Social Bar

Popunder

Thursday, August 21, 2025

Taun Dal : Pralampita Owahing Jaman, Piwulang Kang Ngudhari Rasa

 Taun Dal : Pralampita Owahing Jaman, Piwulang Kang Ngudhari Rasa




"Taun Dal" dalam kalender Jawa adalah tahun kelima dalam satu siklus windu (delapan tahun). Tahun Dal dianggap sebagai tahun yang sakral dan memiliki makna khusus dalam tradisi Jawa. 

Tentang Taun Dal :
1. Siklus Windu.
Kalender Jawa menggunakan siklus windu yang terdiri dari delapan tahun, yaitu Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu, dan Jimakir. 

2. Tahun Dal.
Tahun Dal adalah tahun kelima dalam siklus windu ini. 

3. Makna Sakral.
Tahun Dal dianggap sakral dan memiliki makna khusus dalam tradisi Jawa. Beberapa masyarakat Jawa mempercayai bahwa tahun Dal memiliki pengaruh terhadap kehidupan, termasuk dalam hal pernikahan. 

4. Pantangan Pernikahan.
Beberapa masyarakat Jawa meyakini bahwa sebaiknya tidak melangsungkan pernikahan pada tahun Dal karena dianggap sebagai tahun yang kurang baik. 

5. Upacara Adat.
Beberapa keraton, seperti Keraton Solo, juga melaksanakan upacara adat khusus pada tahun Dal, seperti upacara Bethak dan Garebeg Mulud Dal. 

6. Tumbuk.
Ada juga konsep "tumbuk" dalam kalender Jawa, di mana hari, pasaran, tanggal, dan bulan akan berulang pada siklus tertentu. 

Contoh :
Tahun Dal yang akan datang dalam kalender Jawa adalah tahun 1959 Jawa, yang dimulai pada 1 Suro, yang bertepatan dengan sekitar tanggal 27 Juni 2025 dalam kalender Masehi. 





“Wanci lumampah, jagad nggilap gingsir. Ing antaraning siklus windu, wonten satunggal taun kang sinebat Dal: dudu taun kang nggegirisi, nanging taun kang nggegulang ati—nggugah manah supaya eling, waspada, lan andhap-asor. Nalika Dal rawuh, wektu kadadeyan kerep rubed, nanging saka rubed iku, kawicaksanan dipun sayat.”


---


1) Piwulang Dhasar Taun Dal

Posisi ing windu: Alip – Ehe – Jimawal – Je – Dal – Be – Wawu – Jimakir (Dal taun kaping gangsal).

Teges simbolik: Dal (saking aksara Dāl) tegesipun pituduh/dalil—taun pratondo owah-owahan: kursi pamaréntahan bisa gingsir, rakyat kena ujian, alam maringi sasmita.

Sipating taun: kerep sinebat “taun wuntu” (taun dawa ±355 dinten), arupa mangsa resik-resik kosmis: sing rawan dadi “miring” dibeneraké, sing ngrusak didhepak metu, sing andhap-asor diangkat.


---


2) Wektu Pepak (Kalebu Wulan Punika)

Miwiti Taun Dal: wiwit 1 Sura AJ 1959 (malem Sura 27/28 Juni 2025) nganti pungkasan Dal: sadèrèngé 1 Sura AJ 1960 (kisaran 30 Juni 2026).

Teges praktis: Sak-wulan Agustus 2025 iki pancèn sampun kalebet Taun Dal, lan Dal bakal lumampah terus ngantos pungkasan Juni 2026 (saurut pananggalan Jawa).

> Cathetan patitis: Ing paugeran Jawa, dina diwiwiti sakwisé surup (magrib). Mula “malem Sura” wus kalebu dina Sura sabanjuré.


---


3) Pralampita lan Kadadeyan Ing Taun Dal

Para sepuh nyarios, ing Dal kerep katon telung gelombang: (a) geger pamaréntahan, (b) abote rakyat, (c) sasmita alam.

1. Geger pamaréntahan – “ganti raja/ganti kursi”: owahing struktur, kebijakan kebalik, utawa pembersihan (resik-resik) pranata.

2. Abote rakyat – paceklik, rega mundhak, gaweyan kenceng; nanging iki kerep dadi wiwitan panggulawenthah daya tahan: rakyat luwih rukun, hemat, gotong-royong.

3. Sasmita alam – cuaca keblinger, lemah garing banjur udan gedhé, sakedhap bencana; tandha jagad ngresikaké awake.

4. Gelombang batin – akeh ati gumregah: sing gumedhé di-pirid, sing sabar di-paringi bukti, sing kandel angkara dipethaki liwat ujian.


---


4) Pantangan Umum Ing Dal (Wewaton Laku)

Pantangan punika dudu “pamali” sing medeni, nanging pepeling supados kalis saka pamrih lan sial.

Aja adigang–adigung–adiguna: ora pantes nglaku pamer daya/kuasa.

Aja mubadzir: pesta ageng tanpa guna luwih becik disegah; lebokna dana marang tetulung/sedekah.

Aja gampang nggagas soal gedhé sing ora pepak hitung—utamane nalika Sura: bedhah gedhong, pindahan omah massal, utawa pamrih proyek “nggegirisi” luwih becik ditunda.

Aja sembrana marang pratandha alam: yen ana sasmita, dititeni rumaket—aja disepelekna.

Luwihna tirakat: poso (mutih/dawud), semedi, maca doa, ngelarasna sedulur papat kalimo pancer.


---


5) Wewaton Nikahan Ing Taun Dal


Ing tradhisi, nikah diwawas mawa weton (dina + pasaran) lan sasi.


5.1. Wulan kang Lumrah (Sasi Jawa)

Sing diendhani: Sura (sasi tirakat; dudu wektu hura-hura).

Kerep dipilih: Mulud (Rabiul Awal), Ruwah (Syakban), lan Besar (Dzulhijah)—saben kulawarga bisa béda wewaton, nanging telu iki asring karasa “tedheng”.


5.2. Dina–Pasaran (Conto Laku Tertib)

Akeh garwa sepuh milih Rebo/Kemis kanthi Legi/Wage amarga dirasa empuk lan ayem (iki dudu dogma—namung laku lumrah).

