Social Bar

Popunder

Monday, April 21, 2025

Jangan pernah berdebat dengan orang bodoh. Mereka akan menyeretmu ke level mereka dan mengalahkanmu dengan kebohongan (Robert Byrne)

 Jangan pernah berdebat dengan orang bodoh. Mereka akan menyeretmu ke level mereka dan mengalahkanmu dengan kebohongan 

(Robert Byrne) 




Robert Byrne adalah seorang penulis dan ahli biliar Amerika yang dikenal dengan kutipan-kutipan bijaknya yang penuh humor, ironi, dan kebijaksanaan hidup



Robert Byrne (penulis)


Robert Leo Byrne ( / b ɜːr n / ; 22 Mei 1930 – 6 Desember 2016) adalah seorang penulis Amerika dan instruktur biliar dan karambol di Billiard Congress of America Hall of Fame . [ 1 ]


Jangan pernah berdebat dengan orang bodoh. Mereka akan menyeretmu ke level mereka dan mengalahkanmu dengan kebohongan 




Robert Byrne

Dilahirkan, 22 Mei 1930

Dubuque, Iowa , Amerika SerikatMati6 Desember 2016 (umur 86)PekerjaanPengarangBahasaBahasa inggrisPendidikanSarjana SainsSekolah indukUniversitas ColoradoPeriodeTahun 1969–2016GenreThriller , Koleksi kutipan, Instruksi biliarKarya terkenalKenangan Masa Kecil Non-Yahudi , 1970


Buku Standar Byrne tentang Kolam Renang dan Biliar , 1978


Sensasi , 1995Penghargaan pentingPenghargaan Layanan Industri BBIA, 1994

BCA Hall of Fame (Layanan Berjasa), 2001PasanganJosefa Heifetz (1958–1976; div.)

Cynthia Nelms (1991–2016; kematiannya)Situs webwww.byrne.org​​


Kehidupan awal dan pendidikan.

Bagian ini sebagian besar atau sepenuhnya bergantung pada satu sumber . ( Juni 2024 )


Robert Leo Byrne, putra Tom dan Clara ( née  Loes ) Byrne, lahir pada tanggal 22 Mei 1930, dan dibesarkan di Dubuque, Iowa . [ 2 ] Ia bersekolah di sekolah dasar St. Columbkille, Loras Academy, dan Loras College . [ 2 ]


Ia meninggalkan Dubuque untuk kuliah di Iowa State University , tempat bakat pertamanya sebagai penulis muncul saat ia menyunting kolom humor di surat kabar sekolah tersebut. Ia pindah ke University of Colorado , tempat ia menyunting Flatiron , publikasi humor sekolah tersebut, dan ia lulus pada tahun 1954 dengan gelar di bidang teknik sipil . [ 2 ]


Byrne memulai karirnya pada tahun 1954 sebagai Insinyur Sipil Junior untuk Kota dan Kabupaten San Francisco , Departemen Teknik, Biro Pekerjaan Umum, Divisi Jalan Raya. [ 2 ]


Karier menulis.

Pada tahun 1955, setahun kemudian, ia menemukan cara untuk menggabungkan bakat teknik dan menulisnya dengan bergabung dengan majalah Western Construction sebagai reporter untuk industri konstruksi berat . [ 2 ] Pada tahun 1961, ia diangkat menjadi editor majalah tersebut, sebuah posisi yang dipegangnya selama lebih dari sepuluh tahun. [ 2 ]


Byrne menjadi penulis penuh waktu pada tahun 1977, setelah buku ketiganya diterbitkan. Ia menulis tujuh novel , lima kumpulan kutipan humor, tujuh buku tentang biliar, dua antologi , dan sebuah ekspose penipuan di dunia sastra . Salah satu novelnya, Thrill , dibuat menjadi Monday Night Movie di NBC , yang ditayangkan pertama kali pada tanggal 20 Mei 1996. Empat novelnya merupakan pilihan Reader's Digest Condensed Books dan diterbitkan dalam lebih dari selusin bahasa.


Campuran bakat Byrne yang tidak biasa sebagai penulis, insinyur, dan pemain biliar membentuk keterampilan yang tepat untuk menciptakan apa yang akan menjadi salah satu karya instruksional definitif tentang olahraga isyarat . Buku Standar Biliar dan Biliar karya Byrne , yang diterbitkan pada tahun 1978 dan diperluas pada tahun 1998, telah terjual lebih dari 500.000 eksemplar. Ini adalah salah satu dari sedikit karya semacam itu yang menyertakan diagram yang akurat secara matematis dan fisik, dengan garis-garis yang memetakan jalur pusat bola; oleh karena itu, garis-garis tersebut tidak menyentuh bantalan meja. [ 3 ] [ klarifikasi diperlukan ] Byrne menciptakan istilah jargon biliar " squirt " dalam buku ini, yang mendefinisikan efek defleksi yang mengirim bola isyarat ke kanan saat dipukul dengan sidespin kiri , dan sebaliknya. [ 4 ]


Buku-buku Byrne, ratusan artikel majalah instruksional, dan tujuh video instruksional (direkam di panggung suara di Burbank dan Hollywood, California ), menjadikannya sebagai guru dan komentator terkemuka di dunia biliar dan biliar. [ 5 ] Ia adalah kolumnis dan Editor Kontributor untuk majalah Billiard Digest sejak edisi pertamanya pada tahun 1978, [ 5 ] dan kolumnis untuk Telegraph Herald Dubuque mulai tahun 2000. [ 6 ] Publikasi terbarunya adalah Behold My Shorts , kumpulan kolom surat kabar bulanannya selama satu dekade. [ 7 ]


Bahasa Indonesia: Pada tahun 1994, di Hilton Head Island, Carolina Selatan , ia menerima Industry Service Award dari Billiard and Bowling Institute of America , sebuah kehormatan yang sebelumnya diberikan kepada Willie Mosconi , Paul Newman , dan Jackie Gleason . [ 5 ] Pada tahun 1998, para pembaca Billiards Digest menobatkan Byrne sebagai "Penulis Biliar Terbaik". [ 6 ] Kontribusinya terhadap biliar dan biliar diakui dengan pelantikan ke dalam Hall of Fame Billiard Congress of America . Kehormatan tersebut, mungkin yang terbesar di bidangnya, diberikan untuk Meritorious Service pada tanggal 21 Juli 2001, di Las Vegas Hilton , pada sebuah jamuan makan yang menutup International Billiard & Home Recreation Expo tahunan . Ia dilantik bersama dengan Juara Dunia Biliar Three-cushion berkali-kali Raymond Ceulemans dari Belgia . [ 5 ] [ 6 ]


Pada bulan Mei 2011, ia hampir menyelesaikan koleksi baru kutipan humornya. [ 8 ]


Bermain karir.

