KONSULTAN
Konsultan merupakan profesi yang berkecimpung dalam bidang tertentu untuk memberikan solusi atau masukan kepada klien. Dalam berkomunikasi dengan klien, seorang konsultan perlu memberikan solusi dan menghindari bahasa yang menambah beban klien.
Konsultan memiliki peran penting dalam menjaga hubungan baik dengan klien. Menjaga hubungan saling percaya satu sama lain merupakan faktor utama dalam menjalani profesi ini sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar.
Menurut judul Perdagangan Nasional oleh Wahab (2020: 84), konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat asli dalam bidang keahliannya, misalnya hukum, lingkungan, akuntansi, dan lain-lain.
Menurut buku 50 Bisnis Jasa Menguntungkan oleh Zulbiadi Latief (2010: 7), konsultan adalah profesi yang menawarkan layanan berupa pertimbangan, nasihat, penjelasan, ataupun keterangan bagi kliennya.
Selain memberi nasihat atau pertimbangan, seorang konsultan juga menawarkan dan menjual produk fisik yang relevan dengan jasa konsultasinya.
Konsultan perlu terus mengikuti perkembangan informasi agar selalu memiliki pengetahuan dan keterampilan baru di bidangnya. Konsultan juga perlu belajar secara mandiri dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.
Ragam profesi konsultan cukup banyak, di antaranya adalah konsultan pajak, konsultan bisnis, konsultan psikologi, konsultan keuangan, dan konsultan hukum.
KONSULTAN PAJAK
Konsultan pajak adalah suatu profesi yang khusus menangani perpajakan, baik pajak perusahaan maupun institusi. Seorang konsultan pajak harus mengetahui aturan perpajakan yang berlaku di perusahaan dan negara tempat perusahaan itu berdiri.
Selain itu, ada peran konsultan pajak beserta tugas lainnya yang harus dilakukan.
Adapun beberapa tugas konsultan pajak antara lain sebagai berikut :
1. Membantu membuat Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Pertambahan Nilai (SPT PPN) dan laporan PPh Bulanan, beserta SPT Tahunan untuk Perusahaan dan Orang Pribadi.
2. Membantu klien menyelesaikan sengketa pajak.
3. Membantu klien dalam restitusi pajak (pengembalian kelebihan pembayaran pajak).
4. Membantu klien membuat perencanaan pajak yang dapat mengoptimalkan keuntungan klien.
5. Membantu klien dalam pengenaan pajak yang benar atas transaksi dengan vendor tertentu.
6. Membantu klien saat klien mendapatkan surat permintaan penjelasan, pemeriksaan pajak, sidang keberatan, sidang banding, Peninjauan Kembali.
7. Secara umum, konsultan pajak gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi konsultan pajak berkisar antara Rp4 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung dari jenjang karier dan perusahaan.
Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi untuk menjadi konsultan pajak.
Adapun syarat menjadi konsultan pajak adalah sebagai berikut :
1. Warga Negara Indonesia
2. Bertempat tinggal di Indonesia
3. Tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada pemerintah/negara dan atau Badan Usaha Milik Negara/Daerah
4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang
5. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
6. Menjadi anggota pada satu Asosiasi Konsultan Pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak
7. Memiliki Sertifikat Konsultan Pajak
Di Indonesia, Ditjen Pajak memiliki situs web dan aplikasi Sistem Informasi Konsultan Pajak (SIKoP) yang memuat daftar resmi konsultan pajak terdaftar. Jadi, jika ingin menggunakan jasa konsultan pajak untuk pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan, pastikan konsultan pajak tersebut sudah terdaftar di SIKoP.
KONSULTAN BISNIS
Konsultan bisnis adalah suatu profesi yang menuntut seseorang memiliki keahlian dalam bidang ekonomi dan bisnis. Seorang konsultan bisnis harus bisa melakukan observasi mendalam pada sebuah bisnis untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam strategi dan solusi untuk menyelesaikannya.
Selain melakukan observasi.