> Elinga: unggah-ungguh kulawarga lan pitutur sesepuh luwih diurmati tinimbang “ngotot” petungan.


5.3. Petungan Neptu (Versi Umum)

Neptu dina: Ahad=5, Senin=4, Selasa=3, Rebo=7, Kemis=8, Jemuwah=6, Setu=9.

Neptu pasaran: Legi=5, Pahing=9, Pon=7, Wage=4, Kliwon=8.

Carane : jumlahna neptu lair calon penganten loro, banjur delengen asil modulo 8.

1 = Pegat (rawan pecah)

2 = Ratu (gedhé drajat)

3 = Jodho (cocog)

4 = Topo (awal rekasa, pungkasane mulya)

5 = Tinari (rejeki padhang)

6 = Padu (gampang cekcok)

7 = Sujanan (rawan godha selingkuh)

0/8 = Pesthi (tentrem)


Taun Dal nambah bobot marang kategori “angel” (Pegat/Padu/Sujanan). Dudu dilarang, nanging diwajibake tatabuhan batin luwih kenthel sadèrèngé akad.


5.4. Nalika Petungan “Angel”, Punapa Sing Kudu Dilinep?

Ruwat cilik sak wanci slametan :

Bubur abang–putih, kembang telon, banyu bening, tumpeng alit, donga pangruwatan (ngowahi rasa sédhih dadi syukur).

Gawe sedekah marang yatim/dhuwafa minangka “tumbal pamrih”—ngalihaké energi ala dadi paédah.

Milih dina sawise Sura (utawi wulan sing tedheng), lan ngundang sepuh/kyai/pinandhita ngasta pangestu.

Janji laku omah: sawisé nikah ngugemi salat/slametan riyaya, selasa–Jemuwah maca wirid/pamong rasa; nindakake gawe bebrayan (bebersih kampung, nandur, adus tetanduran): omah tentrem, sengkolo tatah.

> Pangèling: petungan iku pangasring rasa, dudu nasib mutlak. Rasa sih–tepa–teges–gotong royong sing ndadekaké kulawarga “mubeng lan mantep”.


---


6) Laku Pangruwatan Dal (Nyuda Geger, Nambah Ayem)

1. Slametan Dal (kecil, resik, ora mubadzir): bubur abang–putih, tumpeng alit, kembang telon, banyu bening—donga pangruwatan.

2. Pangapuraning sedulur: ngluwari ikatan ala—nyuwun pangapura marang tiyang sepuh, tanggi, kanca kerja—iki ngenthengi Dal.

3. Pangupajiwa welas asih: sedekah, nandur wit, ngresiki sumber banyu—“nrima ing pandum” nanging tetep nyambut gawe.

4. Poso & semedi: minimal sapisan saben wulan; nuju Dal becik nindakake mutih (1–3 dina) utawa ngurangi gadget (poso gaweyan digital) supaya rasa bening.

5. Tirakat Sura (yen nyangga): langkung sae diisi ngèlingi asal–usul tinimbang pesta: maca sejarah kulawarga, ngoyak ngelmu, maca serat/pitutur.


---


7) Ringkesan Praktis (Supaya Gampil Dieling)

Agustus 2025 s/d Juni 2026: isih Taun Dal.

Dal = owah-owahan: pamaréntahan gingsir, rakyat diuji, alam maringi sasmita.

Pantangan Dal: aja pamer, aja mubadzir, aja sembrana; luwihna tirakat & sedekah.

Nikah ing Dal: ora dilarang, nanging tata: endhani Sura, pertimbangna sasi ayem (Mulud/Ruwah/Besar), priksa neptu (Pegat/Padu/Sujanan kudu ruwat cilik + sedekah + pangestu sepuh).

Kunci Dal: andhap-asor, eling, nrima, lan tetulung—iku sing ngowahi geger dadi rahayu.


---


8) Pungkasan (Tembang Rasa)

“Dal punika pralampita; sing gumedhé dipirid, sing sabar dipundhuwuraké. Aja gemeter déning kabar, nanging gemeterna atimu déning eling marang Pangeran. Yen manah resik lan raga tumemen, Dal mung dalan—dudu tembok. Muga owah-owahan ndadèkaké kita luwih waskitha, luwih welas, lan luwih manunggal.”




Sunday, August 3, 2025

Kyai Gentayu Kuda Perang Pangeran Diponegoro

 Kyai Gentayu Kuda Perang Pangeran Diponegoro 




Kuda Perang Pangeran Diponegoro adalah kuda hitam kesayangan Pangeran Diponegoro, seorang pahlawan nasional Indonesia yang memimpin Perang Jawa. Kuda ini memiliki ciri khas berupa warna putih pada ujung keempat kakinya. Kyai Gentayu tidak hanya dikenal karena kekuatannya, tetapi juga kesetiaannya dalam menemani Pangeran Diponegoro dalam perjuangan melawan penjajah Belanda. 


Kyai Gentayu sering digambarkan dalam berbagai karya seni, seperti lukisan, relief, dan patung, yang menggambarkan Pangeran Diponegoro. Dalam lukisan, Kyai Gentayu sering terlihat dengan kaki depan terangkat, seolah menendang ke udara, sementara jubah dan surban Pangeran Diponegoro berkibar tertiup angin. 


Kisah heroik Kyai Gentayu juga ditampilkan dalam pementasan wayang kulit, seperti lakon "Kyai Gentayu Manggala Wira". Dalam lakon tersebut, diceritakan bagaimana Kyai Gentayu rela berkorban demi Pangeran Diponegoro, bahkan sampai gugur dalam pertempuran. 


Kisah Kyai Gentayu memberikan pelajaran tentang kesetiaan, keberanian, dan pengorbanan, serta bagaimana hubungan batin yang kuat dapat terjalin antara manusia dan hewan. 