Kesuksesan pertama Byrne sebagai penipu biliar terjadi pada usia 12 tahun ketika ia mengalahkan pembaca meteran gas sebesar 85¢, bermain bola 8 di meja biliar ruang bawah tanah milik keluarganya. [ 9 ]


Sebagai pemain, ia sukses di turnamen kelas nasional AS dalam berbagai disiplin ilmu: [ 6 ]


Juara, Turnamen Biliar Senior Nasional, 1999


Juara, Turnamen Biliar Klub Atletik Amatir Nasional, 1999


Juara ketiga, Kejuaraan Tiga Bantal Profesional Nasional, 1977


Juara keempat, Kejuaraan Tiga Bantal Profesional Nasional, 1968



Kehidupan pribadi.

Pada tanggal 12 Mei 1958, Byrne menikah dengan Josefa Heifetz, pianis konser dan putri dari pemain biola legendaris Jascha Heifetz . [ 10 ] Byrne dan Heifetz bercerai pada tahun 1976. [ kutipan diperlukan ]


Ia meninggal pada tanggal 6 Desember 2016. [ 1 ]


Karya :

McGoorty, The Story of a Billiard Bum , 1972, Lyle Stuart (sampul tebal, ISBN  978-0-8184-0056-8 ); diterbitkan ulang tahun 1984, sebagai McGoorty, A Billiard Hustler's Life , Citadel Press, (sampul tebal, ISBN 978-0-8065-0925-9 ); diterbitkan ulang lagi tahun 2004, sebagai McGoorty, A Pool Room Hustler , Broadway Books (sampul tipis, ISBN 978-0-7679-1631-8 )  


Buku Standar Biliar dan Biliar Byrne , 1978, Harcourt Brace & Jovanovich (sampul tebal, ISBN 978-0-15-614972-3 ), 1987 (sampul tipis, ISBN 978-0-15-614972-3 )  


Perbendaharaan Teknik Tembakan Jitu dalam Kolam Renang dan Biliar karya Byrne , 1982, Harcourt Brace/Harvest (buku sampul tipis, ISBN 978-0-15-614973-0 ); 1983, Mariner (buku sampul tipis, ISBN 978-0-15-115224-7 ); 1984, Houghton Mifflin Harcourt Press (buku sampul tebal, ISBN 978-0-15-115224-7 )   


Teknik Lanjutan Byrne dalam Kolam Renang dan Biliar , 1990, Houghton Mifflin Harcourt Press (sampul tebal, ISBN 978-0-15-614971-6 ), Harcourt Brace (sampul tipis, ISBN 978-0-15-614971-6 )  


Buku Cerita Kolam Renang Hebat karya Byrne , 1995, Harcourt Brace ( ISBN 978-0-15-600223-3 ) 


Dunia Biliar dan Kolam Renang Byrne yang Menakjubkan , 1996, Harcourt Brace ( ISBN 978-0-15-600222-6 ) 


Buku Standar Baru Byrne tentang Kolam Renang dan Biliar , 1998, Harcourt Brace ( ISBN 978-0-15-600554-8 ) 


Buku Lengkap Byrne tentang Pukulan di Kolam Renang: 350 Gerakan yang Harus Diketahui Setiap Pemain , 2003, Harcourt/Harvest Books ( ISBN 978-0-15-602721-2 ) 


Video instruksional :

Byrne's Standard Video of Pool, Volume I , 1987, Premiere Home Video


Byrne's Standard Video of Pool, Volume II , 1988, Premiere Home Video


Video Standar Byrne tentang Trick Shots, Volume III , 1993, Premiere Home Video


Video Standar Byrne tentang Lebih Banyak Trik Tembakan, Volume IV , 1993, Tayang Perdana di Rumah


Latihan Renang Kekuatan Byrne, Volume V , 1996, Tayang Perdana di Rumah


Rack 'Em Up! karya Byrne , 1996, Tayang Perdana di Rumah


Pemecah Permainan Byrne, 2002, Produksi Video Accu-Stats



Video komentar turnamen biliar.

Yang Terbaik dari Tiga Bantal Biliar, Volume I , 1995, Accu-Stats Video Productions


Yang Terbaik dari Tiga Bantal Biliar, Volume II , 1997, Accu-Stats Video Productions


Novel :

Kenangan Masa Kecil Non-Yahudi , 1970, Lyle Stuart (sampul keras, ISBN 978-0-8184-0112-1 ); 1972, New American Library (sampul tipis, ISBN 978-0-8184-0112-1 ) Dipentaskan sebagai musikal oleh Grand Opera House Dubuque pada tahun 2005.  


Dahulu Seorang Katolik , 1981 New American Library (buku sampul tipis, ISBN 978-0-523-41165-1 ) 


Terowongan , 1977, Harcourt Brace & Jovanovich ( ISBN 978-0-15-191385-5 ). Dipilih untuk dimasukkan dalam satu volume Reader's Digest Condensed Books pada tahun 1977 


Bendungan , 1981, Atheneum ( ISBN 978-0-425-05385-0 ). Bagian dari Reader's Digest Condensed Books #136, 1981, vol. 3 


Selalu Seorang Katolik , 1981, Pinnacle ( ISBN 978-0-523-42035-6 ) 


Pencakar langit , 1984, Atheneum ( ISBN 978-0-451-13557-5 ). Bagian dari Reader's Digest Condensed Books #154, 1984, vol. 3 


Mannequin , 1988, Atheneum ( ISBN 978-0-7089-2308-5 ). Termasuk dalam judul Death Train di Reader's Digest Condensed Books #180, 1988, vol. 5 


Sensasi , 1995, Carrol & Graf ( ISBN 978-0-7867-0199-5 ) 


Koleksi kutipan :

637 Hal Terbaik yang Pernah Dikatakan Siapa Pun , 1983, Fawcett ( ISBN 978-0-449-20375-0 ) 


637 Hal Terbaik Lainnya yang Pernah Dikatakan Siapa Pun , 1985, Fawcett ( ISBN 978-0-449-20762-8 ) 


Ketiga dan Mungkin yang Terbaik, 637 Hal Terbaik yang Pernah Dikatakan Siapa Pun , 1986, Ballantine Books ( ISBN 978-0-449-21337-7 ) 


The 1911 Best Things Anybody Ever Said , 1988, Fawcett/Columbine ( ISBN 978-0-449-90285-1 ). Koleksi tiga volume pertama. 


Keempat dan sejauh ini merupakan 637 Hal Terbaik Terbaru yang Pernah Dikatakan Siapa Pun , 1990, Fawcett ( ISBN 978-0-449-21975-1 ) 


Kelima dan Jauh Lebih Baik dari Empat Pertama 637 Hal Terbaik yang Pernah Dikatakan Siapa Pun , 1994, Crest ( ISBN 978-0-449-22312-3 ) 


2548 Hal Terbaik yang Pernah Dikatakan Orang , 1996, Budget Book Service ( ISBN 978-0-88365-960-1 ); 2001, Galahad (sampul tebal, ISBN 978-0-88365-960-1 ); 2002, Fireside (sampul tipis, ISBN 978-0-7432-3579-2 ); 2006, Simon & Schuster (sampul tebal, ISBN 978-1-4165-4035-9 ). Koleksi empat volume pertama.    