PERAN DAN TUGAS KONSULTAN BISNIS
1. Membantu menyelesaikan masalah klien dan terlibat dalam perencanaan dan implementasi bisnis.
2. Melakukan evaluasi bisnis klien secara menyeluruh, baik dalam bentuk kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki bisnis klien.
3. Membantu proses identifikasi dan pengembangan strategi produk atau merek suatu bisnis.
4. Membantu perencanaan bisnis strategis terhadap tujuan bisnis, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
5. Membantu mengembangkan keterampilan dan memberikan edukasi serta pemahaman untuk pemilik bisnis.
6. Membantu proses rekrutmen dan pelatihan para pekerja di tempat bisnis milik klien.
7. Secara umum, bisnis konsultan gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi konsultan bisnis berkisar antara Rp4,5 juta hingga Rp14 juta per bulan, tergantung dari jenjang karier dan perusahaan. Salah satu konsultan bisnis yang sukses adalah Ali Brown.
Bagi pemilik bisnis yang ingin menggunakan jasa konsultan bisnis untuk membantu menjalankan atau merancang strategi masa depan bisnis, ada beberapa konsultan bisnis terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan.
Berikut rinciannya :
1. Boston Consulting Group (BCG)
Boston Consulting Group atau BCG adalah sebuah perusahaan konsultan manajemen asal Amerika yang sudah terkenal secara global. BCG sebagai perusahaan konsultan profesional memiliki kantor di 40 negara, salah satunya di Indonesia.
BCG diketahui menjadi salah satu dari tiga perusahaan konsultan dengan pendapatan terbesar di dunia.
2. Egon Zehnder
Egon Zehnder adalah perusahaan konsultasi terkemuka di dunia dengan lebih dari 60 kantor tersebar di 41 negara, salah satunya di Indonesia.
Klien Egon Zehnder umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan besar, badan pemerintahan, hingga berbagai organisasi pendidikan dan budaya.
3. PricewaterhouseCoopers (PWC)
PricewaterhouseCoopers atau PwC adalah perusahaan jasa profesional multinasional yang beroperasi di lebih dari 157 negara, salah satunya Indonesia.
PwC memberikan jasa konsultasi di sejumlah bidang, seperti konsultasi strategi, konsultasi manajemen, penjaminan, pemberian saran dan nasihat pajak, nasihat keuangan, aktuaria, hingga hukum.
4. McKinsey & Company
McKinsey & Company adalah perusahaan konsultasi manajemen global asal Amerika dengan lebih dari 100 kantor tersebar di lebih dari 50 negara.
McKinsey & Company menyediakan jasa konsultasi mengenai manajemen strategis ke perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya, serta konsultasi dalam pengembangan rencana untuk merestrukturisasi tenaga penjualan dan menciptakan strategi bisnis.
KONSULTAN PSIKOLOG
Konsultan psikolog adalah suatu profesi yang bekerja dengan melakukan pembicaraan-pembicaraan dengan teknik konseling yang sifatnya privat dengan klien.
Seorang konsultan psikolog atau konsultan psikologi dituntut untuk mampu menyelami segala permasalahan psikis klien. Selain itu, konsultan psikologi harus mampu menerima semua orang tanpa terkecuali.
Biasanya, seorang konsultan psikologi berada di bawah naungan lembaga konsultan psikologi. Konsultan psikologi yang melakukan praktik harus merupakan lulusan ilmu psikologi dan para konselor profesional di bidangnya.
FINANSIAL KONSULTAN
Dikutip dari Cari Duit untuk Freelance oleh Rahmansyah Dermawan dan Desi Saraswati (2009: 76), konsultan keuangan adalah suatu profesi yang berperan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan keuangan perusahaan, institusi, hingga masalah keuangan keluarga.
Seorang konsultan keuangan dituntut untuk dapat menganalisis masalah keuangan perusahaan dengan cepat dan mencari solusi tepat terhadap permasalahan keuangan perusahaan.
Selain itu, ada beberapa peran dan tugas konsultan keuangan lainnya, antara lain :
1. Menganalisis kesehatan keuangan perusahaan atau institusi, mulai dari sumber dana, pemakai dana, tujuan dana digunakan, hingga bentuk nyata dari pengguna dana.