Disclaimer : gambar hanya ilustrasi. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan deskripsi dan mohon untuk dikoreksi




Sunday, July 27, 2025

Kalender Jawa mPu Hubayun

 Kalender Jawa mPu Hubayun




Artikel ini adalah ringkasan super singkat dari buku buku karya santosaba yang membongkar "Fakta Sejarah" Nusantara yang di "Sembunyikan". Jadi akan sia sia saja jika "Dipadankan" dengan sumber sumber "Mainstream" yang kini ada ...karena catatan sejarah kita telah di "Kamuflase" juga di "Seragamkan" bahwa kita  adalah bangsa "Lemah". Pengimpor budaya lain, semua terpublikasi dari india juga tidak mempunyai catatan sejarah pernah "Ber Jaya" di masa lalu, sebelum tahun 78 Masehi


Sudah waktunya "Ilmu Pengetahuan" saat ini "Merevisi" catatan sejarah,Mengklarifikasi terhadap catatan masa lalunya yang di tulis atas kepentingan "Subjektif" suatu bangsa terhadap bangsa lain..yang faktanya ingin menguasai nya..."Hilangkan sejarahnya lalu kuasai"...ini fakta nya


Hal yang "Terburuk" dalam pencatatan masa lalu leluhur kita adalah : Penghitungan awal angka tahun "Saka" di seluruh prasasti yang di hitung mulai tahun 78 Masehi....sehingga "Hilang" semua fakta nyata sejarah nenek moyang kita sebelum tahun itu


Kalender Jawa diciptakan oleh "mPu Hubayun", dibuat berdasarkan ‘Sangkan Paraning Bawana‘, asal usul isi semesta pada tahun 911 SM mengikuti peredaran matahari, Tahun 1625 ,Sultan Agung atas dasar kesinambungan,aneh nya mengeluarkan dekrit  tahun 1547 Çaka diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa,Beliau memakai kalender Saka india 1547+78 = Tahun 1.625 Masehi, Jika di hitung berdasar awal tahun  Jawa "mPu Hubayun" 911 SM (1547 - 911 + 1) Seharus nya 635 Masehi


Sumber lain tentang, Kalender Saka yang di pakai saat ini, berawal pada tahun 78 M juga disebut sebagai penanggalan Saliwahana/Sâlivâhana, Kalender śaka berdasar pada perputaran matahari dan berasal dari kelahiran śālivāhana,Ini dimulai pada tanggal 1 vaiśākha 3179 dari kaliyuga, atau pada hari Senin 14 Maret 78 M 


Viracharita (abad ke-12 M) menyebut Shalivahana sebagai saingan raja Vikramaditya dari Ujjain. Menurutnya, Shalivahana mengalahkan dan membunuh Vikramaditya, dan kemudian memerintah dari Pratishthana. Shudraka adalah rekan dekat Shalivahana dan putranya Shakti Kumara. Kemudian, Shudraka bersekutu dengan penerus Vikramaditya dan mengalahkan Shakti Kumara,Legenda ini penuh dengan cerita "Mitologis"


Era Śaka yang populer adalah digunakan pada penanggalan prasasti kuno abad pertengahan dan sastra di India,Nepal, Burma, Camobdia, dan Jawa (Indonesia). Secara umum diyakini bahwa era Śaka dimulai pada 78 M,Studi kritis dan komprehensif referensi epigrafi dan sastra dari era Śaka tampaknya membawa kita pada kesimpulan bahwa era Śaka dan era Śakānta tidak identik


Zaman era Śaka dimulai pada 583 SM sedangkan zaman era Śakānta dimulai pada 78 M. Sejarah kronologis India kuno telah diajukan sejak 661 tahun karena dua zaman yang berbeda ini secara keliru dianggap identik,Sejatinya Saliwahana,adalah Raja dari India bagian selatan,yang di kalahkan oleh kaum "Çaka" dan tahun yg di gunakan adalah tahun yang di pakai bangsa kaum "Pemenang",Di mulai saat di "Taklukan" nya thn 78 M


Tony Joseph penulis buku Early Indians: The Story of Our Ancestors and Where We Came From, diterbitkan oleh Juggernaut....menulis :


Bahwa Arya bukanlah penghuni pertama India dan peradaban Harappa "Dravida" ada jauh sebelum kedatangan mereka,Ini berarti bahwa bangsa Arya atau budaya Veda bukanlah sumber tunggal peradaban di India dan sumbernya yang paling awal  berasal dari tempat lain,Mereka telah berkampanye untuk mengubah kurikulum sekolah dan menghapus setiap kata yg menyebutkan "imigrasi Arya" dari buku sejarah india,Studi genetik lain telah membuktikan bahwa ada banyak bangsa yang migrasi ke India,berasal dari Asia Tenggara di perkuat oleh banyaknya penutur bahasa Austro-Asia ....ini yang ditulis Tony Joseph


Çaka adalah kaum leluhur Nusantara,tertulis pada relief dasar Vhwãnã Çakã Phãlã/Borobudur dengan teks literasi kata  Māhéçãkyã ,Bangsa Çãkyã/Şàkyà/Schytia/Saka,Aryān yg Agung,Kaum "Çaka" adalah leluhur bangsa Nusantara,sudah ada lebih dahulu jauh dari 78 M dari saat menaklukan Raja india,yaitu setelah tahun 2000 SM,datang imigran (Çãkyã/Şàkyà/Schytia/Arya) ,Mereka membawa bahasa Sansekerta awal atau dasar dari Sanskret


Berbagai praktik budaya baru seperti ritual pengorbanan yang semuanya membentuk dasar budaya "Hindu/Veda" awal,dasar nya adalah Ajaran leluhur kita "Dharma"  terekam pada literasi kata Kųsãlädhãrmãbæjănā di figura relief


Di Sangharamā Mahæ Thupa Vhwãnã Çakã Phãlã kini terpublikasi menjadi "Borobudur",ada 160 panel relief di dasar nya yang tidak di "Expose",ada 12 kata "Şvãrggã" tertera di figura relief dasar bukan tertulis kata "Nirvana" dan literasi teks kata yang lainnya

.......Mãhéçãkhya....yang jika di ungkap maka kita akan faham siapa sebenar nya leluhur kita ....