Buku lainnya :

Raket Penulisan , 1969, Lyle Stuart ( ISBN 978-0-8184-0095-7 ) 


Pemindaian Kucing: Semua yang Terbaik dari Sastra Kucing , 1983, Scribner ( ISBN 978-0-689-11390-1 ) 


Setiap Hari adalah Hari Ayah , 1990, Crest ( ISBN 978-0-449-21822-8 ) 


Lihatlah Celana Pendekku , 2009, Telegraph Herald ( ISBN 978-0-9819806-2-1 ) 


Sebagai editor :

Heifetz-Byrne, Josefa. Kamus Kata-kata Tidak Biasa, Tidak Jelas, dan Tidak Masuk Akal karya Ibu Byrne, Dihimpun dari Berbagai Sumber Resmi , 1974, University Press ( ISBN 978-0-586-20600-3 ) 


Kruse, Len. My Old Dubuque: Kumpulan Tulisan tentang Sejarah Daerah Dubuque , 2000, Loras College Center for Dubuque History ( ISBN 978-0-936875-07-1 ) 


Catatan :

^Lompat ke:a b "Robert Leo Byrne". Legacy. 8 Desember 2016.Diakses tanggal 8 Januari 2021.


^Lompat ke:a b c d e f The Byrne Family History, diterbitkan sendiri, Linda Byrne Brown, 2001[ sumber penerbitan sendiri? ]


^ [Klarifikasi: Penjelasan geometris dalam biliar sering kali menyederhanakan pantulan dari rel ("tepian") yang terjadi di tempat bola menyentuh rel ("bantalan") dan menggunakan titik ini sebagai fokus saat membidik bola. Lebih tepatnya, Byrne membuat perbedaan bahwa garis bidik menggunakan pusat bola, bukan tepinya. Jika tepian harus direncanakan dengan lebih baik, perlu untuk memvisualisasikan bahwa garis pantulan berakhir setengah bola dari rel saat pusat bola mundur ke arah yang baru. (Bahkan saat itu, ini tidak sepenuhnya akurat karena rel berubah bentuk saat bola memantul padanya, dan Byrne selalu mencatat bahwa faktor lain -- seperti kecepatan dan putaran bola -- juga berperan dalam memprediksi sudut tepian.)] Seperti yang dijelaskan oleh Byrne dalam wawancara dengan Shelley Till diprogram televisi akses publik lokal On the Edge with Shelley Till .


^ Shamos, Mike (Juni 2000). "Selamat Ulang Tahun, Bob: Ucapan Terima Kasih kepada Robert Byrne atas Kontribusinya pada Literatur Biliar". Billiards Digest . Vol. 22, no. 7. Chicago: Luby Publishing. ISSN 0164-761X . 


^Lompat ke:a b c d Shamos, Mike (Mei 2010). "Warisan Byrne: Ulasan tentang Hadiah Robert Byrne untuk Biliar di Usianya yang ke-80".Billiards Digest. Vol. 32, no. 6. Chicago: Luby Publishing.ISSN0164-761X. 


^Lompat ke:a b c d "Byrne, Robert".Ensiklopedia Dubuque.


^ " Lihatlah Debut Celana Pendekku " . Telegraph Herald . Diarsipkan dari yang asli pada 2012-09-18.


^ Byrne, Robert (11 April 2011). "Pertanyaan Pribadi: Bagaimana Anda Mendeskripsikan Diri Anda?". Telegraph Herald .


^ Zentz, Renny (8 Mei 1994). "Byrne mengambil pendekatan yang tidak terlalu baru untuk meraih kesuksesan dalam biliar". Telegraph Herald .


^ "Milestones, 12 Mei 1958" . Time . 12 Mei 1958. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2009.


Referensi :

"Wawancara daring yang diterbitkan April 2010" . Untold Stories: Sejarah Biliar . 2010-04-15.


Garchik, Leah (6 Februari 1983). "Menciptakan Semangkuk Ceri Sempurna". San Francisco Chronicle .


Zentz, Renny (8 Mei 1994). "Byrne mengambil pendekatan yang tidak terlalu baru untuk meraih kesuksesan dalam biliar". Telegraph Herald .


Zimmerman, Joy (7 Oktober 1988). "Ahli Menulis Cepat". Pacific Sun.


Jowers, Andrew (28 April 1993). "Penulis Byrne: Teknik, humor, dan biliar". Santa Rosa Press Democrat .


Rasmussen, Eric (Januari 1996). "Menulis Novel (Teknik Sipil) Amerika yang Hebat". Berita American Society of Civil Engineers .



Friday, April 18, 2025

Sejarah adalah hasil dari tindakan manusia, bukan nasib (Jean Paul Sartre)

Sejarah adalah hasil dari tindakan manusia, bukan nasib

(Jean Paul Sartre)




Kutipan Jean-Paul Sartre ini menyatakan bahwa "sejarah" bukanlah sesuatu yang ditentukan oleh nasib atau takdir, melainkan hasil dari "tindakan manusia". 


Jean-Paul Sartre, sebagai seorang filsuf eksistensialis, menekankan bahwa kita sebagai individu memiliki "kebebasan dan tanggung jawab" untuk memilih dan bertindak. 


Oleh karena itu, sejarah bukanlah serangkaian peristiwa yang pasif, tetapi sebuah konstruksi aktif yang dibentuk oleh keputusan dan tindakan kita.


Namun, jika sejarah sepenuhnya hasil dari tindakan manusia, apakah ini berarti kita bisa mengendalikan sepenuhnya arah peristiwa-peristiwa besar dalam dunia? 


Atau adakah faktor-faktor lain seperti "struktur sosial" atau "kekuatan eksternal" yang tetap memengaruhi sejarah, meskipun kita mencoba untuk bertindak dengan bebas?


Apa pendapat kamu tentang kutipan Jean-Paul Sartre ini bahwa sejarah dibentuk oleh tindakan manusia, bukan nasib? 


Apakah kamu setuju bahwa kita, sebagai individu dan masyarakat, memiliki peran besar dalam membentuk sejarah?  


Menurut kamu, sejauh mana kita benar-benar "bebas" dalam membuat pilihan yang memengaruhi arah sejarah?


Apakah ada kekuatan eksternal (politik, ekonomi, budaya) yang sering kali membatasi kebebasan kita untuk bertindak?  


Dalam konteks kehidupan pribadi, apakah kamu pernah merasa bahwa keputusan atau tindakanmu memiliki dampak besar dalam perjalanan hidupmu, atau justru merasa terjebak oleh keadaan di luar kendali kamu?


Bagaimana kita membentuk sejarah melalui pilihan kita ?


