya masih sangat muda ketika naik tahta.

Ibu Ageng banyak memberi masukan pada  pemerintahan S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XII.

Di masa beliau bertahta, beliau juga berkenan untuk menganugerahkan gelar "post mortem" (penganugerahan gelar kepada seseorang sesudah yg bersangkutan meninggal) kepada istri pertama S.I.S.K.Susuhunan Pakubuwono XI sebagai : Gusti Kangjeng Ratu Kencono.



Berikut dokumentasi nya :











Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Sejenak Pagi.


Bulan Romadhon adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia. 

Membaca dan memahami Al-Qur’an di bulan yang penuh berkah ini memiliki keutamaan yang luar biasa. 


Oleh karena itu, Romadhan menjadi waktu terbaik untuk lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur’an dengan membacanya, mentadabburinya, serta mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.


*Dalil tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an*


Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an :


*"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)."*

(Surat Al-Baqarah (2) ayat 185)


Rasululloh ﷺ juga bersabda :


*"Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat."*

(HR. Tirmidzi)


Hadis ini menunjukkan bahwa membaca Al-Qur’an memberikan pahala yang sangat besar, terlebih lagi jika dilakukan di bulan Ramadhan.


*Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan*


✅Dilipatgandakan Pahalanya.


Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan, sehingga setiap amal kebaikan yang dilakukan, termasuk membaca Al-Qur’an, akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.


✅Menjadi Syafaat di

      Hari Kiamat.


Rasululloh ﷺ bersabda :

*"Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya"*

(HR. Muslim)


✅Menentramkan Hati. 


     Al-Qur’an adalah

     sumber ketenangan

     bagi jiwa. Allah Ta’ala

     berfirman :


*"Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram"*

(Surat Ar-Ra’d (13) ayat 28)


✅Menjadi Orang yang

     Terbaik.


Rasululloh ﷺ bersabda :

*"Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya."*

(HR. Bukhari)


*Tips Memaksimalkan Bacaan Al-Qur’an di Bulan Romadhon*


✅Membuat Target

      Khatam. 


     Agar bisa khatam

     dalam sebulan, kita

     bisa membaca 1 juz

     per hari.


✅Membaca dengan

     Tadabbur (Memahami

     Maknanya). 


     Bukan hanya

     membaca, tetapi juga

     memahami isi

     kandungan Al-Qur’an.


✅Mengamalkan Isi

     Al-Qur’an. 


     Al-Qur’an adalah

     petunjuk hidup, maka

     kita harus berusaha

     mengamalkan isinya

     dalam kehidupan

     sehari-hari.


✅Membaca Al-Qur’an

     dengan Tartil. 


     Membaca dengan

     perlahan, sesuai

     dengan kaidah tajwid,

     agar lebih meresap ke

     dalam hati.

 

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan, baik dari segi pahala maupun manfaat bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, mari perbanyak membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an agar kita mendapatkan keberkahan serta pertolongan dari Allah Ta’ala.


Semoga kita semua diberikan kemudahan dan istiqamah dalam membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini.


*_Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad, Wa 'ala Aali Sayyidina Muhammad_*


Wallahu A'lam Bisshawab.


Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).


Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu dengan cahaya wajah-Mu yang langit dan bumi bercahaya karena-Nya agar Engkau menjadikan aku dalam pemeliharaan-Mu, pengawasan-Mu, dan di bawah penjagaan-Mu.


*Robbana Taqobbal Minna*


Ya Allah terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin.



Sabar

Sabar




Sabar diartikan sebagai tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, dan tidak lekas putus asa. 


Sabar juga berarti tenang dan dapat mengendalikan emosi dan diri saat diterpa banyak godaan dan ujian.


Keutamaan dan janji ALLAH untuk orang yang sabar banyak terdapat di dalam Al-Qur'an.


1. Kesudahan Yang Baik


ALLAH Subhanahu wa Ta'ala menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan. Janji ALLAH ini terdapat dalam surah Hud ayat 49 dan Ar-ra’d ayat 22.


“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),” surah Ar-Ra’d ayat 22.


2. Keberuntungan


ALLAH Subhanahu wa Ta'ala juga bakal memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar, sesuai dengan surat Ali Imran ayat 200.


“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada ALLAH, supaya kamu beruntung,” surat Ali Imran ayat 200.


Dalam surah Al-‘Asr ayat 2-3 juga disebutkan orang-orang yang sabar saling menasihati kesabaran tidak masuk dalam golongan manusia yang rugi.


3. Disukai ALLAH


Sesuai surat Ali Imran ayat 146, ALLAH Subhanahu wa Ta'ala berfirman ALLAH menyukai orang-orang yang sabar.


Dalam surat Al-Anfal ayat 46 dan Al-Baqarah 249 disebutkan bahwa ALLAH Subhanahu wa Ta'ala bersama orang-orang yang sabar.


4. Diberi Petunjuk


ALLAH bakal memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar. Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 155-157.


“Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan dan mereka.”


Semoga bermanfaat.

INDEF (The Institute for Development of Economics and Finance)

 INDEF 

(The Institute for Development of Economics and Finance)


https://indef.or.id/


Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) merupakan lembaga riset independen dan otonom yang berdiri pada Agustus 1995 di Indonesia. INDEF bertekad untuk menjadi lembaga penelitian terkemuka di bidang ekonomi dan keuangan dengan menyediakan analisis akurat dan obyektif, serta informasi tentang berbagai isu pembangunan. Kajian INDEF diharapkan mampu menciptakan diskursus, meningkatkan partisipasi dan kepekaan publik pada proses pembuatan kebijakan publik. INDEF turut berkontribusi mencari solusi terbaik dari permasalahan ekonomi dan sosial yang dihadapi Indonesia saat ini.