2. Menganalisis permasalahan yang berhubungan dengan pajak, modal, cash flow, utang-piutang, profit, hingga urusan gaji dan kesejahteraan karyawan secara ekonomi.
3. Membantu klien mengatur dan mengelola keuangan jangka panjang.
4. Membantu klien menemukan solusi yang tepat secara finansial terhadap masalah keuangan yang dihadapi klien.
5. Secara umum, gaji konsultan keuangan atau penghasilan yang didapatkan dari seorang konsultan keuangan berkisar antara Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung dari tingkat pekerjaan dan perusahaan.
KONSULTAN HUKUM
Konsultan hukum adalah suatu profesi yang bertindak memberikan nasihat dan pendapat hukum terhadap suatu tindakan atau perbuatan hukum yang akan dan yang telah dilakukan oleh kliennya.
Ada beberapa peran dan tugas konsultan hukum dalam menjalankan praktik profesinya, antara lain :
1. Melakukan pemeriksaan dan penelitian dari segi hukum atas fakta yang ada terhadap aktivitas perusahaan klien.
2. Memberikan pendapat, nasihat, dan konsultasi hukum kepada perusahaan klien terhadap perkara yang dihadapi.
3. Membuat atau memberikan saran terhadap kontrak-kontrak bisnis perusahaan klien.
4. Mendampingi perusahaan dalam pertemuan (mediasi) atau negosiasi terkait dalam rangka kerja sama maupun penyelesaian perselisihan yang dihadapi klien.
5. Membantu perusahaan klien membuat dokumen yang diperlukan sehubungan dengan perkara yang dihadapi klien.
Secara umum, gaji konsultan hukum berkisar antara Rp10 juta hingga lebih dari Rp200 juta per bulan, tergantung dari tingkat pekerjaan dan perusahaan.
Adapun syarat menjadi konsultan hukum umumnya tidak terlalu spesifik. Selama memiliki gelar sarjana hukum dan pengalaman atas bidang hukum tertentu, semua orang bisa menjadi konsultan hukum.
COACTHING, CONSULTING DAN MENTORING
Banyak orang yang masih jumbuh memilah antara coaching, consulting, dan mentoring. Kebingungan ini pun akhirnya membuat mereka tak tahu mana yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian mereka.
Coaching dapat membantu seorang karyawan menjadi seorang pemimpin hebat, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta mendapatkan keterampilan dan wawasan baru seputar dunia kerja. Coaching juga berfungsi menjadi sarana pendampingan untuk mencapai target, serta membantu karyawan mengatasi masalah-masalah perilaku yang mereka hadapi.
Consulting memberikan jasa keahlian untuk membantu perusahaan memecahkan masalah atau mencapai target tertentu. Biasanya ada orang yang ahli di bidangnya yang dipanggil untuk memberikan solusi atau pendapat professional atau hal teknis. Sangat berbeda dengan coaching di mana solusi diharapkan muncul dari karyawan sendiri, dengan bantuan seorang coach.
MENTORING
Kegiatan ini lebih merujuk pada proses di mana seseorang mengambil pelajaran, pengetahuan, atau pengalaman dari kolega yang biasanya lebih tua, lebih senior, lebih bijak, dan tentunya lebih berpengalaman. Tujuannya agar karyawan dapat membuka pintu bagi peluang-peluang yang lebih baik untuk karirnya.
COACHING
Coaching pada dasarnya bisa dilakukan siapa saja dalam perusahaan selama memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Biasanya diambil dari karyawan di jajaran manajer karena dianggap punya kemampuan di atas rata-rata dan wawasan lebih, sehingga mereka mampu mencapai posisi yang saat itu. Jadi dalam coaching, expert-nya adalah eksekutif perusahaan.
Kapan karyawan atau perusahaan membutuhkan coaching? Ada sejumlah kondisi yang memungkinkan perusahaan melakukan coaching untuk para karyawannya.
1. Kinerja karyawan menurun, misalnya sering melakukan kesalahan, bekerja tidak berdasarkan skala prioritas, tidak mampu mencapai target, dan sebagainya.