Sejarah adalah hasil dari tindakan manusia, bukan nasib

(Jean Paul Sartre)



Sejarah adalah hasil dari tindakan manusia, bukan nasib

(Jean Paul Sartre)

Thursday, April 17, 2025

Metode Forensik

 Metode Forensik




Metode forensik itu sendiri umumnya didefinisikan : 

𝘢 𝘴𝘺𝘴𝘵𝘦𝘮𝘢𝘵𝘪𝘤 𝘢𝘱𝘱𝘳𝘰𝘢𝘤𝘩 𝘶𝘴𝘦𝘥 𝘵𝘰 𝘪𝘯𝘷𝘦𝘴𝘵𝘪𝘨𝘢𝘵𝘦 𝘤𝘳𝘪𝘮𝘦𝘴 𝘰𝘳 𝘰𝘵𝘩𝘦𝘳 𝘪𝘯𝘤𝘪𝘥𝘦𝘯𝘵𝘴, 𝘦𝘯𝘴𝘶𝘳𝘪𝘯𝘨 𝘵𝘩𝘦 𝘤𝘰𝘭𝘭𝘦𝘤𝘵𝘪𝘰𝘯 𝘢𝘯𝘥 𝘢𝘯𝘢𝘭𝘺𝘴𝘪𝘴 𝘰𝘧 𝘦𝘷𝘪𝘥𝘦𝘯𝘤𝘦 𝘢𝘳𝘦 𝘤𝘰𝘯𝘥𝘶𝘤𝘵𝘦𝘥 𝘭𝘦𝘨𝘢𝘭𝘭𝘺 𝘢𝘯𝘥 𝘦𝘵𝘩𝘪𝘤𝘢𝘭𝘭𝘺. 


Metode forensik adalah pendekatan ilmiah untuk mengumpulkan dan menganalisis bukti, dengan tujuan membantu penegakan keadilan. Metode forensik dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti forensik digital, forensik kejahatan, dan forensik keuangan. 


1. Metode forensik digital  :

- Akuisisi data: Mengumpulkan data digital dari perangkat digital

- Analisis data: Menelaah data digital untuk memahami bagaimana sebuah serangan terjadi

- Pemulihan data: Memulihkan data yang hilang atau rusak

- Mobile forensik: Mengumpulkan bukti digital dari perangkat mobile

- Metode statik 

forensik: Menganalisis data digital tanpa mengubahnya


2. Metode forensik kejahatan Identifikasi sidik jari, Identifikasi tulisan tangan, Identifikasi senjata api, Perbandingan tanda peralatan. 


3. Metode forensik keuangan 

Analisis data untuk mengidentifikasi transaksi yang tidak sah


4. Tahapan forensik Pengumpulan (acquisition), Pemeliharaan (preservation), Analisis (analysis), Presentasi (presentation). 


5. Langkah-langkah digital forensik Identifikasi, Preservasi, Analisis, Pendokumentasian, Pemaparan. 



Manusia membuat sejarah mereka sendiri, tetapi mereka tidak membuatnya sesuka hati mereka (Karl Marx)

 Manusia membuat sejarah mereka sendiri, tetapi mereka tidak membuatnya sesuka hati mereka 

(Karl Marx)





Kutipan Karl Marx ini memberikan pandangan yang sangat penting tentang "kebebasan dan keterbatasan" dalam menciptakan sejarah. 


Karl Marx mengakui bahwa "manusia" memang memainkan peran aktif dalam membentuk sejarah mereka, namun mereka tidak memiliki kebebasan mutlak untuk melakukannya sesuka hati. 


Artinya, meskipun kita membuat keputusan dan bertindak untuk mengubah dunia, "kondisi material" dan "struktur sosial" yang ada sering kali membatasi atau mempengaruhi pilihan-pilihan kita. 


Ini mengarah pada pertanyaan besar: sejauh mana kita benar-benar memiliki "kendali" atas jalan hidup dan sejarah kita, atau apakah kita terjebak dalam "struktur sosial" dan "ekonomi" yang membatasi kebebasan kita?


Apa pendapat kamu tentang kutipan Karl Marx ini bahwa kita memang membuat sejarah, tetapi tidak sesuka hati kita? 


Apakah kamu merasa kebebasan kita untuk mengubah dunia atau kehidupan kita sering dibatasi oleh kondisi sosial atau ekonomi yang ada?  


Menurutmu, apakah kita benar-benar bebas dalam membuat keputusan besar dalam hidup, atau adakah faktor eksternal yang lebih kuat yang mempengaruhi kita, seperti status sosial, pendidikan, atau ekonomi?  


Dalam dunia modern, apakah kamu merasa kondisi material (seperti akses terhadap sumber daya atau peluang) menghalangi sebagian besar orang untuk mengubah hidup mereka, meski mereka berusaha keras? 


Apa pandanganmu tentang kebebasan, keterbatasan, dan peran kita dalam membentuk sejarah pribadi dan kolektif?


Manusia membuat sejarah mereka sendiri, tetapi mereka tidak membuatnya sesuka hati mereka 

(Karl Marx)



Manusia membuat sejarah mereka sendiri, tetapi mereka tidak membuatnya sesuka hati mereka 

(Karl Marx)

Wednesday, April 16, 2025

Banjir omong kosong yang dicetak dalam bentuk opini-opini kritis nampak bagi saya sebagai kutukan utama zaman, suatu hambatan utama bagi budaya sejati

Banjir omong kosong yang dicetak dalam bentuk opini-opini kritis nampak bagi saya sebagai kutukan utama zaman, suatu hambatan utama bagi budaya sejati 


Eliot George, George Eliot, engraving derived from a chalk drawing (1865) by Sir Frederic William Burton.


George Eliot mengkritik fenomena banjirnya opini dan kritik yang dicetak atau dipublikasikan secara massal, terutama yang tidak didasarkan pada pemahaman yang mendalam.


Ia melihat banyaknya opini kritis yang dangkal dan asal-asalan justru menjadi penghalang utama bagi perkembangan budaya yang otentik dan bermakna. Dalam pandangannya, budaya sejati lahir dari refleksi, pemikiran yang jernih, dan pencarian kebenaran bukan dari keramaian suara yang hanya ingin terdengar.


Kalimat ini relevan juga dengan zaman sekarang, di mana banyak pendapat berseliweran di media sosial, tapi tidak semuanya membawa nilai atau kedalaman.


Banjir omong kosong yang dicetak dalam bentuk opini-opini kritis nampak bagi saya sebagai kutukan utama zaman, suatu hambatan utama bagi budaya sejati 



Banjir omong kosong yang dicetak dalam bentuk opini-opini kritis nampak bagi saya sebagai kutukan utama zaman, suatu hambatan utama bagi budaya sejati 




TENTANG SKETSA ASLI PANGERAN DIPONEGORO

 TENTANG SKETSA ASLI PANGERAN DIPONEGORO




Di atas adalah (semacam) kop surat resmi yang di bawahnya tertera catatan tangan yang bertiti mangsa 1870 (15 tahun setelah Diponegoro wafat):


"Kandjeng Soeltan Abdoel Hamid Heroetjokro Kabiril Moekminnin Sajidin Panatagama Djawi Senopati Hingalogo Sabiloolah Chalifat Rasulillah Hingkang Hagomo Islam"


Kop surat ini berupa foto litograf Pangeran Arijo (PA) Diponegoro, dan secara verbatim tertulis begini:


"Pangeran Ario Diponegoro, aanvoerder in de Java Oorlog van 1825-1830"

(Pangeran Ario Diponegoro, pemimpin Perang Jawa tahun 1825-1830)


Foto litograf PA Diponegoro tersebut tersebut berasal dari gambar yang diproduksi oleh Mayor H. de Stuers pada tahun 1830, artinya digambar saat PA Diponegoro masih hidup pasca tertangkap.