● Mãhéçãkhya (Pigura Panil 43 )

Kata "Mahe" berarti besar atau bangsa yang besar dan kata "SAkya" adalah Kaum Çaka Nusantara,Maheshakhya adalah salah satu kata yang terserap ke bahasa Sansekerta yang juga digunakan dalam kitab - kitab seperti Upanishad ,Veda


Transliterasi yang berbeda yang membuktikan bahasa dalam teks di relief bukan Sansekerta,Tapi bahasa ini yang mendasari Sansekerta,sehingga di mungkinkan ada kemiripan,Bangsa jerman mengambil symbol "Su Astika" dari bangsa yang lebih maju di masa terdahulu,Bangsa itu adalah leluhur Nusantara


Dalam kamus,Petersburg Dictionary "Otto Böhtlingk dan Rudolph Roth, 1879-1889 & Saint Petersburg Great St Dictionary 1855-1875, disebut : Maheshakhya,Mahendranagari,Mahendrayajin,Maheshabandhu,Kata-kata mirip nya adalah:Maheshakhya,Maheshvarasiddhanta,Mahibhrit,Mahidhra,Maheshakhya,Mahahava,Mahavanij,Maheshudhi


Harvard-Kyoto transliterasi "maheçãkhya" menjadi "mahezAkhya" di Velthuis kata Transkripsi "mahe" mendapat imbuhan "saakhya ", versi Itrans modern adalah " maheshAkhya ", "maheSAKya", dalam font IPA"məɦeːɕɑːkʱjə


Maheshakhya versi Devanagari adalah महेशाख्य ditulis dalam IAST transliterasi dengan tanda diakritik kata ini ditulis "maheśākhya" berarti : Seorang pria besar gagah agung,dalam kata Sanskerta dengan terjemahan menjadi seorang pria yang "Agung Mulia"


Kata-kata yang memiliki makna yang mirip dengan Maheshakhya, baik dari bahasa Sanskerta atau dari bahasa Jerman berarti seorang bangsawan pria yang agung,Pria agung bijaksana itu adalah pemimpin bangsa pada peradaban maju Nusantara Indonesia terdahulu Kaum Çaka...di buktikan dengan ratusan "Prasasti" ber angka tahun "Saka"


Bangsa Çãkyã/Şàkyà/Schytia/Saka,Aryān yang Agung adalah leluhur bangsa Nusantara sub ras ke 4 yang berasal dari bangsa "Jawi " bangsa yg menurun kan kaum Çaka yaitu :

1.Jawi (Bukan suku )

2.Madayu

3.Cambyses

4.Scythia,Sakkas,Çaka,Aryān


Çaka adalah kaum leluhur Nusantara,tertulis pada relief dasar Vhwãnã Çakã Phãlã dengan teks literasi kata Māhéçãkyã ,Bangsa Çãkyã/Şàkyà/Schytia/Saka,Aryān yang Agung,Kaum "Çaka" menggunakan penanggalan lebih dahulu jauh dari 78 M dari saat menaklukan Raja india.....



Catatan : 

Diantara buku buku karya Santosaba diskusikan di DAV College (Aff. Punjab University) Sector 10,Chandigarh, Punjab India




Kerajaan Galuh Purba Adalah Sebuah Kerajaan di Lereng Gunung Slamet

 Kerajaan Galuh Purba Adalah Sebuah Kerajaan di Lereng Gunung Slamet





Dari kisah-kisah legendaris hingga catatan sejarah yang menggetarkan, wilayah lereng Gunung Slamet ternyata menyimpan sebuah misteri besar: Kerajaan Galuh Purba. Sebuah kerajaan kuno yang menjadi induk bagi berbagai kerajaan di Nusantara, memberikan sorotan baru pada warisan kejayaan masa lalu.


Menurut catatan sejarawan Belanda W.J. van der Meulen, Kerajaan Galuh Purba di Lereng Gunung Slamet memiliki asal-usul yang mencengangkan. Dibentuk pada abad ke-1 Masehi oleh para pendatang dari Kutai, Kalimantan Timur, kerajaan ini memperluas pengaruhnya dari Indramayu hingga Purwodadi, mencakup sebagian besar wilayah Jawa. 


Kerajaan Galuh Purba memiliki wilayah kekuasaannya yang cukup luas, meliputi Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Bumiayu, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Kedu, Kulonprogo, dan Purwodadi. Ini menunjukkan bahwa Kerajaan Galuh Purba sangat berpengaruh di wilayah Jawa.


🔳 Pendirian Kerajaan Galuh Purba


Pendirian kerajaan ini tidaklah terjadi begitu saja. Para pendatang dari Kutai memasuki Pulau Jawa melalui Cirebon, kemudian menetap di antara lereng Gunung Ciremai, Gunung Slamet, dan lembah Sungai Serayu. Di sinilah peradaban mereka berkembang pesat, dengan mereka yang menetap di Lereng Gunung Slamet membangun Kerajaan Galuh Purba, sementara yang lain mengembangkan peradaban Sunda di sekitar Gunung Ciremai.


🔳 Penurunan Kerajaan Galuh Purba


Kerajaan Galuh Purba mengalami penurunan saat Syailendra menunjukkan eksistensi wangsanya. Namun, Kerajaan Galuh Purba kemudian berpindah ke Kawali (dekat Garut) dan mengganti namanya menjadi Galuh Kawali. Pada saat yang sama, muncul juga kerajaan-kerajaan yang cukup besar, di timur ada Kerajaan Kalingga sedangkan di wilayah barat berkembang Kerajaan Tarumanegara. 

Galuh Purba menjadi Kerajaan kadipaten yang sebanarnya masih kerabat. Semua menggunakan nama Galuh. DI brebes ada Kerajaan galuh rahyang dan galuh kalangon dengan ibu kota medang pangramean. Di cilacap ada Kerajaan Galuh lalean dengan ibu kota medang kamulan, di tegal ada Kerajaan galuh kumara dengan ibu kota medang kamulyan.


🔳 Informasi penting disajikan secara kronologis


Di pananjung ada kerajaan galuh tanduran dengan ibu kota bagolo. Di nanggalacah ada Kerajaan galuh pataka dengan ibu kota pataka. Di ceneam ada Kerajaan galuh nagara Tengah dengan ibu kota bojong lopang, di barunay (pabuaran) ada Kerajaan galuh imbanagara dengan ibu kota imbanagara, di bojong ada Kerajaan kalingga dengan ibu kota karangkamulyan.  