2. Ada karyawan pindah atau dipromosikan dan terjadi penempatan orang baru di posisi yang ditinggalkan. Coaching perlu dilakukan agar orang baru memahami tugas-tugas dan tanggung jawab yang akan diembannya.
3. Menggali dan mengembangkan potensi karyawan agar masa depan mereka menjadi lebih baik.
4. Anak buah memerlukan bantuan teknis. Setiap kali perusahaan menggunakan teknologi baru, coachingsebaiknya dilakukan agar karyawan menguasainya demi meningkatkan kinerja.
5. Ada tugas atau proyek penting di luar kebiasaan. Coaching penting untuk memastikan setiap anggota tim mampu mengerjakan tugas dan proyek selesai tepat waktu dengan hasil memuaskan.
CONSULTING
Dalam consulting, expert-nya adalah konsultan yang disewa jasanya untuk mendampingi perusahaan. Konsultan ini memiliki pengetahuan mumpuni dalam bidang atau topik yang spesifik, misalnya teknologi informasi, keuangan,manajemen, dan sebagainya. Dia akan memberikan pendapatnya tentang apa yang harus perusahaan lakukan dengan situasi yang mereka alami. Dalam mengerjakan tugasnya, konsultan kadang-kadang ikut bekerja bersama tim internal perusahaan untuk memetakan masalah dan menemukan solusinya.
FUNGSI JASA KONSULTAN
1. Perusahaan perlu pandangan orang luar. Ketika hendak mengambil keputusan penting, kadang-kadang perusahaan butuh pendapat konsultan. Perusahaan biasanya sudah memiliki perspektif sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapi, namun membutuhkan pendapat eksternal sebelum mengambil keputusan. Seringkali hanya untuk memastikan kalau langkah yang akan mereka ambil sudah benar. Mengapa? Karena konsultan dianggap sebagai orang yang sudah sering bekerja dengan berbagai perusahaan berbeda. Konsultan bisa jadi pernah menjumpai masalah yang sama ketika bekerja dengan perusahaan lain. Dengan pengalaman seperti ini, konsultan dapat memberikan gagasan baru dan inovatif yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya oleh perusahaan.
2. Perusahaan perlu tenaga ekstra. Kadang-kadang perusahaan punya proyek penting, tapi tidak memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan fokus pada permasalahan di proyek. Namun mempekerjakan karyawan baru untuk proyek yang hanya sesekali dalam kurun waktu tertentu dapat memberatkan anggaran perusahaan. Dalam kasus seperti ini, konsultan pada dasarnya akan berfungsi sebagai karyawan sementara yang sangat terampil.
3. Perusahaan perlu keahlian khusus. Dengan menyewa jasa perusahaan konsultansi, perusahaan mendapatkan akses ke keahlian khusus, sekelompok profesional yang memiliki keterampilan dan sangat terspesialisasi, yang mungkin tidak tersedia di perusahaan itu sendiri. Biaya sewanya bisa jadi mahal, namun perusahaan mungkin tidak punya cukup pekerjaan untuk membuat karyawan sibuk sepanjang tahun. Berkat konsultan, perusahaan dapat membawa keterampilan konsultan sesuai permintaan saat mereka membutuhkannya.
4. Perusahaan ingin berada di zona aman. Ingat karakter yang diperankan George Clooney dalam film Up in the Air? Clooney memerankan konsultan yang berkeliling Amerika untuk memutuskan hubungan kerja karyawan dengan perusahaan yang menjadi kliennya. Hal-hal seperti PHK sensitif, sehingga perusahaan perlu mengambil keputusan tanpa belitan emosi. Begitu pula ketika mengerjakan proyek-proyek yang kontroversial, jasa konsultan seringkali diperlukan untuk menghindari tekanan politis, misalnya.
MENTORING
Mentoring bisa dilakukan atasinistiatif perusahaan, maupun individu (karyawan). Ada manajemen perusahaan yang rutin memasangkan karyawan senior tertentu di perusahaan dengan karyawan yang lebih junior untuk memberikan bimbingan karir. Ada juga karyawan yang dengan kesadaran sendiri meminta ijin dan kesediaan seniornya untuk mengajarkan pengetahuan dan pengalamannya di bidang tertentu.