Foto litograf yang merekam busana PA Diponegoro yang kearab-araban ini bersesuaian dengan glasnegatief (film negatif) nomor indeks G-699 ruang 1.41.35, dan sesuai dengan cetakan litograf bernomor indeks 36C-373 di Leiden University Libraries (akses juga bisa didapatkan melalui KITLV).


Melalui pendidikan pesantren, banyak ilmu yang dipelajari oleh Pangeran Diponegoro dengan membaca banyak karangan-karangan ulama Islam terkemuka. Menurut Peter Carey dalam (Ma'ruf, 2018), di antara karangan ulama yang dipelajari oleh Pangeran Diponegoro adalah sebagai berikut :


(1) Kitab Tuhfah, berisi ajaran sufisme tentang "tujuh tahap eksistensi" dalam pencarian Tuhan, sering dikaji juga oleh masyarakat Islam Jawa.

(2) Kitab tentang Usul dan Tasawuf.

(3) Suluk, berupa syair mistik Jawa.

(4) Sejarah para Nabi (Serat Anbiya) dan Tafsir Quran.

(5) Kitab Sirat as-salatin dan Taj as Salatin, berisi tentang pembelajaran filsafat politik Islam.

(6) Kitab Taqrib, Lubab al Fiqh dan Muharor, berisikan tentang hukum-hukum Islam.


Sumber : https://www.kontenislam.com/2024/07/busana-asli-pangeran-diponegoro.html

Wednesday, April 9, 2025

Kerajaan Majapahit (Sri Wikrama Wira) & Kerajaan Tumasik (Singapura), 1357-1362

Kerajaan Majapahit (Sri Wikrama Wira) & Kerajaan Tumasik (Singapura), 1357-1362





Kerajaan Majapahit pernah melakukan menundukkan ke Kerajaan Tumasik (Singapura) beberapa kali.

Invasi pertama terjadi pada masa pemerintahan Sri Wikrama Wira, raja kedua Tumasik, sekitar tahun 1357-1362. 

Majapahit kembali menyerang Tumasik pada tahun 1398.


Alasan invasi :

Majapahit menganggap Tumasik sebagai sekutu Mongol yang membahayakan keutuhan Majapahit. 

Majapahit mengamati bagaimana Tumasik mengalahkan Siam dan Majapahit pada serbuan pertama.


Pertahanan Tumasik 

Tumasik memiliki 400 kapal perang dan benteng pertahanan yang kokoh.

Angkatan Laut Tumasik berhasil menghalau serangan Majapahit pada awalnya.


Hasil invasi 

Majapahit berhasil menaklukkan Tumasik pada tahun 1398 dengan 300 kapal besar (jung) dan 100 kapal kecil (junjung).


Bukti Majapahit pernah menguasai Tumasik

Penemuan 10 benda emas Majapahit saat penggalian untuk pembangunan waduk di Fort Canning, Singapura pada tahun 1928. 

Pengaruh kebudayaan, corak bangunan, candi, patung, dan seni Majapahit di Tumasik.



Saturday, April 5, 2025

Pangeran Giolo, putra Raja Moangis atau Gilolo

Pangeran Giolo, putra Raja Moangis atau Gilolo





Giolo, Lelaki Bertato asal Maluku yang Kulitnya Dipamerkan di Inggris

Pangeran Giolo, putra Raja Moangis atau Gilolo: terletak di bawah garis Khatulistiwa pada garis bujur 152 derajat. Inilah seorang pangeran pribumi yang dihiasi dengan bintik-bintik kaya dan pola yang menakjubkan, yang belum pernah dilihat dunia Eropa sebelumnya: dibawa dari Hindia Timur pada tahun 1691, dan diperlihatkan kepada Yang Mulia serta banyak bangsawan dan kalangan terhormat di kerajaan. Ia lahir di Pulau Meangis, salah satu dari Kepulauan Filipina, dan oleh orang-orang pribumi disebut sebagai Pangeran Bergambar; penuh variasi, sehingga membuat para seniman terbaik pun terkagum-kagum. Negeri asalnya kaya akan emas dan rempah-rempah, dan penduduknya menganggap bahwa dihiasi seperti ini merupakan keindahan besar; ia ditato dan dihias dengan cara yang luar biasa ini sejak usia 2 hingga 12 tahun, dengan cara ditusuk dengan jarum-jarum tajam, lalu digosok dengan ramuan herbal atau campuran pewarna. Ini dianggap sebagai hiasan besar dan tanda kebesaran di antara mereka. Tato ini bertahan seumur hidup dan biasanya dilakukan oleh seniman terbaik. Ibunya sendiri yang melakukannya, dengan menusuk dan mewarnainya secara bertahap sesuai dengan kemampuan anak itu menahan rasa sakit. Ia ditangkap oleh kapal Eropa, yang setelah melihat banyak penduduk asli bertato, memilih dia karena dianggap paling menarik dan dihiasi dengan sangat baik, lalu membawanya sebagai tontonan. Ia bertubuh tinggi, sekitar 6 kaki (sekitar 180 cm), memiliki tubuh proporsional dan kuat, aktif, dan tahan banting, tanpa pendidikan formal; namun secara alami ia diketahui memiliki pemahaman cepat dan kecerdasan tinggi. Ia meninggal di London karena penyakit cacar, tak lama setelah kedatangannya, yang disesalkan oleh banyak orang yang ingin mengenalnya lebih jauh sebagai subjek keingintahuan.


BUDAYA MENG HAKIMI DAN MENGHUKUM PARA PENDIDIK DI INDONESIA Ditulis oleh: Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI)

BUDAYA MENG HAKIMI DAN MENGHUKUM PARA PENDIDIK DI INDONESIA

Ditulis oleh: Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI)





MENGAPA NETIZEN INDONESIA SANGAT MUDAH MENGHAKIMI DAN MEMBULI..?


Bahkan hingga para intelektualnyapun suka melakukan penghakiman yg sama


👌👌👌

Penting untuk dibaca sampai akhir dan di sharing 


BUDAYA MENG HAKIMI DAN MENGHUKUM PARA PENDIDIK DI INDONESIA

Ditulis oleh: Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI)


LIMA belas tahun lalu saya pernah mengajukan protes pada guru sebuah sekolah tempat anak saya belajar di Amerika Serikat. Masalahnya, karangan berbahasa Inggris yang ditulis anak saya seadanya itu telah diberi nilai E (excellence) yang artinya sempurna, hebat, bagus sekali. Padahal dia baru saja tiba di Amerika dan baru mulai belajar bahasa.


...Karangan yang dia tulis sehari sebelumnya itu pernah ditunjukkan kepada saya dan saya mencemaskan kemampuan verbalnya yang terbatas. 


Menurut saya tulisan itu buruk, logikanya sangat sederhana. Saya memintanya memperbaiki kembali, sampai dia menyerah.