Atas berbagai sebab, Kerajaan galuh purba kemudian pindah ke kawali (dekat garut) berganti menjadi Galuh Kawali. Kemudian muncul Kerajaan yang cukup besar di timur ada Kerajaan kalingga sedangkan di barat ada Kerajaan Tarumanegara yang merupakan lanjutan dari Kerajaan Salakanagara.


🔳 Perkawinan dan Dinasti Sanjaya


Namun saat purnawarman (taruma negara) lengser diganti candrawarman pamor galuh kawali Kembali menanjak. Raja Galuh kawali menyatakan kemerdekaanya dari taruma negara dan mendapat dukungan dari kalingga. Lalu Kerajaan ini mengubah Namanya menjadi Kerajaan Galuh dengan pusat pemerintahan di Banjar Pataruman. Kerajaan Galuh inilah yang kelak berkembang menjadi Kerajaan pajajaran.


Kerajaan Galuh, Kalingga, dan Tarumanegara kemudian saling kawin sehingga memunculkan dinasti Sanjaya. Hasil perkawinan itulah yang melahirkan raja-raja di tanah Jawa. Oleh karena itu, Kerajaan Galuh Purba dari lereng Gunung Slamet inilah induk dari kerajaan-kerajaan di Nusantara.


Kerajaan Galuh Purba merupakan bagian dari sejarah yang menarik di Nusantara, yang memiliki berbagai kabar dan misteri yang belum terungkap hingga sekarang.


Dari kejayaan yang tak terlupakan hingga kejatuhan yang mengguncang, Kerajaan Galuh Purba tetap menjadi salah satu bagian paling menarik dari sejarah Nusantara. Dibalut dengan misteri yang belum terpecahkan, warisan mereka terus menginspirasi dan menantang pemikiran para sejarawan hingga hari ini. 


Sesungguhnya, lereng Gunung Slamet menyimpan lebih dari sekadar pemandangan alam yang memesona; ia menyimpan jejak-jejak peradaban yang menakjubkan, membingkai kisah yang tak terlupakan dalam sejarah bangsa terutama bagi warga banyumas.


Peradaban dan bahasa Ngapak Banyumasan juga diduga sebagai bahasa jawa asli mengingat tulisan huruf jawa juga ketika dibaca sesuai bunyi aslinya tulisannya yaitu Ha Na Ca Ra Ka...tidak dirubah menjadi Ho No Co Ro Ko.




Monday, July 21, 2025

Arca Dwarapala Singosari (Penjaga Gerbang Kerajaan yang Masih Berdiri Kokoh)

 Arca Dwarapala Singosari 

(Penjaga Gerbang Kerajaan yang Masih Berdiri Kokoh)




Pernahkah kamu melihat patung raksasa yang duduk bersila sambil memegang gada? Itulah Arca Dwarapala, sosok penjaga gerbang dalam budaya Jawa Kuno, dan salah satu yang paling megah ada di Singosari, Malang, Jawa Timur.


Arca ini diperkirakan dibuat pada masa Kerajaan Tumapel, sekitar abad ke-13 Masehi. Dwarapala bukan sembarang patung  ia dipercaya sebagai penjaga sakral gerbang candi atau kompleks kerajaan, berwajah garang namun punya makna pelindung.


Yang menarik, Dwarapala Singosari ukurannya luar biasa besar, sekitar 3,7 meter! Terdapat dua arca yang mengapit jalan menuju situs purbakala Singosari, seolah menyambut dan menjaga siapa pun yang masuk.


Walau sudah ratusan tahun berlalu, arca ini masih berdiri gagah sebagai saksi kejayaan Singhasari di masa lalu. Beberapa ahli percaya, posisinya mengarah ke utara menunjukkan lokasi ibu kota kerajaan kala itu.


Hari ini, Dwarapala tak hanya jadi peninggalan sejarah, tapi juga simbol kekuatan dan keteguhan budaya Jawa Kuno yang tak lekang oleh zaman.




Saturday, July 5, 2025

Baik Menjadi Orang Penting, Tapi Lebih Penting Menjadi Orang Baik (Jendral Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso

Baik Menjadi Orang Penting, Tapi Lebih Penting Menjadi Orang Baik

(Jendral Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso 





Semoga semangat Hoegeng yang jujur, berani, dan bersih tanpa syarat terus menginspirasi pengabdian yang penuh integritas.


Dirgahayu Bhayangkara.

Friday, July 4, 2025

Sosok Serda Gijadi, penembak Letjen A Yani pada peristiwa G30 S PKI. Sumber : harian KAMI 29 Nov 1967

Sosok Serda Gijadi, penembak Letjen A Yani pada peristiwa G30 S PKI.

Sumber : harian KAMI 29 Nov 1967




Serma, Gijadi / Giyadi dari batalyon tjakrabirawa.

Penembak Jendral "Achmad Yani" setelah tertangkap!

Melakukan penembakan karena perintah atasan beliau.. Kasihan jadi kambing hitam.


Beliau mungkin saksi utama ?  di balik skenario oknum-oknum di era revolusi.






Thursday, July 3, 2025

SERAT PERCINTAAN KAMASUTRA JAWA (SERAT CENTINI)

 SERAT PERCINTAAN KAMASUTRA JAWA (SERAT CENTINI)



https://pointcenter9.blogspot.com/2025/07/serat-percintaan-kamasutra-jawa-serat.html





Asal-Usul Ilmu Asmara Jawa

Dalam khasanah kebudayaan Jawa, cinta bukan sekadar persoalan nafsu atau hubungan ragawi. Cinta adalah "rasa" — getaran batin yang mendalam, yang menyatukan manusia dengan sesamanya dan dengan semesta. Dalam pandangan Jawa, cinta adalah sarana untuk mencapai harmoni, keseimbangan, dan bahkan penyatuan spiritual dengan Yang Maha Kuasa. Inilah sebabnya mengapa ilmu asmara dalam tradisi Jawa sangat berbeda dari pandangan Barat yang sering terpisah antara cinta dan seksualitas.