FUNGSI MENTORING
1. Mentor yang baik akan membantu karyawan mencapai target yang terukur. Tanpa itu, karyawan akan cenderung stagnan atau bahkan mengalami kemunduran.
2. Mentor yang baik tidak akan membuat karyawan puas dan berpuas diri. Mentor hebat selalu memberikan tantangan bagi karyawan bimbingannya. Ini perlu agar karyawan terus bergerak maju dan mencapai kesuksesan baru.
3. Mentor yang baik akan membagi pengalaman pribadinya yang menginspirasi dan memotivasi karyawan bimbingannya. Karyawan juga dapat menggunakan pengalaman sang mentor agar terhindar dari kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu.
Yang mana yang paling dibutuhkan karyawan? Tentu saja ketiganya diperlukan oleh karyawan, untuk membantu meningkatkan kinerja serta karier mereka. Sebuah perusahaan yang baik tentu akan mengusahakan yang terbaik demi kebaikan seluruh karyawannya.
Tentu saja, yang mana yang harus menjadi prioritas, semuanya tergantung kebutuhan perusahaan. Yang perlu diperhatikan adalah memilih provider coaching, consulting, dan mentoring yang bonafid dan dapat dipercaya.
Salah satu provider coaching, consulting, dan mentoring yang dapat diandalkan oleh perusahaan Anda adalah Presenta Edu. Dengan materi pelatihan yang mudah dipahami dan applicable, karyawan Anda akan mendapatkan ilmu yang diperlukan untuk meningkatkan karier mereka, juga memberikan keuntungan untuk perusahaan.
PERBEDAAN ANTARA COACHING DENGAN CONSULTING DAN MENTORING
1. Coaching
Seorang Coach adalah fasilitator, bukan guru, coach juga seorang motivator yang mendukung tujuan klien. Seorang coach percaya bahwa solusi ada pada setiap orang, jadi seorang coach tidak akan memberikan solusi tertentu tapi mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali sehingga seseorang (coachee) bisa menemukan sendiri solusinya. Coach menjadi cermin, membantu dan memberi saran kepada klien untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan dan menyelesaikan proyek-proyek
Biasanya coaching berbasis hubungan one-on-one di mana coach membantu karyawan untuk fokus dan mencapai tujuannya lebih cepat dari pada karyawan berusaha sendiri. Coach biasanya membantu karyawan dengan menyediakan tools dan hal-hal yang dapat memotivasi dan membantu pencapaian. Ada beberapa kondisi dimana perusahaan mmebutuhkan sebuah coaching diantaranya apabila kinerja karyawan menurun, ada karyawan baru atau karyawan yang mendapatkan promosi jabatan. Menggali dan mengembangkan potensi karyawan agar masa depan mereka menjadi lebih baik. Ketika perusahaan menggunakan teknologi baru, ada tugas atau projek penting diluar tupoksi, maka coaching penting dilakukan untuk memastikan setiap anggota tim mampu mengerjakan tugas dan proyek selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.
2. Consulting
Dalam konsep Consulting pihak yang memberikan masukan/solusi expert-nya adalah konsultan yang disewa jasanya untuk mendampingi perusahaan. Kehadiran mereka dianggap untuk memecahkan suatu masalah tertentu, dalam waktu singkat atau membantu menyelesaikan masalah dalam jangka waktu yang lebih panjang. Selain berdasarkan fakta yang ditemukan (fact-finding) dan penilaian (assessment); memberikan konsep, solusi dan saran membantu meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan.
3. Mentoring
Metode pengembangan diri dimana seseorang akan mengajarkan berbagai tips trik, pengalaman, metode dan cara-cara sukses sesuai dengan pengalamannya. Seorang Mentor adalah orang yang sukses dibidangnya sehingga akan mentransferkan ilmunya kepada kliennya. Mentoring bisa dilakukan atas inistiatif perusahaan, maupun individu (karyawan).