Rupanya karangan itulah yang diserahkan anak saya kepada gurunya dan bukan diberi nilai buruk, malah dipuji. 


Ada apa? Apa tidak salah memberi nilai? Bukankah pendidikan memerlukan kesungguhan? 


Kalau begini saja sudah diberinilai tinggi, saya khawatir anak saya cepat puas diri.


Sewaktu saya protes, ibu guru yang menerima saya hanya bertanya singkat. “Maaf Bapak dari mana?”


“Dari Indonesia,” jawab saya.


Dia pun tersenyum.


BUDAYA MENGHUKUM


Pertemuan itu merupakan sebuah titik balik yang penting bagi hidup saya. Itulah saat yang mengubah cara saya dalam mendidik dan membangun masyarakat.


“Saya mengerti,” jawab ibu guru yang wajahnya mulai berkerut, namun tetap simpatik itu. “Beberapa kali saya bertemu ayah-ibu dari Indonesia yang anak anaknya dididik di sini,” lanjutnya. “Di negeri Anda, guru sangat sulit memberi nilai. Filosofi kami mendidik di sini bukan untuk menghukum, melainkan untuk merangsang orang agar maju. Encouragement! ” Dia pun melanjutkan argumentasinya.


“Saya sudah 20 tahun mengajar. Setiap anak berbeda-beda. Namun untuk anak sebesar itu, baru tiba dari negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, saya dapat menjamin, ini adalah karya yang hebat,” ujarnya menunjuk karangan berbahasa Inggris yang dibuat anak saya.


Dari diskusi itu saya mendapat pelajaran berharga. 


Kita tidak dapat mengukur prestasi orang lain menurut ukuran kita.


Saya teringat betapa mudahnya saya menyelesaikan study saya yang bergelimang nilai “A”, dari program master hingga doktor.


Sementara di Indonesia, saya harus menyelesaikan studi jungkir balik ditengarai ancaman drop out dan para penguji yang siap menerkam. Saat ujian program doktor saya pun dapat melewatinya dengan mudah.


Pertanyaan mereka memang sangat serius dan membuat saya harus benar-benar siap. Namun suasana ujian dibuat sangat bersahabat. 


Seorang penguji bertanya dan penguji yang lain tidak ikut menekan, melainkan ikut membantu memberikan jalan begitu mereka tahu jawabannya. 


Mereka menunjukkan grafik-grafik yang saya buat dan menerangkan seterang-terangnya sehingga kami makin mengerti.


Ujian penuh puja-puji, menanyakan ihwal masa depan dan mendiskusikan kekurangan penuh keterbukaan.


Pada saat kembali ke Tanah Air, banyak hal sebaliknya sering saya saksikan. Para pengajar bukan saling menolong, malah ikut “menerkam/menelan” mahasiswanya yang duduk di bangku ujian.


***


Etika seseorang penguji atau promotor membela atau meluruskan pertanyaan, penguji marah-marah, tersinggung, dan menyebarkan berita tidak sedap seakan-akan kebaikan itu ada udang di balik batunya. 


Saya sempat mengalami frustrasi yang luar biasa menyaksikan bagaimana para dosen menguji, yang maaf, menurut hemat saya sangat tidak manusiawi.


Mereka bukan melakukan encouragement, melainkan discouragement. 


Hasilnya pun bisa diduga, kelulusan rendah dan yang diluluskan pun kualitasnya tidak hebat-hebat betul. 


Orang yang tertekan ternyata belakangan saya temukan juga menguji dengan cara menekan. Ada semacam balas dendam dan kecurigaan.


Saya ingat betul bagaimana guru-guru di Amerika memajukan anak didiknya. 


Saya berpikir pantaslah anak-anak di sana mampu menjadi penulis karya-karya ilmiah yang hebat, bahkan penerima Hadiah Nobel. 


Bukan karena mereka punya guru yang pintar secara akademis, melainkan karakternya sangat kuat: karakter yang membangun, bukan merusak.


Kembali ke pengalaman anak saya di atas, ibu guru mengingatkan saya. “Janganlah kita mengukur kualitas anak-anak kita dengan kemampuan kita yang sudah jauh di depan,” ujarnya dengan penuh kesungguhan.


Saya juga teringat dengan rapor anak-anak di Amerika yang ditulis dalam bentuk verbal.


Anak-anak Indonesia yang baru tiba umumnya mengalami kesulitan, namun rapornya tidak diberi nilai merah, melainkan diberi kalimat yang mendorongnya untuk bekerja lebih keras, seperti berikut. “Sarah telah memulainya dengan berat, dia mencobanya dengan sungguh-sungguh. Namun Sarah telah menunjukkan kemajuan yang berarti.”


Malam itu saya mendatangi anak saya yang tengah tertidur dan mengecup keningnya. 


Saya ingin memeluknya di tengah-tengah rasa salah telah memberi penilaian yang tidak objektif.


Dia pernah protes saat menerima nilai E yang berarti excellent (sempurna), tetapi saya mengatakan “gurunya salah”. Kini saya melihatnya dengan kacamata yang berbeda.


MELAHIRKAN KEHEBATAN


Bisakah kita mencetak orang-orang hebat dengan cara menciptakan hambatan dan rasa takut? 


Bukan tidak mustahil kita adalah generasi yang dibentuk oleh sejuta ancaman: gesper, rotan pemukul, tangan bercincin batu akik, kapur, dan penghapus yang dilontarkan dengan keras oleh guru, sundutan rokok, dan seterusnya.


Kita dibesarkan dengan seribu satu kata-kata ancaman: Awas…; Kalau,…; Nanti,…; dan tentu saja tulisan berwarna merah menyala di atas kertas ujian dan rapor di sekolah.


Sekolah yang membuat kita tidak nyaman mungkin telah membuat kita menjadi lebih disiplin. 


Namun di lain pihak dia juga bisa mematikan inisiatif dan mengendurkan semangat. 


Temuan-temuan baru dalam ilmu otak ternyata menunjukkan otak manusia tidak statis, melainkan dapat mengerucut (mengecil) atau sebaliknya, dapat tumbuh.


Semua itu sangat tergantung dari ancaman atau dukungan (dorongan) yang didapat dari orang-orang di sekitarnya. 


Dengan demikian kecerdasan manusia dapat tumbuh, sebaliknya dapat menurun. Seperti yang sering saya katakan, ada orang pintar dan ada orang yang kurang pintar atau bodoh.


Tetapi juga ada orang yang tambah pintar dan ada orang yang tambah bodoh.


Mari kita renungkan dan mulailah mendorong kemajuan, bukan menaburkan ancaman atau ketakutan. 


Bantulah orang lain untuk maju, bukan dengan menghina atau memberi ancaman yang menakut-nakuti.




Hajjah Rangkayo Rasuna Said (1910 - 1965)

 Hajjah Rangkayo Rasuna Said (1910 - 1965)




Orang jarang yang paham kalau RASUNA SAID yang namanya di abadikan sebagai nama jalan di Jakarta Selatan, adalah seorang wanita, termasuk Pribumi BETAWI jarang yang mengetahuinya.