Salah satu sumber ajaran cinta dan kebatinan paling lengkap adalah Serat Centhini, juga dikenal sebagai Suluk Tambangraras-Amongraga. Disusun pada awal abad ke-19 atas perintah Pangeran Adipati Anom (kelak menjadi Sultan Pakubuwana V), naskah ini merupakan ensiklopedia budaya Jawa yang merangkum filsafat hidup, agama, kesenian, hingga hubungan suami istri.


Dalam Centhini, hubungan asmara — disebut sebagai Asmaragama — tidak dipandang vulgar. Ia adalah seni, ilmu, dan laku spiritual. Seksualitas tidak dipisahkan dari etika, cinta, dan kebijaksanaan. Bahkan dalam bagian-bagian yang membahas teknik bercinta, Centhini tetap menggunakan bahasa tembang macapat, penuh simbol, puitis, dan menyentuh rasa, bukan sekadar ragawi.


Ilmu asmara Jawa lahir dari perpaduan antara nilai-nilai Hindu-Buddha (dari tradisi Tantrayana), Islam (khususnya tasawuf), dan filsafat kejawen. Seksualitas dalam ajaran Tantrik dipandang sebagai energi suci yang bisa membangkitkan kesadaran. Dalam tasawuf, cinta adalah jalan menuju Tuhan. Sedangkan dalam kejawen, keduanya menyatu dalam konsep manunggaling kawula lan Gusti — penyatuan antara manusia dan Tuhan.


Dengan demikian, ilmu cinta dalam Serat Centhini — yang kemudian dijuluki sebagai "Kamasutra Jawa" — bukan sekadar tentang posisi bercinta, tetapi menyangkut keselarasan rasa, kehalusan budi, dan kesucian niat dalam menjalin hubungan dengan pasangan.



Tuesday, July 1, 2025

Peninggalan Budaya & Jejak Peradaban Di Gunung Galunggung

Peninggalan Budaya & Jejak Peradaban Di Gunung Galunggung 




Di kaki Gunung Galunggung, Tasikmalaya, terdapat berbagai artefak dan peninggalan budaya yang menunjukkan adanya jejak peradaban masa lalu. Beberapa artefak dan situs penting yang ditemukan atau diduga berada di kawasan ini meliputi :


1. Punden Berundak

Lokasi: Beberapa ditemukan di wilayah seperti Salopa, Sukaratu, dan sekitarnya.

Deskripsi: Struktur batu bertingkat yang diduga sebagai tempat pemujaan atau upacara. Biasanya terdiri dari susunan batu besar yang tersusun rapi, mirip dengan struktur megalitikum.

Fungsi: Diduga digunakan oleh masyarakat prasejarah untuk kegiatan ritual atau keagamaan.


2. Batu Tapak (Batu Jejak)

Lokasi: Desa-desa di lereng Galunggung, seperti Sukaratu dan Cisayong.

Deskripsi: Batu besar yang memiliki cekungan menyerupai jejak kaki manusia, sering dianggap sebagai "tapak leluhur" atau peninggalan tokoh spiritual.

Makna: Dipercaya sebagai simbol kedatangan raja, nabi, atau tokoh sakral.


3. Fragmen Alat Batu dan Gerabah

Temuan: Kadang ditemukan saat penggalian atau pembangunan di desa-desa sekitar Galunggung.

Jenis: Gerabah kasar, pecahan tembikar, kapak batu, dan alat dari batu obsidian.

Konteks: Menunjukkan kehidupan permukiman masa lalu di daerah ini.


4. Situs Permukiman Tua

Beberapa warga dan peneliti lokal percaya bahwa wilayah sekitar Galunggung dulu dihuni oleh kerajaan kecil atau pemukiman masyarakat kuno, terutama sebelum letusan besar Galunggung tahun 1822 dan 1982.

Ada legenda tentang Kerajaan Galunggung, yang diyakini pernah berdiri di kawasan itu.


5. Makam Kuno dan Situs Ziarah

Contoh: Makam para tokoh karuhun (leluhur) Sunda dan petilasan raja-raja Sunda, seperti yang berada di daerah Cipanas Galunggung dan sekitarnya.


Fungsi: Tempat ziarah dan penghormatan terhadap leluhur.



Sunday, June 22, 2025

KORUPTOR JANCUK

 KORUPTOR JANCUK 

Karya : Puisi Bersajak Bebas





Koruptor JANCUK

Koruptor tumbuh di segala segmen di negri ini

Koruptor menyelinap di instansi-instansi, di departemen-departemen dan disegala struktur hirarki dan komando 

Koruptor berbondong-bondong, bergotong-royong dan berjamaah bak undangan hajatan publik figur 



Koruptor JANCUK

Koruptor membuat jaringan di lini-lini berbau duit

Koruptor bergerak tanpa malu

Koruptor mempertontonkan muka tembok



Koruptor JANCUK

Koruptor bermoral bejat

Koruptor berakhlak hewan

Koruptor berakal binatang



Koruptor JANCUK

Koruptor berkembang berembrio dan beranak pinak, waduh saudara-saudari ..... generasi kok ...... generasi koruptor 

Koruptor tumbuh bak jamur di musim kemarau 

Koruptor berkoloni bebas asal fulus dan fulus



Koruptor JANCUK

Koruptor memacetkan roda ekonomi dan pembangunan 

Koruptor menyengsarakan rakyat

Koruptor membuat negara berhutang juga perusak bangsa dan bernegara



Koruptor JANCUK

Koruptor biang kerok negara miskin 

Koruptor membuat negara jadi hancur

Koruptor menjadikan rakyat goblok, pekok, miskin dan kere'



Koruptor JANCUK

Koruptor membuat hukum rimba antar lembaga instansi negara 

Koruptor menjadikan negara lemah

Koruptor menjadikan tatanan negara rusak



Koruptor JANCUK

Koruptor harus dimiskinkan

Koruptor harus diasingkan

Koruptor harus disita aset-asetnya



Koruptor JANCUK 

Koruptor harus dimiskinkan semiskin-miskinnya

Koruptor harus dikucilkan

Koruptor harus dipenjara seberat-berat 



Koruptor JANCUK

Koruptor harus ditebas lehernya

Koruptor harus dihukum pancung

Koruptor harus di hukum mati




Monday, June 9, 2025

Kita Terlahir Dari 262.144 Para Leluhur Dari 500 Tahun Yang Lalu

 Kita Terlahir Dari 262.144 Para Leluhur Dari 500 Tahun Yang Lalu





Sebagai Renungan Kita  serta anak cucu kita

Juga sambil belajar mengenal budaya kita.