The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) is an independent, autonomous research and policy studies institute established in August 1995 in Jakarta. Its main activities are to undertake research and policy studies on a wide-range economic and finance issues, to generate policy debates and public participation, and to enhance public awareness in decision making process for the search for viable solutions to the Indonesia’s complex social and economic problems.


Informasi situs web CSIS KLIK DISINI :

https://indef.or.id/




CSIS (Centre for Strategic and International Study. Informasi situs web CSIS KLIK DISINI : https://www.csis.org/about

 CSIS (Centre for Strategic and International Study.

Informasi situs web CSIS KLIK DISINI :

https://www.csis.org/about






Gunung Padang Indonesia (10.000 - 25.000 SM)

Gunung Padang Indonesia (10.000 - 25.000 SM)




Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat yang berusia 10.000 - 25.000 Sebelum masehi. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, di jalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.


Penemuan

Laporan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, "Buletin Dinas Kepurbakalaan") tahun 1914. Sejarawan Belanda, N. J. Krom juga telah menyinggungnya pada tahun 1949. Setelah sempat "terlupakan", pada tahun 1979 tiga penduduk setempat, Endi, Soma, dan Abidin, melaporkan kepada Edi, Penilik Kebudayaan Kecamatan Campaka, mengenai keberadaan tumpukan batu-batu persegi besar dengan berbagai ukuran yang tersusun dalam suatu tempat berundak yang mengarah ke Gunung Gede. Selanjutnya, bersama-sama dengan Kepala Seksi Kebudayaan Departemen Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, R. Adang Suwanda, ia mengadakan pengecekan. Tindak lanjutnya adalah kajian arkeologi, sejarah, dan geologi yang dilakukan Puslit Arkenas pada tahun 1979 terhadap situs ini.


Lokasi

Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam. Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam.


Fungsi

Fungsi situs Gunungpadang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana pada sekitar 2000 tahun SM. Hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir menunjukkan kemungkinan adanya pelibatan musik dari beberapa batu megalit yang ada. Selain Gunungpadang, terdapat beberapa tapak lain di Cianjur yang merupakan peninggalan periode megalitikum/Zaman Batu.


Gunung Padang (Piramida Tertua di Dunia Tersembunyi di Bawah Bumi)




Bagaimana jika piramida tertua di dunia bukan di Mesir tetapi di Indonesia ? Gunung Padang, situs misterius di Jawa Barat, mungkin hanya itu. Meskipun tampak seperti bukit sederhana yang ditutupi tumbuhan lebat, di bawahnya terdapat struktur kuno yang sangat besar yang bisa menulis ulang sejarah manusia.


Studi terbaru menggunakan radar penetrasi tanah (GPR), tomografi seismik, dan penggalian arkeolog menunjukkan bahwa Gunung Padang adalah piramida berlapis-lapis, dibangun selama ribuan tahun. Lapisan paling atas, terlihat hari ini, terdiri dari tiang batu, dinding, jalur, dan ruang terbuka, bertanggal sekitar 3000-3.500 tahun yang lalu (1.000 SM). Tetapi lapisan yang lebih dalam mengungkapkan temuan yang lebih menakjubkan.


Pada kedalaman 3 meter, lapisan kedua blok basalt columnar telah bertanggal antara 7.500 dan 8.300 tahun yang lalu (sekitar 6.000 SM) memedupakan peradaban paling awal yang diketahui. Di bawah ini, lapisan ketiga membentang sedalam 15 meter dan diperkirakan berusia sekitar 9000 tahun. Yang lebih mengherankan lagi, lapisan keempat, menurut penanggal radiokarbon C14, bisa setunua 28.000 tahun mendorong peradaban manusia kembali ke masa yang jauh sebelum sejarah terekam.


Penemuan ini menantang arkeolog arus utama, yang secara tradisional menyatakan bahwa manusia adalah pemburu-pengumpul primitif pada waktu itu. Gunung Padang menyarankan masyarakat maju mungkin telah ada jauh lebih awal dari yang pernah kita bayangkan. Para peneliti percaya bahwa sebelum akhir Zaman Es terakhir, sebuah daratan luas yang disebut Sundaland membentang di Indonesia saat ini. Saat permukaan laut naik 14.000 tahun yang lalu, sebagian besar terendam menyembunyikan ratusan peradaban yang berpotensi hilang di bawah gelombang.


Mungkinkah Gunung Padang menjadi kunci untuk membuka masa lalu kita yang terlupakan? Dengan tiga ruang bawah tanah yang belum dijelajahi, rahasia piramida kuno ini masih menunggu untuk terungkap. 


Tuesday, March 4, 2025

PADI (Pancasila Amanah Demokrasi Indonesia)

PADI 

(Pancasila Amanah Demokrasi Indonesia)







https://chat.whatsapp.com/FrcV456oH7jHTmua7TKHat                                                          Padi

Padi digambarkan sebagai tanaman yang memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Tumbuh dengan lurus dan tegak

2. Memiliki akar yang kuat dan dalam

3. Menghasilkan buah yang berlimpah

4. Memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang baik


Dari falsafah Jawa, padi diibaratkan sebagai orang yang memiliki karakter yang baik, seperti :

1. Berintegritas dan berprinsip

2. Memiliki dasar yang kuat dan stabil

3. Menghasilkan karya yang bermanfaat

4. Memerlukan disiplin dan kerja keras

5. Antitesa Ilalang

6. Pesan Moral


Metafora padi  ini gambaran dari ROMO Pancasila yang mengajarkan kita untuk menjadi seperti padi, yaitu memiliki karakter yang baik, berintegritas, dan berprinsip. Kita juga harus berusaha untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan memerlukan disiplin dan kerja keras (PakJara).


Metafora padi l pedoman bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik dan memiliki karakter yang kuat