Hajjah Rangkayo Rasuna Said lahir di Maninjau, Agam, Sumatera Barat, 14 September 1910.

Meninggal di Jakarta, 2 November 1965 pada umur 55 tahun, Beliau adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan juga merupakan pahlawan nasional Indonesia.

Seperti Kartini, Beliau juga memperjuangkan adanya persamaan hak antara pria dan wanita. Beliau dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta. Persatoean Indonesia 1933/es.





Sumber foto : Perpustakaan Nasional

Friday, April 4, 2025

Pembantaian Keturunan Majapahit oleh Kesultanan Demak (1478-1518) : Tragedi Akhir Majapahit

 Pembantaian Keturunan Majapahit oleh Kesultanan Demak (1478-1518) : Tragedi Akhir Majapahit




Kerajaan Majapahit, kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Nusantara, mengalami kemunduran drastis setelah wafatnya Hayam Wuruk dan semakin diperparah oleh perang saudara dalam Perang Paregreg (1405-1406).


Pada tahun 1478, Kesultanan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah menyerang dan menaklukkan sisa-sisa kekuatan Majapahit. Namun, tidak hanya sekadar merebut kekuasaan, pasukan Demak juga melakukan pembantaian besar-besaran terhadap keturunan kerajaan Majapahit, mengakhiri sisa-sisa dinasti yang pernah berjaya di Nusantara.


---


Latar Belakang: Runtuhnya Majapahit


Setelah perang saudara dan melemahnya ekonomi akibat tekanan dari Kesultanan Malaka dan pedagang Islam, Majapahit semakin kehilangan kekuatannya. Pada tahun 1478, Prabu Girindrawardhana (raja terakhir Majapahit) menghadapi serangan besar dari Kesultanan Demak yang mengklaim dirinya sebagai penerus sah Majapahit melalui garis keturunan dari ibu Raden Patah.


Demak yang sudah menjadi kekuatan Islam utama di Jawa melihat Majapahit sebagai kerajaan yang lemah dan siap untuk dihancurkan.


---


Serangan dan Pembantaian Keturunan Majapahit


1. Penyerbuan ke Istana Majapahit (1478)


Pasukan Demak dipimpin oleh Raden Patah dan Sunan Kudus melakukan serangan besar ke ibu kota Majapahit.


Pertahanan Majapahit yang lemah tidak mampu menahan serangan, dan istana dengan cepat jatuh ke tangan pasukan Islam.


2. Pembantaian Keluarga Kerajaan dan Bangsawan Majapahit


Setelah istana dikuasai, terjadi pembantaian besar-besaran terhadap bangsawan dan keturunan kerajaan Majapahit.


Para pangeran dan pejabat tinggi yang masih setia kepada Hindu-Buddha dibunuh atau dipaksa masuk Islam.


Kuil-kuil dan bangunan keagamaan Hindu-Buddha dihancurkan atau dialihfungsikan menjadi masjid dan pesantren.


3. Pelarian Keturunan Majapahit ke Bali dan Blambangan


Sebagian kecil bangsawan Majapahit yang selamat melarikan diri ke Bali, di mana mereka mendirikan Kerajaan Gelgel, cikal bakal Kesultanan Klungkung.


Blambangan (di ujung timur Jawa) menjadi salah satu benteng terakhir Hindu di Jawa dan terus bertahan hingga abad ke-18 sebelum akhirnya ditaklukkan oleh Mataram dan Belanda.


---


Dampak dan Warisan Sejarah


1. Akhir Era Hindu-Buddha di Jawa

Dengan jatuhnya Majapahit dan pembantaian keluarga kerajaan, pengaruh Hindu-Buddha di Jawa mulai menghilang.

Kesultanan-kesultanan Islam seperti Demak, Cirebon, dan Banten mulai mendominasi Pulau Jawa.


2. Majapahit Digantikan oleh Kesultanan Demak

Demak mengklaim dirinya sebagai penerus Majapahit, tetapi dalam versi Islam.

Raden Patah memerintah dengan dasar Islam dan mengubah sistem kerajaan yang sebelumnya berbasis Hindu-Buddha.


3. Perlawanan di Blambangan dan Bali

Blambangan bertahan sebagai kerajaan Hindu terakhir di Jawa hingga abad ke-18.

Bali menjadi pusat budaya Hindu di Nusantara dan tetap bertahan hingga sekarang.


---


Kesimpulan

Tragedi pembantaian keturunan Majapahit oleh Kesultanan Demak menandai salah satu peristiwa paling berdarah dalam sejarah Nusantara. Peristiwa ini menjadi simbol peralihan besar dari era Hindu-Buddha ke era Islam di Jawa, sekaligus mengakhiri salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Meski Majapahit telah runtuh, jejak kejayaannya tetap hidup dalam budaya, seni, dan sejarah Indonesia hingga hari ini.



Thursday, April 3, 2025

Ada pepatah kuno dari penduduk asli Amerika yang mengatakan: “Jika Anda merasa sedang menunggangi kuda mati, strategi terbaik adalah turun dari kuda tersebut”

 Ada pepatah kuno dari penduduk asli Amerika yang mengatakan: “Jika Anda merasa sedang menunggangi kuda mati, strategi terbaik adalah turun dari kuda tersebut”





“Teori kuda mati” adalah sebuah metafora yang menggambarkan situasi di mana individu atau organisasi terus menginvestasikan upaya pada sesuatu yang tidak lagi layak atau berguna.


Hal ini berasal dari pepatah: “Ketika Anda menemukan bahwa Anda mengendarai kuda mati, strategi terbaik adalah turun dari kuda tersebut”. Namun, alih-alih turun dari kuda, orang sering kali mencoba strategi yang tidak efektif, seperti mengganti penunggang kuda atau membeli cambuk yang lebih kuat.


Metafora ini sering digunakan dalam bisnis untuk menyoroti resistensi terhadap perubahan atau kurangnya kemampuan beradaptasi dalam menghadapi proyek-proyek yang gagal.


Contoh klasiknya adalah kasus Kodak.

Selama beberapa dekade, Kodak memimpin industri fotografi, tetapi ketika teknologi digital mulai merevolusi pasar, perusahaan ini terlalu lama berpegang teguh pada bisnis film fotografi tradisionalnya. Alih-alih beradaptasi dengan cepat terhadap pergeseran digital, Kodak terus berinvestasi pada model tradisionalnya, dengan keyakinan bahwa fotografi digital tidak akan menggantikannya. Pada akhirnya, kegagalan untuk beradaptasi ini membuat perusahaan ini mengalami kebangkrutan pada tahun 2012.


Kasus ini menggambarkan bagaimana resistensi terhadap perubahan dan investasi pada strategi yang gagal dapat menyebabkan kegagalan, menggarisbawahi pentingnya mengenali kapan harus membongkar dan menjadi fleksibel dalam menghadapi keadaan baru. 


Menurut saya, metafora ini berlaku untuk berbagai aspek kehidupan kita, hubungan pribadi, pekerjaan, ide, yang kita pegang teguh namun pada kenyataannya sudah menjadi ‘kuda mati’.