Untuk kelahiran kita , dibutuhkan :


2 orang tua

4 eyang

8 eyang buyut

16 eyang canggah

32 eyang wareng

64 eyang udhêg-udhêg

128 eyang gantung siwur

256 eyang gropak senthe

512 eyang debog bosok

1.024 eyang galih asêm

2.048 eyang gropak waton

4.096 eyang cendheng

8.192 eyang giyêng

16.384 eyang cumplêng

32.768 eyang amplêng

65.536 eyang  mênyaman

131.072 eyang menya menya

262.144 eyang trah tumêrah



Kita yg terlahir dari 262.144 para eyang dari 500 tahun yang lalu.

Renungkan lah

Berapa banyak kisah cinta, asmara, suka, cita, kebahagiaan, duka lara, kesedihan nestapa, perjuangan, air mata, kesenangan, kesempatan, kesempitan.

Untuk kelahiran kita melibatkan ratusan ribu eyang-eyang.

Kita adalah doa, harapan dan masa depan mereka yg terlahir di zaman ini, Buatlah Leluhur kita bangga sebagai Penerus aliran darah yang mereka wariskan 

Mikul duwur mendem jero


Salam Budaya.

Rahayu Rahayu Rahayu 



Tuesday, May 20, 2025

SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia)

 SOKSI 

(Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia)







KLIK DISINI :

Munas XII 2025, Bahlil Minta SOKSI Jaga Kekompakan

https://www.rri.co.id/nasional/1529655/munas-xii-2025-bahlil-minta-soksi-jaga-kekompakan

Misbakhun Terpilih Aklamasi Jadi Ketum SOKSI, Bahlil: Harapan Golkar Sangat Besar

https://www.suarasurabaya.net/politik/2025/misbakhun-terpilih-aklamasi-jadi-ketum-soksi-bahlil-harapan-golkar-sangat-besar/

Misbakhun Secara Aklamasi Terpilih Jadi Ketum SOKSI 2025-2030

https://www.cnbcindonesia.com/news/20250521071514-4-634845/misbakhun-secara-aklamasi-terpilih-jadi-ketum-soksi-2025-2030







____________


SOKSI adalah singkatan dari Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia. Ini adalah organisasi buruh yang didirikan pada 20 Mei 1960, dengan tujuan untuk mengimbangi keberadaan organisasi buruh yang dianggap pro-PKI, yaitu Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (SOBSI). 

SOKSI juga sering disebut sebagai organisasi sayap dari Partai Golkar. Organisasi ini memiliki berbagai sayap lain, seperti Wanita Swadiri Indonesia (WSI), Wira Karya Indonesia (WKI), dan lainnya. 

SOKSI berupaya untuk membela Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan keutuhan NKRI. Organisasi ini juga memiliki tujuan untuk menjadi pelopor lahirnya masyarakat sosialis Pancasila. 

Secara lebih detail, SOKSI didirikan oleh Mayjen TNI (Pur), Dr. H. Suhardiman, SE, dengan dukungan dari para tokoh pergerakan masyarakat dan TNI Angkatan Darat. SOKSI memiliki berbagai program dan kegiatan yang fokus pada pemberdayaan masyarakat, pertanian, dan pembinaan UMKM. 

Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) sebelumnya bernama Sentral Organisasi Karyawan Sosialis Indonesia adalah organisasi buruh atau pekerja perusahaan-perusahaan negara yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1960 oleh Suhardiman dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) untuk mengimbangi keberadaan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia yang merupakan organisasi buruh sayap PKI. Organisasi paling pertama yang mencetuskan kata "karyawan", TNI-AD mendirikan SOKSI bersama Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) dan Koperasi Serba Guna Gotong Royong (KOSGORO) yang pada akhirnya bergabung menjadi “Sekber Golkar” (cikal bakal Partai Golkar).



.



Monday, May 12, 2025

Panembahan Notokusumo II atau Panembahan Moh. Saleh adalah raja kerajaan Sumenep (1854-1879)

Panembahan Notokusumo II atau Panembahan Moh. Saleh adalah raja kerajaan Sumenep (1854-1879)





Potret Panembahan Notokusumo II (duduk di kursi) beserta jajaran kerajaan dan penasehatnya sekitar tahun 1865.


Panembahan Notokusumo II atau Panembahan Moh. Saleh adalah raja kerajaan Sumenep  yang memerintah  pada tahun 1854-1879, yang merupakan putra dari raja sebelumnya yaitu Abdurrahman Pakunataningrat.



Saturday, May 10, 2025

Jadikan setiap tempat adalah sekolah, Jadikan setiap orang adalah guru (Ki Hadjar Dewantara)

Jadikan setiap tempat adalah sekolah,

Jadikan setiap orang adalah guru 

(Ki Hadjar Dewantara)






Dalam perspektif filsafat, pernyataan diatas mencerminkan pandangan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada institusi formal, tetapi dapat ditemukan dalam setiap interaksi, pengalaman, dan refleksi yang kita jalani. Dunia ini adalah ruang pendidikan sejati, dan setiap individu adalah pemangku hikmah yang memiliki sesuatu untuk diajarkan.


Dari sudut pandang epistemologi, gagasan ini menunjukkan bahwa kebenaran dan pengetahuan tidak hanya berasal dari satu sumber otoritatif, seperti buku atau lembaga pendidikan. Sebaliknya, setiap pengalaman hidup memiliki nilai intrinsik sebagai "data mentah" yang dapat diolah menjadi pengetahuan. Misalnya, pelajaran moral dapat ditemukan dalam hubungan antar manusia, sedangkan kebijaksanaan praktis dapat diperoleh melalui pengamatan terhadap alam. Dalam pandangan ini, setiap tempat adalah ruang bagi proses belajar yang tak berkesudahan, dan makna dari tempat itu tergantung pada kemampuan individu untuk menafsirkan pengalaman.


Pernyataan ini juga mengandung implikasi etis. Dengan menganggap setiap orang sebagai guru, kita diajak untuk mengembangkan sikap rendah hati dan terbuka terhadap perspektif orang lain. Filsuf seperti Socrates menekankan pentingnya dialog dan belajar dari orang-orang di sekitar kita, terlepas dari status atau pengetahuan formal mereka. Setiap individu, melalui perjuangan hidupnya, memiliki narasi unik yang dapat memperkaya pemahaman kita tentang dunia. Ini juga menantang kita untuk melihat manusia lain sebagai sumber hikmah, bukan sebagai kompetitor atau objek.


Secara eksistensial, ungkapan ini mengingatkan bahwa pembelajaran adalah bagian dari hakikat keberadaan manusia. Dalam setiap langkah hidup, manusia terus-menerus mencari makna. Menjadikan setiap tempat sebagai sekolah dan setiap orang sebagai guru berarti menjalani hidup dengan kesadaran penuh (mindfulness) bahwa setiap momen memiliki potensi untuk mengajar sesuatu yang baru. Dengan demikian, hidup menjadi perjalanan yang penuh dengan peluang untuk bertumbuh dan memahami lebih dalam tentang diri sendiri, orang lain, dan alam semesta.



Jadikan setiap tempat adalah sekolah,

Jadikan setiap orang adalah guru 

(Ki Hadjar Dewantara)




Tuesday, May 6, 2025

Seorang terpelajar harus berbuat ADIL sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan (Pramoedya Ananta Toer)

Seorang terpelajar harus berbuat ADIL sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan 

(Pramoedya Ananta Toer)




Kutipan Pramoedya Ananta Toer ini dalam bukunya berjudul "Bumi Manusia" bukan sekadar nasihat, tapi pengingat yang tajam. 


Pramoedya Ananta Toer menekankan bahwa keadilan sejati bukan hanya soal tindakan, tapi dimulai dari cara kita "berpikir" — cara menilai orang lain, menyikapi perbedaan, hingga mengambil keputusan.


Namun, kenyataannya: tak sedikit orang berpendidikan tinggi yang justru menyimpan prasangka, berlaku diskriminatif, atau bahkan menindas yang lemah. 


Maka timbul pertanyaan: "apakah pendidikan otomatis membuat seseorang adil?


Apa makna "berbuat adil sejak dalam pikiran" menurutmu?


Pernahkah kamu mengalami atau menyaksikan ketidakadilan yang dilakukan oleh orang yang justru ‘terpelajar’?


Apa yang bisa kita lakukan agar pendidikan tidak hanya mencerdaskan otak, tapi juga menumbuhkan keadilan hati dan pikiran?


Seorang terpelajar harus berbuat ADIL sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan 

(Pramoedya Ananta Toer)



Tuesday, April 29, 2025

Etika tumbuh dari kebiasaan yang berakar pada kejujuran dan tanggung jawab. (Franz Magnis-Suseno)

Etika tumbuh dari kebiasaan yang berakar pada kejujuran dan tanggung jawab.

(Franz Magnis-Suseno)





Dibalik orang yang KUAT pasti memiliki sebuah ALASAN KUAT yang membuat mereka TIDAK ADA PILIHAN LAIN selain HARUS KUAT


Etika tumbuh dari kebiasaan yang berakar pada kejujuran dan tanggung jawab.

(Franz Magnis-Suseno)




Monday, April 28, 2025

Jika dua matahari bersinar di satu langit, bumi tidak akan menemukan siang dan malam yang pasti (Sun Tzu)

Jika dua matahari bersinar di satu langit, bumi tidak akan menemukan siang dan malam yang pasti

(Sun Tzu)





Kutipan Sun Tzu ini dalam bukunya berjudul "The Art of War" menggambarkan bahaya dari adanya dua kekuatan besar yang bersaing di dalam satu sistem. 


Ketika ada dua penguasa atau pusat kekuasaan yang bersinar terang, seperti dua matahari di langit, kestabilan dan keseimbangan akan terganggu. 


Tanpa pembagian peran yang jelas, negara atau organisasi akan kesulitan untuk menemukan arah yang pasti, seolah-olah tidak ada perbedaan antara siang dan malam.


Apakah kamu setuju bahwa dua kekuasaan yang bersaing dalam satu sistem akan menyebabkan kebingungan dan ketidakstabilan?


Dalam dunia yang semakin kompleks, apakah kita bisa memiliki dua kekuatan besar yang bekerja sama tanpa saling merusak, ataukah harus ada satu otoritas yang dominan?


Apakah kamu percaya bahwa dalam demokrasi, pembagian kekuasaan yang ada justru membawa keseimbangan, atau malah memperburuk ketidakpastian dalam pemerintahan?


Apakah lebih baik memiliki satu otoritas yang jelas, ataukah kita bisa mengelola dua kekuatan yang bersaing dalam suatu sistem yang stabil?



Jika dua matahari bersinar di satu langit, bumi tidak akan menemukan siang dan malam yang pasti

(Sun Tzu)



Friday, April 25, 2025

Templeton Religion Trust (TRT)

 Templeton Religion Trust (TRT)





Templeton Religion Trust (TRT) adalah lembaga amal global yang didirikan oleh Sir John Templeton dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang spiritualitas dan pengaruhnya terhadap masyarakat. TRT berfokus pada berbagai proyek dan inisiatif yang bertujuan untuk memperkaya diskusi tentang agama melalui pendekatan ilmiah dan kolaborasi lintas budaya. 

Templeton Religion Trust merupakan badan amal pertama dari tiga badan amal yang didirikan oleh Sir John Templeton.


About TRT KLIK DISINI:
https://templetonreligiontrust.org/about-us/

https://www.templeton.org/funding-areas/religion-science-and-society