Elder of Pagung village in Kediri dries wooden puppet of Semar that is more than 6 centuries old. He also does ritual of asking blessings from God for all people. Semar is a character in Wayang Mbah Gandrung, a wooden puppet specifically for "ruwatan" (ritual for cleansing negativities) which only exists in Pagung Village. When performed, the puppets and woodenpuppet

Elder of Pagung village in Kediri dries wooden puppet of Semar that is more than 6 centuries old




Elder of Pagung village in Kediri dries wooden puppet of Semar that is more than 6 centuries old. He also does ritual of asking blessings from God for all people. Semar is a character in Wayang Mbah Gandrung, a wooden puppet specifically for "ruwatan" (ritual for cleansing negativities) which only exists in Pagung Village. When performed, the puppets and woodenpuppet 



Tuesday, April 1, 2025

Anak asal Indonesia berhasil mengubah ukurang 16 GB menjadi 16 MB tanpa mengurangi resolusi gambar Ditolak 11 kali di negara sendiri, namun dihargai oleh Google

Anak asal Indonesia berhasil mengubah ukurang 16 GB menjadi 16 MB tanpa mengurangi resolusi gambar 

Ditolak 11 kali di negara sendiri, namun dihargai oleh Google 



Christopher Farrel Millenio Kusuma (17). Prinsip hidup itulah yang akhirnya menjadi kunci bagi siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta ini menapakkan kakinya di Mountain View, California, Amerika.

Referensi : 

https://regional.kompas.com/read/2017/11/23/11092141/penelitiannya-ditolak-11-kali-di-indonesia-siswa-dari-yogya-ini-malah





Salut 👍👍 !! 

Siswa SMA Ini Akhirnya Diundang Google Setelah 11 Kali Ditolak Ajang Kompetisi Indonesia . 


Apakah kamu pernah membayangkan pergi ke luar negri?

Bukan, bukan untuk jalan-jalan tetapi untuk mengikuti sebuah kompetisi.


Itulah yang dialami oleh seorang sisa dari Yogyakarta.

Pantang menyerah, inilah prinsip hidup yang dipegang oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma (17).


Prinsip hidup itulah yang akhirnya menjadi kunci bagi siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta ini menapakkan kakinya di Mountain View, California, Amerika.


Kedatangan anak pasangan Monovan Sakti Jaya Kusuma dan Hening Budi Prabawati ke Negeri Paman Sam bukan untuk berlibur, melainkan memenuhi undangan salah satu perusahaan kelas dunia, Google.


Pengalaman diundang Google menjadi peristiwa bersejarah dalam hidup dan tidak pernah dapat dilupakan oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma.


Remaja yang akrab disapa Farrel ini mengaku mendapat undangan dari Google karena penelitiannya tentang "Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data".


"Berangkat ke sana, karena proposal penelitian saya berjudul 'Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data' lolos," kata Farrel saat ditemui Kompas . com di SMA Negeri 8 Yogyakarta, Rabu (22/11/20**).


Ide penelitian yang mengantarkannya ke Google berawal dari hal sepele.

Farrel ingin mengunduh sebuah game.

Namun kuota data yang dimilikinya terbatas.

Waktu itu, Farrel masih duduk di kelas 1 SMA.


"Awalnya itu ingin men-download game, tapi kuota terbatas padahal saya ingin sekali main game itu.

Lalu kepikiran, bagaimana caranya mengecilkan game itu, biar bisa main," tuturnya sembari tertawa.


Dari keinginannya main game tersebut, Christopher Farrel Millenio lalu mulai mencari di internet cara mengecilkan data.

Dari pencariannya itu, remaja berusia 17 tahun ini menemukan data compression atau pemampatan data.


"Saya iseng-iseng mencari lalu riset dan ternyata, data compression belum begitu berkembang, ya lalu muncul ide untuk meneliti karena dampaknya luas juga," katanya.


Sejak kelas 1 SMA, Farrel melakukan penelitian lebih serius tentang data compression.

Setelah kurang lebih satu setengah tahun, remaja kelahiran Yogyakarta, 1 Januari 2000 ini berhasil menciptakan penelitian yang diberi judul "Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data".


Hasil penelitiannya itu lalu diajukan ke ajang kompetisi di Indonesia baik regional maupun nasional. Sebab, menurutnya, belum ada orang Indonesia yang meneliti secara khusus mengenai data compression padahal dampak positifnya begitu besar.


Namun upayanya itu tidak membuahkan hasil.

Diajukan sejak tahun 2016, proposal penelitian milik Farrel selalu ditolak.

"Ya, kalau dihitung sampai 11 kali tidak diterima," katanya.

Penolakan itu tidak membuat Farrel berkecil hati.


Justru hal itu malah membuat semangat remaja berkaca mata itu kian membara.

Dia terus berusaha menyempurnakan penelitiannya baik dari sisi teori hingga penulisannya.


Sebab, remaja kelahiran Yogyakarta ini yakin suatu saat penelitiannya akan diterima.


"(Saya) tidak menyalahkan panitia, tetapi diri saya sendiri dan mengevaluasi. Mungkin cara saya menyampaikannya kurang tepat sehingga mereka sulit memahami, jadi terus disempurnakan sampai-sampai membuat delapan versi," tandasnya.


Belasan kali gagal tak membuat Farrel menyerah

Sebab dalam prinsip hidupnya, menyerah bukanlah solusi dan menyerah adalah kesalahan dalam hidup.

Karenanya, dalam kamus hidup Farrel tidak ada kata menyerah.


"Thomas Alva Edison 1.000 kali gagal, mosok saya baru 11 kali terus menyerah. Untuk jadi Alva Edison saya butuh 989 kali mencoba, saya hitung terus dan masih lama, masih lama," urainya.


Sampai suatu hari, Farrel melihat sebuah pengumuman dari Google di media online tentang lomba penelitian.

Ia pun tidak ingin melewatkan kesempatan itu dengan mengajukan proposal ke perusahaan raksasa teknologi itu.


"Namanya submit reset, saya sudah pasrah dan enggak mikir diterima. Eh, ternyata setelah satu minggu ada email masuk, memberitahu kalau saya lolos," kata Farrel.


Setelah dinyatakan lolos, Farrel masih harus menjalani tes wawancara untuk memastikan penelitiannya adalah asli karyanya.

Dalam wawancara itu, Farrel ditanya mengenai dasar pemikiran, teori sampai dampak penelitiannya.


"Saat dinyatakan lolos wawancara, satu yang saya pikirkan, yakni uang, karena tidak ada biaya akomodasi. Lalu saya hanya ada waktu dua minggu untuk mengurus surat-surat, termasuk mencari uang akomodasi. Tapi ternyata Tuhan memberi jalan, dapat sponsor dan mengurus visa bisa cepat, sampai akhirnya berangkat," tandasnya.


Anak asal Indonesia berhasil mengubah ukurang 16 GB menjadi 16 MB tanpa mengurangi resolusi gambar 

Ditolak 11 kali di negara sendiri, namun dihargai oleh Google